burung merpati

Burung merpati termasuk kedalam jenis burung yang banyak dipelihara oleh masyarakat baik sebagai burung balap, burung hias, hingga burung pedaging. Untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembang burung merpati, maka ada berbagai aspek yang harus diperhatikan seperti pemberian pakan merpati yang terbaik.

Ragam Jenis Pakan Berkualitas untuk Burung Merpati

Anda bisa menggunakan beragam jenis biji-bijian sebagai pakan merpati. Walaupun begitu, pemberian pakan tentu harus selektif sehingga burung merpati dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

pakan merpati

Lalu jenis biji-bijian apa yang cocok dijadikan sebagai pakan burung merpati dan dapat meningkatkan tumbuh kembangnya? Ini dia ulasannya

1. Beras Merah

Beras merah memiliki beragam kandungan yang sangat bermanfaat bagi burung merpati yaitu vitamin B1. Oleh karena itu pemberian beras merah sebagai pakan burung merpati dapat memberikan beragam manfaat antara lain menguatkan beragam organ, meningkatkan stamina, serta mengatasi perasaan cepat lelah pada burung.

 2. Padi atau Gabah

Gabah atau padi juga bisa menjadi pilihan pakan merpati yang berkualitas. Anda bisa memberikan jenis pakan ini saat sedang memasuki musim panen padi karena bahan pakan yang satu ini sangat mudah ditemukan.

Namun jika Anda tinggal di kota dan sulit menemukan penjual gabah atau padi, maka pilihlah jenis pakan lain yang tak kalah bagus kualitasnya.

BACA JUGA: Cara Mengolah Sarang Burung Walet Yang Aman
 3. Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis pakan yang sangat familiar dan sering dijadikan sebagai pakan burung. Jagung sendiri termasuk kedalam jenis pakan yang mudah didapatkan dan dijual dengan harga sangat terjangkau.

Dari beragam jenis jagung, jagung madura merupakan jenis pakan terbaik untuk burung merpati. Berikan pipilan jagung sebanyak 2 kali sehari untuk memenuhi asupan pakan burung merpati tiap harinya.

 4. Kacang-Kacangan

Pakan berkualitas lain yang bisa diberikan kepada burung merpati adalah kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan pakan burung merpati antara lain kacang hijau, kacang kedelai, dan juga kacang tanah.

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki beragam manfaat dan kandungan lengkap seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, dan juga vitamin E. Oleh karena itu tak heran jika biji-bijian yang satu ini sangat cocok diberikan sebagai pakan burung merpati.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki beragam kandungan lengkap yang sangat baik bagi burung merpati diantaranya sumber protein, sumber serat, mineral dan juga omega.

  • Kacang Tanah

Kacang tanah kaya akan kandungan lemak, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan juga zat besi sehingga bagus digunakan sebagai salah satu sumber pakan berkualitas bagi burung merpati.

5. Batu atau Kerikil

Walaupun bukan dikonsumsi sebagai pakan, namun Anda juga bisa memberikan batu atau kerikil untuk merpati. Fungsi dari kerikil atau batu kecil ini mirip seperti gigi pada manusia. Burung merpati akan menyimpan kerikil yang mereka makan di bagian tembolok untuk membantu penghancuran makanan yang mereka makan.

BACA JUGA: Ingin Ternak Burung Lovebird Koloni? Ikuti 5 Tips Ini

Itulah tadi beragam jenis pakan merpati berkualitas yang bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan tumbuh kembang merpati. Dengan memberikan jenis pakan yang tepat, tumbuh kembang burung merpati tentu bisa ditingkatkan lebih optimal. Semoga dapat menjadi informasi bermanfaat. Selamat mencoba!

Sumber:

http://merpatikolonglampung-galaxy.blogspot.com/2015/02/5-jenis-makanan-terbaik-untuk-merpati.html

https://budidayaternak.id/makanan-burung-merpati/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.