Upaya Menjaga Ketahanan Pangan

Seluruh warga negara Indonesia termasuk pemerintah dan masyarakatnya harus mengetahui betapa pentingnya menjaga ketahanan pangan. Seperti diketahui bersama, pangan adalah kebutuhan pokok yang tidak boleh tidak harus dipenuhi demi keberlangsungan hidup.

lumbung pangan

Sebagai pemimpin negara, pemerintah juga harus tetap memperhatikan ketersediaan pangan bangsa. Pemerintah harus dapat mengalokasikan anggran yang cukup untuk mengelola persediaan makanan sebagai cadangan.

Melihat keadaan saat ini, tiidak menutup kemungkinan hal buruk bisa terjadi. Untuk mencegah hal itu, kita bisa mulai membuat lumbung pangan dengan jumlah besar untuk antisipasi di masa depan.

Baca Juga: Menjaga Ketahanan Pangan  Saat Pandemi

 

Upaya mempertahankan pangan 

Membuat lumbung pangan ini harus mendapat dukungan penuh dari setiap elemen bangsa. Pemerintah juga akan melakukan pembinaan untuk para petani. Petani akan dibimbing dan dibina agar dapat meningkatkan ketahanan pangan untuk warga khususnya untuk masyarakat yang kurang berkecukupan.

Dalam undang undang telah dijelaskan tentang pangan. UU no 18 tahun 2012 menjelaskan bagaimana kondisi sebuah negara yang memiliki ketahanan pangan yang baik. Dalam undang –undang ini dijelaskan bahwa setiap orang harus terpenuhi kebutuhan pangannya.

Itu berarti bahwa sangat penting untuk menjaga ketersediaan pangan. Pangan yang ada pun tidak hanya fokus pada kuantitasnya, tetapi juga mutunya, gizinya, kemerataannya bahkan sampai ke segi kesehatannya.

pangan

Untuk mempertahankan juga, kita harus memulai dari daerah terlebih dahulu. Mengingat bahwa di daerah lebih banyak yang berprofesi sebagai petani. Membangun lumbung pangan pun lebih mudah jika dimulai dari daerah.

Sehingga untuk membangun dan memperkuat ketersediaan pangan dan ketahanannya, diperlukan sinergi yang kuat dari segala pemangku kepentingan. Pemangku kepentingan yang paling utama adalah pimpinan di daerah sekaligus yang bertugas untuk memenuhi tanggung jawab pangan di daerahnya.

Selain memastikan bahwa pangan di daerahnya terpenuhi, pemerintah daerah juga bertaggung jawab terhadap komoditas pangan yang biasanya dan pastinya berdampak pada harga yang mungkin saja mengalami kenaikan.

Sehingga pemerintah harus berkoordinasi aktif dengan Bulog di daerah agar mengontrol harga pasar.

Dengan upaya ini, diharapkan kita bersama dapat menjaga ketersediaan pangan teratasi dengan harga yang juga stabil.

Baca Juga: Strategi Siasati Ketahanan Pangan di New Normal

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.