Tahapan Cara Budidaya Pohon Cermai yang Mudah

Mau tau cara budidaya pohon cermai? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pohon Buah Cermai

Mengenal Buah Cermai

cermai
pxhere.com

Baca juga: Panduan Cara Budidaya Srikaya Dengan Mudah

Cermai (Cicca acida) dikenal sebagai tanaman hias yang biasanya dipelihara di pekarangan rumah. Pohon cermai mampu tumbuh hingga ketinggian 10 meter dengan percabangan yang banyak dan kulit kayunya tebal.

Cermai memiliki buah yang rasanya sangat masam/kecut meskipun sudah matang. Pohon cermai perdu atau pohon kecil dengan ketinggian hanya mencapai 9 m, bercabang rendah dan renggang.

Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, berukuran panjang sekitar 2-7 cm dan tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.

Buah ceermai termasuk buah yang jarang ditemukan baik buah atau pohonnya dipasaran. Hal ini mungkin karena rasa buahnya yang dianggap terlalu masam. Padahal tanaman cermai memiliki banyak manfaat dari buah dan daunnya bagi kesehatan tubuh.

Buah cermai kaya akan kandungan nutrisi, kandungan buah cermai diantaranya seperti Vitamin (C, A, B6, B6, B9 dan B1), Mineral (kalium, kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium, juga mangan), tannin, quercetin, dan flavonoid.

Dengan kandungan yang terdapat didalamnya, buah cermai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, adapun manfaat buah ceremai yaitu membantu mengatasi sembelit, membantu mengatasi diare.

Membantu mencerna protein, membantu menyerap kalsium, membantu mencegah serangan jantung, membantu pasien diabetes, membantu memperbaiki masalah rambut dan lain sebagainya.

Kandungan yang baik untuk tubuh menjadikan budidaya buah cermai enjadi salah satu peluang usaha untuk membudidayakan dan memulai memasarkan buah cermai ke pasar untuk meningkatkan pendapatan dan nilai tambah dari tanaman buah cermai.

Cara Budidaya Pohon Cermai

cermai
arbamedia.com

Baca juga: Cara Budidaya Buah Carica Atau Pepaya Dieng

Persiapan Lahan Tanam

Bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya dan gemburkan tanah pada lahan. Buatlah lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm, jika sudah diamkan lubang tanam selama 1 minggu guna menghilangkan racun yang ada dalam tanah.

Siapkan pula campuran tanah, pupuk kandang/kompos yang telah difermentasi dan sekam. Semua bahan tersebut dicampur lalu dijemur agar bakteri didalamnya mati. Campuran tersebut nantinya untuk menutup lubang tanam bibit cermai.

Penanaman

Lakukan penanam dengan melepaskan polybag pada bibit cermai dengan hati-hati agar tidak merusak perakarannya. Masukkan bibit ke lubang tanam dengan posisi tegak lurus lalu timbun kembali dengan media tanam yang telah disiapkan dan sedikit padatkan.

Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya saja jangan sampai belebihan (becek). Untuk menopang tanaman gunakan pemasangan ajir yang terbuat dari bambu yang diiris berkisar ukuran panjangnya 1,5 meter.

Perawatan

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 1-2 kali sehari, Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman cermai.

Selain itu, agar nutrisi cermai terpenuhi, lakukan pemupukan secara rutin dengan menggunakan pupuk NPK, pupuk kandang/kompos. Pemupukan tersebut dapat dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah, lakukan pemberian hormon perangsang buah secara rutin yaitu setiap 7-10 hari sekali.


Itulah informasi mengenai cara budidaya pohon cermai. Selamat mencoba dan semoga informasi bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Cara Budidaya Daun Pandan Dengan Mudah Bagi Pemula

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.