Berikut 4 Pekerjaan Lain yang Dilakukan Barista

Mau tau informasi mengenai pekerjaan yang dilakukan seorang barista? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Macam-Macam Pekerjaan Barista

Apakah sering mengunjungi kafe atau kedai kopi. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah barista. Pekerjaan barista sendiri bisa dibilang sebagai ujung tombak yang menentukan enak tidaknya kopi yang disajikan.

Oleh karena itu untuk menjasi seorang barista, seseorang harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni tentang seluk beluk dunia perkopian.

Jika selama ini barista dianggap adalah seseorang yang hanya menyeduh secangkir kopi, maka hal tersebut salah besar.

Sejatinya, pekerjaan barista tidak hanya itu saja karena ada beragam pekerjaan barista yang ternyata belum banyak diketahui.

Lalu sebenarnya, apa saja pekerjaan barista yang biasa dilakukan di kedai kopi atau cafee shop? Untuk informasi lebih lanjut.

barista
pxhere.com

Baca juga: Ingin Berkarir Sebagai Barista? Ketahui Tips-Tips Ini

Menjaga Kebersihan Kedai Kopi

Apa yang dirasakan jika mendatangi sebuah kedai kopi yang kotor dan jorok? Tentu jijik bukan. Secangkir kopi pun menjadi tidak nikmat jika diminum di tempat yang kotor.

Oleh karena itu, selain bertugas menyeduhkan kopi untuk para pelanggan, barista juga memiliki tugas lain yang tak kalah penting yaitu membersihkan kedai kopi

Hal ini dikarenakan kedai kopi biasanya tidak memiliki petugas pembersih khusus sehingga semuanya harus dikerjakan oleh barista.

Tidak hanya membersihkan meja pemesanan saja, barista juga bertugas untuk membersihkan seluruh area kedai kopi dan juga kebersihan dirinya sehingga para pelanggan akan semakin nyaman untuk berkunjung kesana.

Meracik Berbagai Minuman Non Kopi

Tak hanya pandai menyeduh kopi saja, barista juga bisa meracik berbagai jenis minuman selain kopi seperti coklat, fruit punch, atau aneka jus.

Walaupun begitu, tidak perlu khawatir karena keahlian meracik kopi yang mereka miliki tentu lebih tinggi dibandingkan dengan jenis minuman lainnya.

Bagi pada barista, meracik kopi merupakan suatu hal yang menyenangkan sehingga kopi biasanya akan ditemukan sebagai daftar minuman teratas yang ada di daftar menu.

Merawat Berbagai Alat Seduh Kopi

Selain bertugas untuk meracik secangkir kopi nikmat bagi para pelanggan, seorang barista juga memiliki tanggung jawab untuk merawat berbagai alat seduh kopi agar tetap bisa digunakan dan berjalan efisien.

Barista sendiri memiliki beragam alat seduh kopi yang harus dirawat kebersihan dan kontrol fungsinya antara lain mesin ekspresso, dan juga alat-alat kecil seperti gelas tuang dan juga pour over cone.

barista
pxhere.com

Baca juga: Mau Jadi Barista? Berikut 6 Caranya

Menghadirkan Senyum dan Berkomunikasi dengan Para Pelanggan

Pekerjaan barista lain yang tak kalah penting yaitu menghadirkan senyum bagi para pelanggannya.

Keberhasilan seorang barista tentu akan dilihat dari bagaimana ia bisa menghadrikan dan menularkan senyum kebahagiaan bagi para pelanggannya melalui secangkir kopi.

Itulah tadi beberapa tugas lain yang biasanya dikerjakan oleh barista di kedai kopinya. Jadi jangan hanya mengira bahwa pekerjaan barista hanya bisa meracik kopi saja karena ada beragam tugas penting yang juga mereka lakukan.

Jadi tertarik untuk menjadi seorang barista?


Itulah informasi mengenai pekerjaan lainnya yang dilakukan seorang barista selain meracik kopi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ingin Memulai Cafe Kopi Kecil-Kecilan? Ini Tipsnya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/kenali-apa-itu-barista-kopi/
  • https://majalah.ottencoffee.co.id/4-hal-yang-dilakukan-barista-selain-membuat-kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.