Potensi Indonesia Ekspor Terbesar Ikan Tuna

Mau tau informasi mengenai Indonesia menjadi ekspor terbesar ikan tuna? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi trsebut. Simak Ulasannya!

Ikan Tuna

Ekspor Ikan Tuna

ikan tuna
kumparan.com

Baca juga: Dukungan Bea Cukai Untuk Ekspor Hasil Perikanan

Ikan tuna yang banyak terdapat di restoran-restoran Jepang memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan dan ikan tuna dinilai hanya dikonsumsi oleh kalangan menengah keatas karena Ikan tersebut memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak.

Selain itu, tuna juga mengandung mineral kalsium, fosfor, besi dan sodium, dan berbagai macam vitamin. Melihat banyaknya manfaat kesehatan yang didapat, tak heran ikan tuna dijual dengan harga cukup mahal.

Nilai ekonomi dari perdagangan ikan tuna Indonesia sangat besar dan menjadi peluang yang akan terus dapat dimanfaatkan.

Oleh karena itu, Indonesia harus mengedepankan aspek keberlanjutan agar perikanan tuna terus lestari. Pemerintah Indonesia berkomitmen dan konsisten mendukung konservasi dan pengelolaan sumber daya ikan tuna.

Tapi, tahukah bahwa ikan tuna dari Indonesia termasuk salah satu yang mendominasi pasar ikan tuna di dunia?

Data resmi Food and Agriculture Organization (FAO) melalui SOFIA pada 2016 menunjukkan bahwa terdapat 7,7 juta metrik ton tuna dan spesies seperti tuna ditangkap di seluruh dunia.

Di tahun yang sama, Indonesia memasok lebih dari 16 persen total produksi dunia dengan rata-rata produksi tuna, cakalang dan

Tongkol Indonesia mencapai lebih dari 1,2 juta ton pertahun. Sedangkan pada 2017, volume ekspor tuna Indonesia mencapai 198.131 ton dengan nilai 659,99 juta dollar AS.

Dikutip dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Indonesia, ikan tuna yang ditangkap terdiri atas Ikan tongkol (Euthynnus affinis), tuna mata besar (Big eye tuna), madidihang (yelowfin tuna), sirip biru (bluefin tuna) dan tuna alalunga (albacor).

Ikan-ikan ini sering didaratkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) maupun di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS).

Peluang Ekspor Ikan Tuna

ikan tuna
liputan6.com

Baca juga: Kerjasama KKP dan DKI Jakarta Untuk Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia M Zulficar Mochtar mengatakan letak Geografis Indonesia membuka peluang untuk meningkatkan produksi ekspor tuna ke berbagai negara.

Tuna menjadi sangat spesial dikarenakan sifatnya yang bermigrasi, tidak menetap di wilayah tertentu dan letak Indonesia yang sangat strategis yang terletak di antara dua samudra menjadikannya lokasi migrasi bagi tuna.

Komoditas ini memiliki peluang besar dalam peningkatan ekspor Tuna di Indonesia. Memang indonesia merupakan produsen tuna terbesar. Namun, sumber daya ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Kondisi itupun yang membuat komoditas ekspor tuna Indonesia masih berada di urutan sembilan. Rata-rata Produksi Tuna Indonesia selama 14 tahun terakhir (2005-2018) sebesar 567.867 ton.

Sejauh ini, total ekspor TCT tahun 2018 sebesar 168.436 ton dengan nilai 714 juta dolar AS dan ekspor tersebut didominasi

Dalam pemanfaatan tuna ada kewajiban setiap negara untuk melakukannya dengan kerja sama internasional.

Dikarenakan hal ini sesuai dengan UNCLOS 1982 (pasal 64) dan UNFSA/UNIA 1995 (Pasal 17 ayat 2) yang mana keduanya sudah diratifikasi oleh Pemerintah Republik Indonesia.


Itulah informasi mengenai potensi ekspor ikan tuna di Indonesia. Smeoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Keuntungan Serta Cara Budidaya Ikan Tuna

Sumber: Akurat.co

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.