menanam pohon turi

Bagi kamu yang tertarik untuk menanam pohon turi sebagai pakan ternak. Yuk, jadiin artikel ini sebagai panduannya, PTD akan berbagi 5 langkah pembuatannya.

Pohon turi merupakan salah satu tanaman dengan umur yang singkat dengan ketinggian mampu mencapai 10 – 12 m. Pohon ini memiliki beragam fungsi mulai dari batang, daun, bunga, dan akar.

Beberapa masyarakat lokal pun memanfaatkan daun pohon turi sebagai pakan ternak karena memilki kandungan nutrisi yang tinggi.

Keunggulan daun pohon turi sebagai pakan ternak ialah mengandung kadar protein sekitar 36 %, namun dalam bentukan tepung dengan kadar protein 27 % dan serat kasar 14 % yang dipercaya lebih baik dibandingkan dengan kalandra, lamtoro dan pohon gamal.

5 Langkah Menanam Pohon Turi

Tidak heran banyak yang mulai memberdayakan pohon ini sebagai penyuplai pakan ternak. Bagi kamu yang tertarik untuk memulai menanam pohon turi, simak artikel berikut ini:

Baca Juga: 5 Tips Budidaya Indigofera untuk Dijadikan Pakan Ternak

Persiapan Lahan

Budidaya pohon turi mungkin akan membutuhkan lahan yang cukup luas apalagi bila tujuan Anda untuk memanfaatkannya sebagai pakan ternak.

Namun untuk pemeliharaan beberapa ternak saja, Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah, kebun, dan sawah. Pohon ini baik ditanam pada dataran rendah dan tidak baik pada ketinggian 1.500 mdpl.

Penyiapan lahan untuk penanaman pohon turi dilakukan dengan membuat lubang pada area tanam pohon turi. Buatlah lubang dengan ukuran 1 × 1 m dengan kedalaman 50 cm.

Lalu masukkan pupuk kandang dan sekam padi lalu biarkan selama 2 – 3 minggu sebelum melakukan penanaman pohon turi sehingga nutrisi semuanya terserap dengan sempurna.

lahan tanam pohon turi
www.youtube.com

Bibit Pohon Turi

Bibit pohon turi dapat diperoleh dari pohon turi secara langsung. Anda bisa menerapkan bibit dengan cara setek batang dan dengan menanam memanfaatkan biji yang diperoleh dari pohon turi yang telah mengering.

Untuk skala lahan yang lebih besar kami menyarankan Anda untuk memanfaatkan biji sebagai bahan dasar bibit. Biji yang diperoleh kemudian diseleksi, gunakan benih yang terbaik dengan merendamnya terlebih dahulu.

Bibit yang baik kemudian disemai pada polybag yang tersedia. Gunakan media persemaian dengan komposisi pupuk kompos, tanah dan pasir. Bibit akan dipindahkan pada lahan setelah bibit mencapai ketinggian 30 – 40 cm.

Proses penanaman pohon turi dilakukan dengan cara menanam dengan tegak lurus pada lubang yang sebelumnya telah dibuat. Sebaiknya penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari dengan memperhatikan kelembaban tanah.

Baca Juga: Memanfaatkan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Perawatan Pohon Turi

Dalam merawat pohon turi tidak membutuhkan usaha yang terlalu ekstra namun anda tetap harus memperhatikan aspek penting dalam usaha bercocok tanam.

Pada kondisi ekstrim misalnya, mungkin Anda akan lebih sering untuk menyiram rutin sehingga kebutuhan nutrisi tercukupi.

Pada bulan pertama lakukan pemupukan pada pohon turi dengan memanfaatkan pupuk kompos atau pupuk kandang lalu lakukan setiap bulan sekali.

Lakukan pembersihan gulma sehingga pohon turi bisa lebih subur, anda bisa melakukannya sekali dalam waktu 3 bulan. Pada tahapan akhir, Anda perlu melakukan pemangkasan terkait dengan hama yang menyerang pohon turi.

Selain itu, pemangkasan bertujuan untuk membuat pohon menjadi tumbuh lebih cepat besar dan memiliki batang yang menghasilkan daun pohon turi yang lebih lebat.

Turi
faunadanflora.com

Panen Pohon Turi

Proses pemanenan pohon turi sebagai pakan ternak lebih sering dimanfaatkan bagian daunnya. Anda hanya perlu mengambil batang pohon turi lengkap dengan daunnya yang rimbun dengan memetik secara langsung.

Pemanfaatan Pohon Turi sebagai Pakan Ternak

Pemanfaatan pohon turi sebagai bahan pakan ternak telah lama dilakukan utamanya untuk mendapatkan hijauan yang kaya akan nutrisi dan protein yang tinggi.

Biasanya ternak kambing merupakan yang dominan mendapatkan pakan daun pohon turi namun domba dan sapi juga cukup sering. Proses pemberian pakan daun pohon turi dilakukan dengan bentukan segar atau dalam bentukan tepung.

Daun dari pohon turi dapat dikeringkan guna untuk mengurangi kandungan zat antinutrisi di dalamnya (saponin) selain itu memperlama daya simpan dan lebih mudah dibentuk menjadi tepung daun pohon turi.


Itulah tadi 5 langkah menanam pohon turi sebagai pakan ternak. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Panduan Ternak Ulat Kandang untuk Pakan Burung

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • Anonym. 2019. Cara Budidaya Pohon Turi untuk Pakan Ternak. Diakses dari :  https://www.pertanianku.com/cara-budidaya-pohon-turi-untuk-pakan-ternak/
  • Anonym. 2015. Pohon Turi sebagai Pakan Ternak. Diakses dari : https://www.peternakankita.com/pohon-turi-sebagai-pakan-ternak/
  • Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. 2019. Cara Budidaya Pohon Turi untuk Pakan Ternak. Diakses dari : http://distan.jabarprov.go.id/distan/blog/detail/4572-cara-budidaya-pohon-turi-untuk-pakan-ternak

Sumber gambar utama: dairyfeed.ipb.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.