membuat kopi tubruk

Hai sobat PTD, apakah kamu tertarik untuk membuat kopi tubruk sendiri di rumah? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Apakah Anda penggemar kopi tubruk? Semakin berkembangnya industri kopi di dunia, maka semakin banyak pula ragam variasi olahan kopi yang dihadirkan.

Bagi para pecinta kopi, menikmati sajian kopi nikmat dari barista memang tiada duanya. Namun untuk bisa merasakan secangkir kopi nikmat, Anda tidak perlu jauh-jauh mencari barista di café atau tempat lain.

Dengan berbekal latihan yang sesuai, bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi home barista yang bisa membuat aneka sajian kopi yang sangat nikmat.

Apa itu Kopi Tubruk?

Dari berbagai jenis variasi racikan kopi yang hadir, kopi tubruk merupakan salah satu racikan kopi paling awam dan yang paling sering dihidangkan masyarakat. Pada umumnya, kopi tubruk dihidangkan dengan gula.

Namun pada kedai kopi, Anda biasanya akan mendapati seduhan kopi tubruk tanpa gula. Racikan ini juga memiliki banyak peminat karena konsumen bisa merasakan karakter kopi secara langsung.

Hal yang Diperhatikan Ketika Membuat Kopi Tubruk

Jika Anda ingin mempelajari teknik pembuatan kopi ala barista secara sederhana, salah satu varian sajian kopi yang mudah untuk dicoba adalah kopi tubruk.

Jika dilihat secara sekilas, membuat kopi tubruk mungkin terlihat mudah karena hanya tinggal mencampurkan bubuk kopi dan air.

Namun tahukah Anda, untuk bisa menghasilkan kopi tubruk yang nikmat, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja itu? ini dia ulasannya:

Baca Juga: Pak Imam, Pengusaha Kopi Cimbang Sinabung

Perbandingan Air dan Biji Kopi

Pembuatan kopi tubruk yang nikmat tentu sangat ditentukan dengan perbandingan air dan biji kopi yang digunakan. Anda bisa menggunakan rasio 1:10 atau 1:12 untuk membuat kopi tubruk.

Walaupun begitu, rasio air dan biji kopi sebenarnya bisa diubah sesuai dengan selera Anda. Untuk jenis cangkirnya, Anda bisa menggunakan jenis cangkir 140 ml dengan takaran bubuk kopi sebanyak 15 gram.

penyeduhan kopi tubruk
otcdigest.id

Pemilihan Jenis Kopi

Bagian terpenting lain yang harus diperhatikan ketika akan membuat kopi tubruk adalah pemilihan jenis kopi. Biasanya kopi tubruk dihidangkan dengan menggunakan bubuk kopi siap pakai.

Namun jika Anda ingin mendapatkan kesegaran kopi, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan biji kopi utuh yang baru digiling.

Pastikan juga biji kopi yang digunakan merupakan biji yang masih fresh. Gunakan biji kopi sangria yang telah disimpan lebih dari 2 bulan.

Anda juga disarankan untuk memiliki mesin penggiling sendiri, sehingga seduhan kopi yang dihasilkan memiliki aroma yang fresh dan mampu mengeluarkan karakteristik khasnya.

Baca Juga: Kopi Rengganis, Kopi Manis dari Bumi Nusantara

Suhu Air Panas

Untuk bisa mendapatkan kopi tubruk yang nikmat, maka Anda harus memperhatikan kisaran suhu air panas yang digunakan. Kopi tubruk biasanya menggunakan air panas dengan suhu sebesar 92-96˚C.

Penggunakan air panas dengan suhu yang sesuai akan membuat bubuk kopi bisa terekstrasi dengan baik.

Untuk bisa mendapatkan suhu yang tepat, Anda bisa menggunakan thermometer. Namun jika tidak punya, gunakan air panas yang mulai mendidih.

kopi tubruk
majalah.ottencoffee.co.id

Teknik Penuangan Air

Setelah suhu air yang tepat didapat, langkah selanjutnya adalah melakukan teknik penuangan air yang benar. Secara umum, ada berbagai macam gaya yang digunakan untuk menuangkan air panas.

Anda bisa menuangkan air panas dari bagian tengah ke permukaan atau menuangkan air panas dari sisi pinggir cangkir hingga air langsung mengenai bagian bawah bubuk kopi.

Waktu Penyeduhan

Agar hasil seduhan yang dihasilkan mampu mengeluarkan karakteristik dan aroma terbaiknya, maka waktu penyeduhan yang tepat juga harus diperhatikan. Proses penyeduhan kopi yang baik membutuhkan waktu sekitar 4 menit.

Tambahan triknya, ketika akan memulai penyeduhan, Anda bisa membasahi bubuk kopi selama 30 detik terlebih dahulu. Proses ini penting dilakukan agar bubuk kopi mampu mengeluarkan gas-gas yang terkandung didalamnya.


Itulah tadi beberapa cara yang harus diperhatikan untuk bisa membuat kopi tubruk yang nikmat. Selain mudah dipraktekkan, membuat kopi ala barista juga akan membuat hasil seduhan kopi menjadi lebih khas dan berbeda dari biasanya. Jadi tertarik untuk mencobanya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 6 Jenis Kopi yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://kopikopikopi.com/4menit-cara-membuat-kopi-tubruk-enak/
  • https://majalah.ottencoffee.co.id/cara-buat-kopi-tubruk-di-rumah/

Sumber gambar utama: coffindo.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.