Makanan Peningkat Organ Pernafasan

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai sumber gizi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sumber Zat Gizi

Tubuh kita memiliki sistem imun sebagai benteng pertahanan untuk melindungi diri benda asing yang masuk ke tubuh. Sistem imun merupakan benteng pertahanan tubuh menyerang penyakit.

Sehingga meningkatkan imunitas merupakan hal yang penting di saat pandemi seperti ini disamping tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan tetap berada di rumah.

Agar kondisi tuuh tetap optimal, imunitas yang kuat mutlak diperlukan untuk mendukung tubuh melawan virus dan penyakit.

Meningkatkan imunitas dapat dilakukan dengan memakan makanan asupan gizi yang baik, kebutuhan zat gizi makro dan mikro harus terpenuhi. Zat gizi yang dibutuhkan tubuh antara lain :

buah naga

Baca juga: Ada Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Durian Secukupnya

Vitamin A

Vitamin A dikenal dalam menjaga kesehatan mata, namun selain itu, vitamin A juga memiliki peran dalam memelihara sel epitel. Sel epitel ini merupakan salah satu jaringan yang berperan dalam imunitas atau kekebalan tubuh.

Vitamin A juga membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang merupakan antibodi tubuh. Sumber vitamin A antara lain : hati ayam, hati sapi, minyak ikan, kuning telur, wortel dan brokoli.

Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Karena kandungan antioksidannya, vitamin C berperan dalam memelihara sel-sel tubuh termasuk imun dari radikal bebas.

Vitamin C meningkatkan sistem imun tubuh dengan memproduksi interferon yang melindungi tubuh dari virus. Sumber vitamin C antara lain : lemon, pepaya, jambu biji, dan stroberi.

Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin yang dikenal membantu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kesuburan. Vitamin E juga baik untuk otak, mata dan sel darah. Vitamin E juga merupakan sumber antioksidan yang berfungsi dalam menjaga integritas membran sel.

Makanan yang merupakan sumber vitamin E antara lain : almond, alpukat, mangga, kacang-kacangan, minyak jagung dan minyak zaitun.

Zat Besi

Zat besi termasuk ke dalam golongan mineral yang dapat bereaksi dengan oksigen. Zat besi berada di seluruh tubuh dan sebagain besar terdapat di darah. Zat besi merupakan penghasil enzim yang dapat mencegah radikal bebas.

Darah berfungsi untuk mengalirkan oksigen dan sari-sari makanan sehingga fungsi zat besi bagi orang yang terjangkit COVID-19 akan sangat membantu darah. Sumber zat besi antara lain : daging ayam, daging sapi, hati dan telur.

Mengubah sistem ekspor menjadi lebih mudah

Baca juga:  Beberapa Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Zinc

Zinc adalah golongan mineral yang berperan proses pembentukan asam nukleat, sehingga zinc memiliki peran dalam menjaga imunitas seluler. Dalam imunitas tubuh, peran zinc antara lain membantu sel T dalam membentuk antibodi, zinc juga membantu enzim dalam pembentukan sistem pertahanan tubuh.

Makanan yang mengandung zinc antara lain : kuning telur, hati ayam, hati sapi,  tempe, kacang merah dan susu. Mengonsumsi suplemen zinc membantu mempecepat penyembuhan penyakit pada anak-anak dan lansia.

Selenium

Selenium merupakan katalisator dalam memecah peroksida yang bersifat racun bagi tubuh.

Selenium bersama vitamin E memiliki peran antioksidan untuk memelihara kualitas membran sel imun tubuh. Sumber selenium antara lain : daging ayam, daging sapi, ikan, udang, telur dan susu.

Selain yang telah disebutkan di atas, zat-zat gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk  meningkatkan imunitas antara lain :

  1. Asam lemak essensial yang berasal dari ikan kembung dan ikan laut.
  2. Asam amino essensial yang berasal dari telur, susu, ikan, daging ayam dan daging sapi.
  3. Asam folat yang berasal dari sayuran hijau, kacang-kacangan, buah dan hati sapi.
  4. Vitamin B6 yang berasal dari ubi jalar, hati ayam, daging ayam dan daging sapi.
  5. Vitamin B12 yang berasal dari tahu, yogurt, hati ayam, ikan dan kerang.
  6. Vitamin D yang berasal dari kuning telur, susu fortifikasi, hati ayam dan daging merah.
  7. Tembaga yang berasal dari kacang-kacangan, cokelat, seafood dan hati sapi.

Untuk mengonsumsinya disarankan agar memakanan makanan yang beragam dalam satu kali makan karena tidak ada suatu makanan yang mengandung semua zat gizi di atas. Demikianlah artikel mengenai sumber zat gizi untuk meningkatkan imunitas ini, semoga bermanfaat.


Itulah informasi mengenai sumber gizi dimasa pandemi. Semeoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Beberapa Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.