Apakah kamu berniat untuk memulai cafe kopi kecil-kecilan? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis-jenis kopi yang menghasilkan cita rasa yang khas dari daerah itu sendiri.

Tak hayal banyak dari masyarakat Indonesia menjadikan kopi sebagai teman nongkrong mereka. Kopi sendiri kini mulai di sukai oleh semua kalangan dari mulai orang tua hingga anak muda.

Tak heran jika kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat kedai coffee modern yang menargetkan para anak muda sebagai konsumennya. Karena untuk membuat bisnis kopi tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Kita bisa memulai bisnis kopi dengan modal yang tidak begitu besar. Namun memiliki potensi yang menghasilkan, kamu bisa memulainya dari yang kecil dulu sebelum membuka bisnis yang besar.

Untuk memulai nya, kalian bisa membuka kedai kopi sederhana secara mandiri ataupun berkelompok.

Tips Memulai Cafe Kopi Kecil-Kecilan

Untuk memulai bisnis ini kamu dapat mengikuti tips berikut ini:

Baca Juga: 4 Alasan Usaha Kedai Kopi Kaki Lima itu Menguntungkan

Bangun Mimpi dan Mulai Action

Bsinis kopi saat ini memiliki potensi yang besar karena minat para pemuda yang suka nongkrong dan menikmati segelas kopi modern.

Hal ini tentu menjadi peluang kepada siapa saja yang ingin memulai usaha kedai kopi sederhana ataupun skala besar. Namun yang paling mendasar saat akan mendirikan sebuah bisnis adalah mimpi yang besar dan tekat yang besar.

Jika kalian memiliki mimpi yang cukup kuat, tentu ini akan mempengaruhi diri kalian untuk mengetahu lebih dalam lagi tentang bisnis yang akan di dirikan.

Salah satunya bisnis kopi, unutk memulai usaha ini tentu kalian tidak harus menjadi sorang barista yang professional. Namun kalian juga harus mencari tahu bagaimana untuk menjadi seorang barista yang bisa mengolah coffee.

Setelah kalian belajar untuk menjadi seorang pembuat coffe yang baik. Lalu langkah selanjutnya adalah action, karena sebesar apapun keinginan kalian untuk membuka sebuah usaha.

Usaha itu tidak akan pernah terwujud, jika kalian tidak pernah memulai. Jadi mulailah dari apa yang kalian bisa dan yang paling penting adalah soal modal.

Kalian harus bisa memperhitungkan antara modal yang kalian miliki dan usaha yang akan kalian bangun. Mungkin banyak di luar sana yang membuka kedai mereka dengan peralatan yang cukup lengkap.

Namun, jika kalian memiliki modal minim lebih baik kalian buka dengan skala kecil-kecilan, dengan peralatan semi profesional.

Management Tempat Untuk Memulai

Hal utama yang harus di fikirkan bagi seseorang yang akan memulai usaha tentunya adalah tempat. Tempat merupakan saah satu hal terpenting yang bisa membuat usaha kalian maju.

Untuk membuka usaha kopi kalian harus memikirkan tempat yang sesuai dengan badged kalian. Jika badget tidak terlalu besar kamu bisa memulainya dengan tempat kecil, entah itu kios ataupun angkringan yang biaya sewanya tidak mahal.

Kamu bisa memulainya dari situ, suapaya terlihat lebih menarik, maka dengan mendesain tempat yang akan di tempati dengan desain modern merupakan cara yang dapat dicoba. Untuk refrensinya kamu bisa melihat desain-desain yang ada di google.

Usahkan untuk hal ini kamu memilih tempat yang paling murah dengan melihat suasana ataupun kondisi calon tempat yang akan di tempati. Apkah tempat itu strategis untuk nongkrong atau tidak, dengan begitu maka kamu bisa mengira-ngiranya sendiri.

Manual Brew atau Mesin Espresso 

Jika sudah menemukan tempat yang strategis, langkah selanjutnya yang harus di siapkan adalah menyiapkan mesin pembuat kopi.

Sebelum membeli mesin pembuat kopi alangakah baiknya kamu sedikit survey terlebih dahulu mengenai calon konsumen yang akan membeli kopi.

Sebaiknya diawal kamu membuka kedai kopi, untuk tidak langsung menggunakan mesin espresso, karena belum tentu para supliyer langsung menyukainya.

Jika kamu masih awal membuka kedai coffee alangkah baiknya menggunakan manual brew sebagai mesin pendukung saat membuka usaha coffee.

Membuta coffee dengan manual brew akan lebih cocok dengan lidah orang nusantara. Kamu bisa menambah menu espresso jika usaha sudah mulai berjalan.

manual brew
commonmancoffeeroasters.com

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Tubruk Sendiri di Rumah

Peralatan yang Wajib di Siapkan

Sebuah tempat usaha tentunya membutuhkan peralatan untuk opersionalnya. Untuk hal ini sebaiknya menggunakan peralatan yang memang benar-benar di pergunakan nantinya.

Jadi kamu harus menerapkan metode usaha yang minimalis, dengan membeli peralatan yang seperlunya saja. Supaya nantinya tidak banyak peralatan yang nganggur.

Peralatan yang disiapkan di awalusaha coffee adalah kopi grinder dan scale. Kedua alat tersebut yang nantinya akan sangat berguna bagi usaha kamu. Adapun fungsi dari kedua alat tersebut adalah:

  • coffee grinder untuk menentukan size bubuk kopi yang sesuai untuk sajian kopi tertentu
  • scale untuk menghitung bagaimana rasio kopi berbanding air.

Kedua alat tersebut akan selau terpakai meskipun nantinya kamu menggunakan mesin espresso atupun manual brew.

alat membuat kopi
blackxperience.com

Sabar dan Telaten

Tentu di saat memulai usaha atau bisnis kita di haruskan untuk bersabar dan juga telaten dalam menjalani usaha itu. Apalagi di awal-awal usaha kita belum mendapatkan pelanggan yang tetap, jadi bersabar manjadi pedoman utama supaya kita bisa tetap bertahan dalam usaha.

Selain bersabar kita juga di tuntut untuk telaten dalam menghadapi/melayani setiap pelanggan yang datang. Kamu juga harus siap untuk menerima kritikan dan saran setiap pelanggan yang datang.

Karena saran dari mereka dapat menjadi patokan kamu kedepannya. Dengan banyaknya saran yang masuk tentu akan membuat kamu bisa lebih mengintropeksi diri terhadap apa yang kurang dari pelayanan maupun penyajian yang sduah kamu berikan.

Perkembangan

Banyak usaha-usaha besar yang lahir dari usaha kecil. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa usaha kamu bisa berubah menjadi besar di kemudian hari.

Maka dari itu, kamu harus bisa memanagement keungan, untuk bisa mengembangkan usaha kedai kopi menjadi lebih besar lagi.

Seiring berjalanya waktu, tentu kamu akan di suguhi dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki selama membuka usaha. Hal itu pasti akan membuat kamu semakin bisa melihat/memprediksi kedepan bagaiman usaha ini berjalan.

Mungkin hari ini hanya bisa membuka kedai sederhana, lalu seiring berjalanya waktu kamu bisa membuka cabang di tempat lain.


Itulah tadi tips memulai cafe kopi kecil-kecilan. Jika kamu menjalankannya dengan sungguh-sungguh, maka kemungkinan untuk berhasil pastilah sangat besar. Semoga berhasil.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Pak Imam, Pengusaha Kopi Cimbang Sinabung

Penulis: Anwar Nulis

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber gambar utama: pinterest.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.