5 Langkah Menanam Bunga Gelombang Cinta di dalam Pot

Tertarik untuk menanam bunga gelombang cinta sebagai peluang usah? Yuk, ikutin langkah-langkah penanamannya di artikel berikut ini.

Bunga gelombang cinta merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling popular pada tahun 2000an. Bahkan hingga kini, bunga yang sering dikenal dengan sebutan anthurium tersebut masih banyak diminati orang. Harganya juga tergolong fantastis.

Satu tanaman gelombang cinta bisa dibanderol pada kisaran harga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Melihat keuntungan yang besar serta peminat yang banyak, tak heran jika budidaya bunga ini menjadi sangat menguntungkan.

Selain untuk dijadikan peluang bisnis, menanam gelombang cinta sendiri bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menggemari tanaman hias daun. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya.

Langkah Mudah Menanam Gelombang Cinta di Pot

Namun untuk bisa mendapatkan bunga gelombang cinta yang cantik, maka teknik penanaman dan pemeliharaannya harus dilakukan dengan tepat.

Sebagai informasi tambahan, ini dia beberapa langkah menanam gelombang cinta di dalam pot yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: Tanam Bunga Lavender di dalam Pot? Terapkan 5 Tips Ini

Pemilihan Indukan Berkualitas

Faktor penting keberhasilan penanaman gelombang cinta adalah dengan memilih indukan yang berkualitas baik. Indukan yang baik akan membuat tanaman dapat tumbuh dengan maksimal dan memiliki kualitas yang baik.

Ciri-ciri indukan berkualitas yang harus Anda ketahui antara lain:

  1. Memiliki kondisi yang sehat dan terbebas dari serangan hama dan penyakit.
  2. Memiliki daun berwarna hijau segar dan tidak pucat.
  3. Memiliki rumpun anakan yang banyak.
  4. Memiliki bonggol dengan kondisi sehat.

Setelah mendapatkan indukan dengan ciri-ciri diatas, maka Anda bisa langsung melakukan persiapan bibit.

gelombang cinta
fahmipedia.com

Persiapan Bibit

Persiapan bibit tanaman gelombang cinta dilakukan dengan menggunakan metode perbanyakan. Cara perbanyakan yang umum dilakukan yaitu dengan menggunakan metode split.

Metode split sendiri merupakan metode yang digunakan dengan cara memisahkan bagian anakan dengan indukan. Anakan sendiri terbentuk dari bonggol tanaman.

Agar bibit anakan tidak rusak, maka Anda harus memperhatikan langkah-langkah pemisahan antara lain:

  1. Pilih indukan dengan bonggol yang sehat dan muncul tunas.
  2. Potong bagian tunas dengan pisau tajam.
  3. Jika tunas masih terlalu kecil, jangan terburu-buru untuk memotongnya. Anda bisa menunggu beberapa hari hingga tunas memunculkan beberapa helai daun.
  4. Setelah bonggol anakan dipotong, rendam dalam larutan fungisida 5g/l selama kurang lebih 15 menit.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang cocok digunakan pada proses penanaman gelombang cinta adalah campuran humus, pasir, dan pupuk kandang. Jika Anda akan melakukan penanaman di pot, beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain:

  1. Pilih pot yang sesuai dengan ukuran bonggol anakan.
  2. Masukkan pecahan genting dan batu bata di bagian dasar pot.
  3. Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah humus, pupuk kandang, dan pasir. Campurkan hingga rata dan ayak hingga mendapat butiran yang halus.
  4. Isi media tanam kedalam pot hingga mencapai 3/4 bagian pot.
  5. Tanam bonggol hingga terlihat bagian tunasnya saja.
  6. Tambahkan media tanam lagi dan padatkan hingga akar bonggol tertutup.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mudah Menanam Bunga Adenium

Perawatan Tanaman

Untuk bisa mendapatkan tanaman yang berkualitas, maka Anda harus rutin melakukan perawatan dan pemeliharaan seperti penyiraman, pemupukan, pengendalian hama penyakit, hingga peletakan tanaman.

gelombang-cinta
shopee.co.id

Penyiraman

Walaupun penyiraman tanaman tidak terpatok aturan khusus, Anda tetap harus memperhatikan frekuensi penyiraman.

Jangan lakukan penyiraman terlalu sering karena akan mengakibatkan pembusukan akar. Cukup pastikan bahwa media tanam selalu lembab.

Waktu penyiraman yang paling baik yaitu sekitar pukul 10.00 pagi dan 17.00 sore. Selain itu lakukan penyiraman hanya pada media saja. Jangan langsung siram ke bagian daun karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan.

Pemupukan

Pemupukan bungan gelombang cinta berbeda-beda sesuai dengan pertumbuhannya. Ketika memasuki masa vegetatif, maka Anda bisa memberikan pupuk NPK. Pengaplikasian pupuk NPK ini dilakukan pada bagian tajuk tanaman sebanyak 6 bulan sekali.

Sedangkan pemberian pupuk kandang atau kompos bisa dilakukan sebanyak 1 tahun sekali. Untuk menjaga kualitas tanaman, Anda juga bisa menyemprotkan jenis pupuk lain seperti atonik atau gandasil yang langsung disemprot ke media tanam.

Pengendalian Hama Penyakit

Untuk mencegah serangan hama penyakit, Anda bisa menyemprotkan larutan fungisida langsung ke media tanam dengan konsentrasi 10 g/L.

Lakukan penyemprotan secara rutin setiap 2 bulan sekali. Jika sudah mendekati musim penghujan, Anda juga bisa meningkatkan dosis fungisida sebanyak 15g/L.

Sanitasi

Sanitasi merupakan suatu proses perawatan yang berhubungan dengan menjaga kondisi kebersihan tanaman, media, lingkungan, hingga alat kerja yang digunakan. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, selalu gunakan media tanam yang steril.

Penggantian Pot

Agar bunga gelombang cinta dapat tumbuh baik, maka Anda harus menyesuaikan pot dengan ukuran tanaman. Idealnya perbandingan antara diameter pot dan juga tinggi tanaman yaitu 1:2. Selain itu, diameter pot setidaknya mencapai 70% dari panjang bunga yang ditanam di dalam pot.

Peletakan Tanaman

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, maka Anda harus rutin meletakkan pot tanaman di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh. Letakkan pot di tempat terbuka selama kurang lebih 15 menit agar warna daun tetap hijau dan sehat.

Pengkilapan Daun

Tingginya harga jual bunga gelombang cinta dipasara sangat ditentukan oleh keindahan daunnya. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kualitas dan harga jualnya, Anda harus rutin melakukan perawatan pada bagian daunnya salah satunya dengan pengkilapan.

Langkah-langkah pengkilapan daun yang harus dilakukan antara lain:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain kain atau spons halus dan juga susu cair.
  2. Tuang susu kedalam wadah lalu celupkan spons atau lap ke dalam susu tersebut.
  3. Lap bagian daun bungan gelombang cinta secara hati-hati agar tidak merusak daun.
  4. Lakukan pengkilapan secara rutin sebanyak 3 kali sehari untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah tadi beberapa langkah menanam bunga gelombang cinta yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas. Dengan memiliki tanaman berkualitas, maka harga jual yang bisa didapat juga akan semakin tinggi. Selamat mencoba!

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Panduan Budidaya Bunga Aglaonema Hingga Perawatannya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-gelombang-cinta/
  • https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-gelombang-cinta-dalam-pot

Sumber gambar utama: tokopedia.com
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.