Syarat Tumbuh Kakao Supaya Tumbuh Optimal

Apakah kamu ingin menanam kakao? Sudah tahu syarat-syarat tumbuh tanaman kakao? Pak Tani Digital akan mengulasnya untuk kamu.

Indonesia adalah salah satu negara pembudidaya dan penghasil kakao terbesar di dunia. Tentunya hal ini membuat banyak petani kakao semakin percaya diri untuk lebih meningkatkan hasil budidaya tanaman kakaonya.

Tanaman kakao atau dengan nama Latin (Theobroma cacao L.) menjadi salah satu komoditas perkebunan yang berperan penting dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah pengembangan kakao.

Sebagai tanaman tahunan, kakao mulai berbuah pada umur 4 tahun setelah tanam. Jika kebun kakao dikelola dengan tepat, maka masa produksinya dapat bertahan lebih dari 25 tahun.

Sejarah berkembangnya tanaman tersebut dalam skala perkebunan di Indonesia dimulai pada tahun 1780 di Minahasa dan mulai serius dikembangkan sebagai tanaman budidaya di Ambon dan Seram, Kepulauan Maluku pada tahun 1858.

Kemudian, pengembangan budidaya tanaman kakao di Pulau Jawa baru menggeliat pada awal abad ke-19, sebagai tanaman pengganti kopi Arabika yang rusak oleh serangan penyakit karat daun (Hemileia vastatrix).

Tanaman kakao dapat menghasilkan produksi optimal apabila ditanam dari bibit unggul yang sehat dengan faktor pendukung, seperti iklim, tanah, nutrisi, dan tanaman pelindung. Itulah yang menjadi syarat tumbuh dalam menanam kakao.

Untuk berbudidaya tanaman kakao, sangat penting untuk kamu mengetahui syarat-syarat tumbuh tanaman tersebut. Hal itu sebagai salah satu pendekatan terpadu dan menyeluruh dari budidaya tanaman kakao. Dengan begitu, terciptalah keberlangsungan peningkatan mata pencaharian petani kakao dan memperkenalkan perilaku positif dalam berbudidaya di sektor kakao Indonesia.

Baca Juga: Prospek Produksi Kakao di Indonesia

Kakao

Syarat Tumbuh Kakao

Nah, apa saja syarat-syarat tumbuh tanaman kakao yang perlu dipenuhi supaya dapat tumbuh optimal? Yuk, simak di bawah ini ya.

  1. Tanaman kakao akan tumbuh optimal pada wilayah hutan tropis, terutama pada garis lintang 10oLS sampai 10o LS.
  2. Ketinggian tempat 0-600 meter di atas permukaan laut (mdpl).
  3. Curah hujan 1500-2500 mm/tahun dengan bulan kering kurang dari 3 bulan.
  4. Suhu minimum 18-21oC dan suhu maksimum 30-32 oC.
  5. Kemiringan tanah kurang dari 45% dengan kedalaman olah kurang dari 150 cm.
  6. Tekstur tanah terdiri dari 50% pasir, 10-20% debu dan 30-40% lempung (lempung berpasir).
  7. Sifat kimia tanah yang perlu terpenuhi diantaranya yaitu kadar bahan organik >3.5 %, C/N ratio antara 10-12, kapasitas tukar kation (KTK) > 15 me/100 gram tanah, kejenuhan basah lebih dari 35 %, dan pH tanah optimum 6-7.

Setelah syarat tumbuh untuk tanaman kakao terpenuhi, maka dapat dilakukan teknik budidaya tanaman kakao agar menghasilkan biji kakao yang layak ekspor di pasar Internasional. Kakao adalah tanaman budidaya yang punya nilai ekonomi tinggi dan stabil.

Semoga informasi tentang syarat tumbuh tanaman kakao ini dapat bermanfaat bagi para petani kakao di Indonesia, maupun bagi pembaca yang baru mulai tertarik untuk membudidayakan tanaman ini.

Klik & Baca: 3 Cara Mengendalikan Hama Penghisap Buah Kakao

Penulis: RM Winnie

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.