Beruang Madu, Agrowisata di Kota Balikpapan

Mau ke penangkaran beruang madu? Ayo datang ke kota Balikpapan. Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai agrowisatanya. Berikut ulasannya!

Wisata Agrowisata Alam Bebas

Agrowisata bernuansa alam bebas di penangkaran beruang madu di Balikpapan, Kalimantan Timur merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki konsep edukasi tentang lingkungan hidup habitat asli dari beruamg madu.

Beruang madu adalah binatang yang dilindungi, populasinya terus berkurang seiring berkurangnya kawasan hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan yang berubah fungsi menjadi pertambangan batubara atau perkebunan kelapa sawit

Baca juga: Destinasi Agrowisata di Bali, Liburan Sembari Belajar

Penangkaran Beruang Madu

beruang madu
kotabalikpapan.wordpress.com

Lokasi ini berada di Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup (KwPLH) Balikpapan. Lokasi kawasan ini berada di km 23 jalan raya Balikpapan – Samarinda dengan kendaraan yang berjarak tempuh sekitar 30 menit dari kota.

Saat ini KWPLH Kota Balikpapan menjaga 6 ekor beruang madu, 2 betina bernama Anna dan Chan, dan 4 ekor jantan bernama Haris, Batik, Bedu, dan Pedru.

Adapun total luas hutan  yang dihuni 6 ekor beruang ini adalah 1,3 hektare. Sebenarnya luas hutan ini masih kurang untuk beruang madu karena beruang madu betina saja membutuhkan satu kawasan yang bisa dia kuasai sendiri seluas 500 ha.

Tempat pusat informasi beruang berupa bangunan kayu yang berisi semua hal tentang beruang dari berbagai belahan dunia seperti beruang kutup, panda dan beruang alaska.

Informasi yang disajikan berupa jenis-jenis beruang, pola makan, jenis makananya semua dapat penjelasannya. Bahkan tentang musim kawin mereka. Tempat ini sangat bagus buat pengetahuan anak-anak tentang beruang.

Dilokasi ini terdapat dua rumah Lamin, rumah adat Kalimantan Timur. Salah satu rumah adatnya terdapat toko suvenir yang menjual t-shirt dan buku tentang beruang baik berupa informasi atau dalam bentuk kartun untuk mengedukasi anak-anak.

Dengan memberi suvenir disini kita berarti ikut mendonasikan sebagian keuntungan penjualan suvenir ini untuk konservasi beruang madu.

Baca juga: Perkebunan Teh Kayu Aro, Agrowisata yang Wajib Dikunjungi

Mengenali Kebiasaan Beruang Madu

beruang madu
travellingyuk.com

Untuk memanggil beruang madu untuk makan menggunakan lonceng, sebab mereka tidak bisa bersamaan dan pengunjung juga tak bisa terlalu dekat. Setiap harinya dilakukan observasi pola makan dan sisa makanannya.

Dengan mengamati aktifitas beruang madu yang bermalas-malasan diatas ranting-ranting pepohonan yang disusun secara vertikal sambil makan tidaklah membosankan.

Mereka seola-olah sangat nyaman berada di penangkaran tersebut karena jauh dari predator, walaupun sebenarnya populasi mereka didalam sana sangatlah sedikit

Tips Untuk Bertemu Beruang Madu

Beruang madu memiliki sifatnya pemalu, pengunjung diharapkan tidak berisik selama berjalan di jembatan atas hutan, kalau panik mereka akan langsung pergi.

Waktu yang tepat untuk bertemu dengan beruang madu adalah pukul 09.00 WITA dan 15.00 WITA pada saat mereka diberikan makanan.


Itulah informasi mengenai penangkaran beruang madu di Balikpapan. Semoga Bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Padepokan Pandawa Lima, Agrowisata Peternakan & Perkebunan yang Cocok untuk Liburan

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.