label kemasan

Mau tau informasi mengenai syarat label kemasan pestisida? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Label Kemasan Pestisida

label kemasan
goriau.com

Baca juga: Hadapi Resistensi Hama, Kementan Anjurkan Petani Pakai Pestisida Sesuai Dosis Anjuran

Budidaya pertanian tidak lepas dari gangguan hama dan penyakit dan sudah menjadi salah satu masalah yang mendapat perhatian khusus dalam budidaya pertanian.

Sekarang banyak sekali berbagai macam jenis pestisida yang menggiurkan dengan penawaran untuk menangani hama dan penyakit.

Kondisi ini menguntungkan bagi petani dalam pemilihan jenis pestisida, namun dengan kondisi sosial petani yan mayoritas dengan umur yang sudah tua membuat penggunaan pestisida salah kaprah dalam fungsi dan dosisnya.

Informasi penting mengenai pestisida sudah melekat pada kemasan pestisida itu sendiri atau diletakkan pada lebel kemasan, dengan catatan pestisida sudah terdaftar dan diakui oleh pemerintah.

Lebel berfungsi memberikan  informasi produk dalam kemasan yang tidak boleh diabaikan yang bertujuan melindungi konsumen dan stekholder dalam memegang kepercayaan masyarakat.

Syarat Label Kemasan Pestisida

Nama Dagang Formula

Nama in biasa digunakan oleh perusahaan untuk produk pestisida. Bahan aktif yang sama dapat dipasarkan dengan nama dagang yang berbeda.

Jenis Pestisida

Jenis pestisida berdasarkan jasad sasaran diantaranya adalah Insektisida (serangga), Fungisida (jamur), Rodentisida (hewan pengerat), Bakterisida (bakteri), Akarisida (akarina/tungau), herbisida (rumput/gulma).

Nama dan Kadar Bahan Aktif

Bahan aktif diberikan bersama-sama dengan bahan lainnya pada persentase yang berbeda-beda dan nama sesuai dengan standar kimia, bahan lainnya disebut bahan pembawa.

Isi Dalam Kemasan

Menunjukkan berat bersih dari kemasan pestisida dalam ukuran volume (liter, kg, dan lain-lain).

Peringatan Keamanan

Peringatan keamanan berupa keterangan sifat bahaya pestisida yang bersangkutan dinyatakan dengan kalimat-kalimat.

Klasifikasi dan Simbol Bahaya

Tanda gambar dan kalimat peringatan bahaya pada label pestisida, yang didasarkan pada nilai LD50 oral dan dermal formulasi.

Klasifikasi  dan  simbol  bahaya  disesuaikan  dengan  sifat  bahaya  pestisida  yang bersangkutan, dinyatakan dengan simbol, kata dan warna serta sifat fisik dari bahan pestisida tersebut.

Petunjuk Keamanan

Petunjuk   keamanan   terutama   ditujukan   untuk   pekerja   atau   pengguna,   untuk konsumen dan untuk lingkungan hidup.

Gejala Keracunan

Gejala  keracunan  adalah  yang  mudah  dideteksi,  dinyatakan  dengan  kalimat-kalimat  tertentu disesuaikan dengan sifat bahaya pestisida yang bersangkutan.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Petunjuk  berupa tindakan  penanganan  kesehatan  yang dapat segera dilakukan oleh diri sendiri atau orang lain sebelum ditangani petugas medis yang berwenang.

Petunjuk  pertolongan  pertama  pada  kecelakaan  disesuaikan  dengan  sifat  bahaya  pestisida yang bersangkutan.

label kemasan
infoplayer.com

Baca juga: Ini Dia Pestisida Nabati Padi, Untuk Atasi Hama Penggerek

 

Perawatan Medis

Perawatan medis  berupa tindakan penanganan kesehatan  yang dapat dilakukan  oleh  dokter atau petugas medis lainnya yang berwenang.

Petunjuk Penyimpanan

Petunjuk penyimpanan adalah kalimat yang menunjukkan bahwa pestisida diletakkan ditempat sesuai dengan jenis pestisida.

Petunjuk Penggunaan

Petunjuk tersebut memperhatikan jenis tanaman, hama dan penyakit dan cara pencampuran untuk pestisida yang disemprotkan.

Piktogram

Piktogram atau simbol dan gambar pada label pestisida terutama  untuk  menyampaikan  pesan  tentang  penyimpanan,  penggunaan  dan keamanan.

Nomor pendaftaran

Nomor Pendaftaran adalah yang menunjukkan bahwa pestisida telah terdaftar dan memperoleh izin menteri pertanian.  Nama dan Alamat, Nomor telepon, nomor pendaftaran

Ini bertujuan untuk menunjukkan tanggungjawab terhadap pestisida, tetapi juga untuk mengetahui dimana bisa mendapatkan saran-saran dalam penggunaan pestisida dan atau keracunan.

Nomor produksi, bulan dan tahun produksi serta bulan dan tahun kadaluwarsa

Yaitu keterangan yang menunjukkan nomor produksi, bulan dan tahun produksi (Batch Number) serta bulan dan tahun kadaluarsa dari pestisida yang bersangkutan. Kadaluarsa berarti suatu produk sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

Petunjuk Pemusnahan

Bertujuan untuk menjaga keselamatan pemakai dan masyarakat umum. Dan dianjurkan untuk tidak menggunakan ulang wadah pestisida dan mengubur pestisida yang akan dibuang.


Itulah informasi mengenai lebel kemasan pestisida. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Melihat Sisi Pestisida Palsu dan Ilegal yang Merugikan Produsen dan Petani

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • http://erlanardianarismansyah.blogspot.com/2012/07/membaca-label-dan-simbol-dengan-benar.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.