kedai kopi

Mau buka usaha kopi? Mulai dari Usaha Kedai Kopi Kaki Lima saja. Pak tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Usaha Kedai Kopi Kaki Lima

kedai kopi

Siapa yang tidak mengenal minuman terkenal yang satu ini? Dari dulu hingga sekarang kopi selalu menjadi primadona berbagai lapisan masyarakat.

Jika dulu ngopi ramai dilakukan di warung-warung kopi, maka saat ini usaha kedai kopi kekinian sudah mulai menjamur untuk memenuhi kebutuhan anak muda. Bahkan pada 5 tahun terakhir, bisnis ini sudah meningkat pesat hingga dua kali lipat.

Salah satu tipe bisnis kopi yang mulai populer akhir-akhir ini adalah kedai kopi speciality kaki lima. Tidak harus menggunakan tempat yang luas layaknya café, bisnis street coffe bisa berjalan layaknya bisnis pedagang kaki lima yang menggunakan gerobak namun dikemas dalam bentuk yang lebih kekinian.

Baca juga: Ingin Buka Bisnis Kopi dengan Modal Kecil? Coba 4 Ide Ini

Apa Saja Keuntungan Bisnis Kopi Kaki Lima?

Mengusung tema ala pedagang kaki lima, tak heran jika usaha kedai kopi yang satu ini mulai dilirik para penbisnis karena berbagai keuntungan yang dihadirkanya.

Jika Anda tertarik menjalankan bisnis coffe street, berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Apa saja ya?

Praktis dan Tidak Ribet

Dibandingkan menjalankan usaha kopi di café, bisnis coffe street jauh lebih praktis dalam pengelolaannya. Bayangkan saja, jika ingin merencanakan bisnis café, maka ada beberapa perencanaan yang harus dilakukan seperti konsep interior, modal yang lebih besar, hingga pemilihan barista.

Namun jika menjalankan bisnis coffe street, maka Anda tidak perlu repot-repot memikirkan itu semua, karena bisnis ini tergolong simpel dan sederhana.

Bisa Mengusung Konsep Manual

kedai kopi

 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan

Jika menjalankan bisnis café kopi, maka ada beberapa mesin kopi tenaga listrik yang harus masuk dalam hitungan modal. Namun hal ini ternyata bisa dihindari jika menjalankan bisnis kedai kopi kaki lima, karena bisa mengusung konsep manual brew yang masih jarang di Indonesia.

Manual brew sendiri merupakan suatu konsep kedai kopi dimana peracikan kopi dilakukan dengan menggunakan alat seduh manual. Selain unik, peluang keuntungannya juga masih besar karena konsep ini masih jarang di Indonesia.

Bersifat Mobile

Usaha kedai kopi kaki lima juga tergolong menguntungkan karena bisa dijalankan via mobile atau berpindah-pindah tempat. Anda bisa menggunakan bicycle coffe, car-coffe, hingga truck coffe untuk menjalankan bisnis ini.

Selain bisa menjangkau berbagai tempat strategis yang ramai, keuntungan yang bisa didapat juga lebih banyak karena bisa langsung mengantarkan kopi pesanan langsung ke pelanggan.

Modal yang Dikeluarkan Lebih Kecil

Tidak perlu memikirkan modal yang besar seperti biaya sewa bangunan dan lain-lain. Hanya butuh kendaraan seperti sepeda, gerobak, mobil, atau truk untuk menjalankannya.

Modal untuk mesin espresso juga bisa dipangkas karena untuk menjalankan usaha kedai kopi kaki lima. Mesin espresso dengan tenaga manual yang tentu jauh lebih murah daripada bertenaga listrik yang menghabiskan biaya yang lebih besar.


Itulah tadi beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menjalankan bisnis kopi kaki lima. Semoga informasinya bermanfaatya sobat PTD!

Baca juga: Ini Dia 12 Jenis Minuman Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu

Penulis: Novita Awalia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://majalah.ottencoffe.co.id/bisnis-kedai-kopi-kaki-lima-kenapa-tidak/
  • https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/modal-usaha-kedai-kopi/

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.