6 Pokja Untuk Tingkatkan Ekspor Udang

Mau tau informasi pokja untuk meningkatkan ekspor udang? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Ekspor Udang

Dorongan Ekspor Udang

ekspor udang
antaranewsjambi.com

Baca juga: KKP Dorong Bawal Bintang ke Pasar Ekspor

Mendorong peningkatan produksi  dan ekspor udang nasional maka dilakukan dorongan untuk pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja dengan langkah strategis dibangun, salah satunya akan membentuk kelompok kerja beranggotakan lintas sektor.

Hal ini terus didorong oleh pemerintah dengan alasan udang memiliki potensi lahan yang tersedia sangat besar dari 2,96 juta hektar, yang termanfaatkan baru 0,6 juta hektar.

Dengan begitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebelumnya menyebut target ekspor udang nasional naik 250% dalam kurun waktu empat tahun dari 2020 hingga 2024.

Bila volume ekspor udang olahan pada 2018 145,226 ton, maka di 2024 menjadi 363,067 ton. Sedangkan produksi udang untuk bahan baku ekspor dari 197,433 ton pada 2018

Menjadi 578,579 ton pada 2024. Dan ditambah dengan penguasaan teknologi budidaya udang maka target ini diharapkan mampu tercapai.

Dengan adanya ekspor udang maka diharapkan udang memiliki nilai ekonomi tinggi, begitu juga dengan peluang pasar ekspornya.

Pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan akan tercipta dari sektor budidaya udang ini. Dalam upaya peningkatan jumlah produksi udang harus dibarengi dengan penyerapan pasar.

Dengan begitu, angka target ekspor udang hingga 2024 akan tercapai dan mampu memuaskan pasar.

Selain itu, peningkatan produksi dan ekspor udang merupakan tindak lanjut dari Inpres No. 7 tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dengan target khusus dari himbauan Presiden yaitu peningkatan produksi, mengawal logistik dan pemasarannya.

Kapasitas terpasang Unit Pengolahan Ikan (UPI) untuk udang di Indonesia, sejauh dominan berada di wilayah Indonesia barat.

Sehingga perlu langkah bersama untuk meningkatkan efisiensi logistik sekaligus mempertahankan mutu produk untuk memenuhi syarat pasar serta menyiapkan membuka pasar untuk udang Indonesia. Amerika Serikat, Jepang, China dan Uni Eropa merupakan pasar potensial.

Pokja Ekspor Udang

ekspor udang
kkpnews.com

Baca juga: Ekspor Hasil Olahan Perikanan dari Belitung

KSP membentuk enam kelompok kerja (pokja) untuk mendorong peningkatan ekspor udang nasional ini.

Pembentukan pokja agar tiap kementerian dan lembaga dapat fokus menyelesaikan peran masing-masing, dan memudahkan dalam monev sehingga hasil yang dicapai maksimal.

Enam pokja tersebut meliputi:

  1. Pokja Perencanaan Pembangunan dan Monev
  2. Pokja Pembangunan Kawasan Tambak
  3. Pokja Input Produksi
  4. Pokja Teknis Operasional
  5. Pokja Investasi dan Pemasaran
  6. Pokja Pelatihan, Riset dan Penyuluhan

Itulah informasi mengenai pokja tingkatkan ekspor udang. Semoga informasi yanhg diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kesempatan Sertifikasi Untuk 219 Petambak Udang

Sumber: Antaranews.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.