Destinasi Agrowisata di Bali, Liburan Sembari Belajar

Mau tau tentang budidaya rumput laut? Mau jalan-jalan sambil belajar? Ayo berkunjung langsung ketempatnya. Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai tempat agrowisata rumput laut. Berikut ulasannya!

Wisata Ke Nusa Lembongan

Kenali Pantai Lebaoh

rumput laut
v2.travelark.org

Baca juga: Perkebunan Teh Kayu Aro, Agrowisata yang Wajib Dikunjungi

Berkunjung ke Nusa Lembongan yang memiliki sejumlah daftar tempat wisata hits dan populer, salah satunya adalah objek wisata Pantai Lebaoh.

Wilayah pesisir ini menyuguhkan cerita lain yaitu pemandangan alam laut. Nusa Lembongan adalah suatu pulau yang menyuguhkan keindahan pesisir berpasir putih, namun tempat ini ada hal yang berbeda, yaitu dapat melihat budidaya dari rumput laut.

Tempat ini merupakan tempat belajar budidaya rumput laut karena pantai di Nusa Lembongan ini memang menjadi salah satu pemasok kebutuhan rumput laut untuk wilayah pulau Nusa Lembongan, pulau Bali dan sekitarnya.

Destinasi Pembudidayaan Rumput Laut

rumput laut
travel.com

Rumput laut merupakan tumbuhan yang dikenal sebagai ganggang laut atau gulma laut yang sangat cock untuk wilayah pesisir seperti wilayah pantai Lebaoh di Nusa Lembongan.

Kawasan di pantai ini memiliki ekosistem yang menjadi habitat dari rumput laut tersebut. Tumbuhan laut ini tidak memiliki akar, namun akan mudah hidup pada substrat seperti pada karang laut yang telah mati, pasir, kayu bahkan pada kulit kerang yang telah mati.

Gulma laut ini memang bisa hidup dengan baik di alam laut terutama pada perairan dangkal hingga sampai kedalaman 200 meter dan dapat cukup dapat sinar matahari mulai dari perairan tropis sampai dingin.

Baca juga: Padepokan Pandawa Lima, Agrowisata Peternakan & Perkebunan yang Cocok untuk Liburan

Pantai ini memang sudah lama dikenal sebagai pantai lokasi pembudidayaan rumput laut. termasuk juga rumput laut yang dijemur di tepi pantai dengan memberikan aroma ciri khas tersendiri. Petak-petak rumput laut membuat pemandangan yang indah yang jarang ditemuin ditempat lain.

Nelayan disini juga terbuka dengan kedatangan para wisatawan tetapi dengan catatan tidak melakukan tindakan merusak pada alam sekitar atau membuang sampah sembarang.

Rumput laut sendiri bisa dimanfaatkan makanan dan sayuran, bahan pembuatan kue bahkan sebagai alat kosmetik.

Disini bukan hanya dapat pembelajaran mengenai budidaya rumput laut tetapi dapat menyaksikan para petani rumput laut ataupun buah tangan yang menjadi oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.


Itulah salah satu tempat agrowisata yang bisa sobat PTD kunjungi. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Baca juga: Upaya Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan Melalui Agrowisata

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

One thought on “Destinasi Agrowisata di Bali, Liburan Sembari Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.