budidaya udang

Apakah kamu tertarik untuk melakukan budidaya udang air tawar? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu dan ketahui 5 tahap pembudidayaannya agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Udang adalah salah satu bahan makanan seafood yang memiliki banyak penggemar. Bahkan, dari warung kecil hingga restoran menyajikan makanan seafood yang satu ini.

Maka tak heran budidaya udang air tawar pun kerap dilakukan sebagai peluang usaha. Dengan melakukan budidaya udang air tawar, Anda bisa meraup keuntungan yang cukup tinggi.

Pasalnya, permintaan pasar mengenai udang air tawar terus meningkat, dengan harga harga yang tinggi. Namun, untuk mendapatkan hasil udang yang baik, Anda perlu membudidayakannya dengan benar.

Tahap Budidaya Udang Air Tawar

Untuk melakukan pembudidayaan udang air tawar memang tidaklah mudah. Namun, jika Anda bekerja keras serta melakukan tahapannya dengan baik dan benar, maka hasilnya pun akan bagus.

Adapun lima tahapan budidaya udang air tawar yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

Baca Juga: 5 Langkah Budidaya Udang di dalam Drum

Menyiapkan Media Budidaya

Sebelum melakukan pembudidayaan, Anda perlu menyiapkan media pembudidayaan yang cocok untuk udang. Anda bisa membuat media budidaya, misalnya menggunakan akuarium atau budidaya udang air tawar di kolam tembok.

Jika ingin menggunakan akuarium, Anda bisa membelinya langsung di toko. Pilihlah akuarium yang berukuran variatif dan disesuaikan dengan jumlah udang yang akan dipelihara. Ukuran 1 meter persegi dan tinggi akuarium sekitar 80-100 cm dapat menyimpan 10 ekor udang.

Namun jika ingin membuat kolam, buatlah dengan ukuran yang sedang dan disesuaikan dengan kapasitas udang yang dibudidayakan.

udang-air tawar
arenahewan.com

Memilih Bibit Udang

Setelah menyiapkan media budidaya yang sesuai, Anda perlu menyiapkan bibit udang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah bibit udang air tawar yang berkualitas serta memiliki produktivitas tinggi.

Bibit udang yang baik memiliki kriteria seperti berikut:

  1. Bibit udang air tawar terlihat sehat, tidak cacat, tidak pucat, serta tidak mudah terkena penyakit.
  2. Ukuran bobot benih udang sama atau seragam. Ukuran bobot yang ideal sekitar 0.1 – 0.3 gram.
  3. Kulit udang berwarna cerah mengkilap.
  4. Udang air tawar dapat bergerak lincah dan aktif, serta memiliki ketahanan tubuh yang kuat.

Baca Juga: Mudah Budidaya Udang Galah dengan 4 Tips Ini

Proses Pembudidayaan

Setelah menyiapkan media kolam dan bibit udang air tawar, Anda bisa langsung melakukan tahap pembudidayaan. Pastikan kolam atau akuarium yang digunakan bersih.

Setelah itu isi kolam atau akuarium dengan air tawar yang bersih dan pH sekitar 6-7. Air yang digunakan memiliki suhu sekitar 25-26 derajat Celcius.

Agar oksigen akuarium atau kolam mendapatkan oksigen, Anda bisa menggunakan pompa untuk budidaya ikan. Setelah itu, masukkan potongan peralon sebagai tempat bersembunyi. Kemudian tebar udang air tawar pada kolam.

udang air tawar
langgengpancing.com

Lakukan Perawatan

Untuk mendapatkan hasil yang baik dari budidaya udang ini, Anda perlu melakukan perawatan yang baik. Berikan pakan secara rutin, yakni pada waktu pagi serta sore hari.

Dosis yang diberikan pada pagi hari yaitu 40% dan pada sore hari 60%. Adapun makanan yang harus diberikan seperti ketan padi, tepung terigu, biji jagung, Rice brean.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan air dalam kolam atau akuarium. Karena banyaknya debu yang menumpuk akan membawa pengaruh negatif untuk udang Anda.

Setelah melakukan perawatan dengan baik, Jangan lupa untuk melakukan tahap pemijahan. Proses pemijahan dilakukan secara alami. Karena Anda telah menyiapkan potongan paralon untuk proses pemijahan udang sebelumnya.

Tahap Pemanenan

Setelah melakukan proses yang cukup panjang, Anda sudah bisa melakukan panen udang air tawar. 1minggu sebelum melakukan pemanenan, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mencari pangsa pasar atau pengepul.

Pilihlah udang yang sudah matang dan memiliki bobot besar. Biarkan udang air tawar yang masih kecil untuk kembali dibudidayakan.


Itulah 5 tahap budidaya udang air tawar yang menguntungkan. Untuk mendapatkan keuntungan tentu harus merawatnya dengan baik.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 6 Pokja Untuk Tingkatkan Ekspor Udang

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-udang-air-tawar-di-aquarium
  • https://arenahewan.com/budidaya-udang-air-tawar-di-rumah/amp

Sumber gambar utama: infobudidaya.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.