gambar teh hijau

Siapa yang sering menyeduh teh di pagi hari? Minuman ini merupakan salah satu favorit selain kopi yang enak dinikmat saat santai bersama keluarga. Perkembangan teh pun sekarang tidak hanya menjadi minuman lagi namun berkembang sebagai gaya hidup masyarakat kekinian, terlebih dengan munculnya varian baru teh yakni teh hijau.

Teh hijau (green tea) merupakan minuman seduh yang belakangan ini viral khususnya di kalangan hawa yang dimanfaatkan sebagai bahan diet. Teh hijau diketahui sangat baik bagi tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan serta menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Teh hijau sendiri awalnya berasal dari Camelia sinensis.

teh hijau

Sumber: https://health.detik.com/

Bagi kamu yang saat ini sedang mengkonsumsi teh hijau, berikut ini adalah tips untuk mengkonsumsi teh hijau agar mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Minum Selagi Hangat

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk mengkonsumsi teh, baik itu dikonsumsi selagi panas atau dalam keadaan dingin. Namun beberapa orang percaya bahwa konsumsi teh hijau dengan penambahan es batu akan mengurangi efek relaksasi dari teh khususnya bagi anda yang sedang melaksanakan program diet.

Baca juga: Sudah Tahu Belum Jenis-Jenis Teh yang Populer Ini?

Menikmati seduhan teh dalam kondisi panas pun jelas tidak bagus karea dapat membakar lidah saat hendak menyeduhnya. Oleh karena itu, sebaiknya teh hijau anda konsumsi dalam keadaan hangat, seduh dengan air bersuhu berkisar 80 – 90 0C. Diamkan beberapa saat sampai suhu teh dalam kondisi hangat untuk enak diseduh.

Konsumsi Lebih Sering

Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau secara maksimal maka kamu wajib untuk mengkonsumsinya lebih sering. Kamu bisa mengkonsumsinya di waktu pagi, sore atau bahkan malam hari. Konsumsi di pagi hari sebaiknya dilakukan sesaat setelah kamu sarapan, pasalnya dalam kondisi perut yang kosong bisa berakibat pada kenaikan asam lambung.

ilustrasi orang minum teh hijau

Sumber: https://www.halodoc.com/

Menikmatinya di siang hari juga terasa sangat tepat apalagi dengan jadwal yang padat sehingga dibutuhkan minuman untuk merelaksasi tubuh untuk segar kembali bekerja. Nongkrong di sore hari bersama teman dan sahabat akan lebih nikmat ditemani camilan sambil ngeteh apalagi Bersama keluarga sehingga menambah keharmonisan dan hubungan.

Jangan Konsumsi Sebelum Tidur

Hindari untuk mengkonsumsi teh hijau 2 jam sebelum tidur karena akan mempengaruhi fungsi tubuh karena dapat menyebabkan anda menjadi insomnia dan susah tidur. Teh diketahui mengandung kafein yang mampu membuat orang yang meminumnya susah tidur, walaupun jumlahnya tidak sebanyak kopi.

Sebaiknya minumlah teh hijau setelah makan dengan durasi kira – kira 4 jam sebelum tidur. Konsumsi teh hijau yang mengandung kafein dapat mengakibatkan proses metabolisme tubuh menjadi terganggu dan pembakaran lemak di tubuh menjadi tidak optimal.

Baca juga: Menikmati Keindahan Agrowisata Kebun Teh Medini

Jangan Mencampurkannya dengan Bahan Apapun

Bila anda ingin benar – benar mendapatkan manfaat konsumsi teh hijau secara utuh sangat disarankan untuk tidak mencampurkannya dengan bahan – bahan lainnya untuk memberikan variasi rasa yang lebih enak khususnya bagi kamu yang sedang melaksanakan program diet.

gambar teh hijau

Sumber: https://www.viva.co.id/

Kedai teh saat ini marak menambahkan susu, madu, jahe, jeruk nipis, dan lain – lain, namun hal tersebut bisa berakibat pada menurunkan konsentrasi zat bioaktif di dalam teh hijau yang anda seduh. Alangkah lebih baiknya untuk menyeduh dalam bentuk teh hijau murni.

Walapun jahe sebagai penambah imun tubuh dan jeruk nipis yang juga berperan dalam menurunkan berat badan namun konsumsi tersebut bisa membahayakan bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag.

Baca juga: Petani Sukses, Kibarkan Teh Hingga ke Korea

Jangan Cuma Mengandalkan Teh 

Walaupun teh mengandung epigalokatekin galat (EGCG) yang memproduksi hormone untuk membantu proses metabolism guna membakar lemak di dalam tubuh, tetap saja bila pola makan tidak dijaga maka diet yang kamu lakukan tidak akan berhasil.

Selain mengkonsumsi teh hijau setiap hari, kamu perlu untuk menjaga jenis – jenis makanan yang mengandung lemak serta kalori yang tinggi. Penting untuk rajin berolahraga serta menjaga pola hidup sehat dan teratur.

Baca juga: Inovasi Baru Daun Teh Gambir yang Menambah Pendapatan Petani

 

REFERENSI:

Handayani, V.V. 2019. Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Tetap Ideal. Diakses dari: https://www.halodoc.com/jangan-asal-ini-cara-konsumsi-teh-hijau-untuk-tubuh-ideal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.