5 Langkah Budidaya Pohon Mahoni Bagi Pemula

Mau tau cara budidaya pohon mahoni? Berikut Pak Tani Digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pohon Mahoni

pohon mahoni
floradanfauda.com

Baca juga: Ingin Menanam Pohon Maple? Terapkan 5 Tips Ini

Pohon mahoni (Swietenia mahagoni) merupakan tanaman pohon berkayu yang aslinya berasal dari Florida Selatan dan pulau-pulau Karibia. Tinggi pohonnya dapat mencapai ketinggian sekitar 30 meter.

Pada musim kemarau, mahoni akan menggugurkan sebagian daunnya.Salah satu bagian dari pohon mahoni yang bermanfaat untuk biofarmaka yaitu biji/buah.

Buah mahoni memiliki zat flavonolds yang dikenal berguna untuk melancarkan peredaran darah. Biji tersebut dikeringkan dan dihaluskan untuk menjadi serbuk.

Kegunaannya untuk mengobati tekanan darah tinggi, kencing manis, kurang nafsu makan, rematik, demam dan masuk angin, dengan pengaturan dosis yang tepat. Sedangkan kayu mahoni banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan meubelair.

Cara Budidaya Pohon Mahoni

Penyiapan Benih Mahoni

Pohon mahoni biasanya diperbanyak melalui biji yang diperoleh dari biji mahoni dari buah yang telah matang ditandai dengan kulit yang berwarna coklat tua.

Pilihlah biji yang berasal dari pohon yang berkualitas dengan pertumbuhan yang baik dan sehat.

pohon mahoni
mediajabar.com

Baca juga: Budidaya Pohon Matoa Hanya dengan 5 Langkah Saja

Persiapan Lahan Tanam 

Pohon mahoni menyukai adanya sinar matahari secara langsung, maka sediakan lahan tanam pada areal terbuka. Bersihkan lahan dari pepohonan yang mengganggu.

Kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 40x40x50cm dan beri jarak antar lubang sekitar 5-7 meter, setelah lubang jadi, masukkan pupuk hingga 2/3 bagia lubang dan diamkan selama 3 hingga 4 minggu sebelum penanaman.

Penanaman Bibit Mahoni

Campurankan pasir dan tanah dengan  perbandingan 2:1. Tanamlah pada polybag dengan posisi biji yang lebih tebal diletakkan di bagian bawah. Letakkan pada tempat yang hangat dan teduh.

Penanaman dilakukan di areal yang cukup luas dan terbuka Lakukan penyiraman jika media tanam terlihat kering.

Penyapihan

Benih mulai berkecambah dalam 10-20 hari. Jika telah muncul daun 3-4 helai, pindahkanlah pada polybag yang lebih besar (8×15 cm) dengan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Media tanam yang digunakan sebaiknya mengandung unsur hara dan mineral, Anda bisa menggunakan campuran

Perawatan Mahoni

  1. Penyiraman dilakukan seminggu sekali agar tanah tetap lembab. Lakukan penyiangan dengan mencabut gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penggemburan tanah di sekitar lubang tanam.
  2. Pupuk yang digunakan setidaknya mengandung unsur nitrogen, fosfor dan kalium.Agar pohon mahoni Anda tumbuh dengan baik, kokoh, dan kuat, maka perlu dilakukan pemupukan secara teratur.
  3. Pada pertumbuhan pertama sekitar 2-8 tahun, pohon mahoni perlu dilakukan pemangkasan untuk mengontrol ketinggian tanaman. Pemangkasan dilakukan agar terhindar dari penyakit.

Sebaiknya pohon mahoni ditanam yang tidak terlalu dekat dengan bangunan atau tiang listrik, karena pohon mahoni dapat tumbuh tinggi dan akarnya yang mampu menjalar panjang.

Pohon mahoni sudah bisa dimanfaatkan kayunya ketika mencapai umur 10 tahun. Meskipun rentang waktunya lumayan lama tetapi dengan membudidayakan pohon mahoni Anda bisa berkontribusi dalam penghijauan dan mengurangi polusi udara.


Itulah informasi mengani cara budidaya pohon mahoni. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Tahapan Cara Budidaya Pohon Cermai yang Mudah

Penulis: Rini Itona

Sumber Gambar Unggulan: Wandarafania.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.