5 Tips Mudah Ternak Ikan Tombro Bagi Pemula

Mau tau cara ternak ikan tombro? Pak Tani Digital akan memberikan informasi berternak ikannya dengan mudah. Berikut ulasannya!

Ternak Ikan Tombro

ikan tombro
bahasikan.com

Ikan tombro merupakan jenis ikan tawar yang seringkali dijual di pasaran, karena ikan ini memiliki cita rasa yang gurih saat dikonsumsi.

Maka jangan heran jika jenis ikan ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bahkan, banyak pemula yang mencoba untuk membudidayakan ikan ini.

Namun ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan, untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan 5 tips mudah membudidayakannya :

Baca juga: Tahap Mudah Budidaya Ikan Gabus Bagi Pemula

Persiapan Kolam

Pada dasarnya ikan tombro berkembang di perairan waduk, danau, dan sungai dengan ketinggian 150-600 mdpl, dengan suhu sekitar 20-25 derajat Celcius.

Untuk membudidayakannya, harus siapkan kolam yang sesuai dengan jenis ikan tersebut. Kedalaman kolam ikan yaitu sekitar 0,75 m, bisa membuat kolam beton, kolam air deras, dan kolam kantong

Kualitas air diperhatikan agar tidak mudah terkontaminasi dengan zat kimia, ikan ini membutuhkan pH air 6-8 dengan kadar oksigen yang cukup dan suhu sekitar 24-30 derajat Celcius.

Air yang berada pada kolam ikan tombro harus tenang dan tidak deras, serta memiliki sirkulasi air yang baik.

Pemijahan Ikan Tombro

Pemijahan jenis ikan tombro dilakukan dengan cara merangsang ikan secara alami, lalu membentuk habitat yang sesuai dengan lingkungan perairannya.

Pemijahan bisa dilakukan di kolam atau bak yang berisi air sekitar 75-100 cm. Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk pemijahan ikan diantaranya sebagai berikut,

  • Pasang hapa yang sudah diberi beban berat agar tidak mengapung pada kolam dengan dimensi 4 m x 3 m x 1 m
  • Pasang kakaban seperti ijuk yang dijepit bambu di lokasi pemijahan dengan dimensi 1,5 m x 0,4 m
  • Masukkan induk ikan betina dan jantan dengan perbandingan 3:1
  • Setelah pemijahan dilakukan, pindahkan induk ikan ke kolam yang berbeda.

Telur yang sudah berumur 4 hari akan menetas menjadi larva, Anda harus memberikan makanan berupa pelet, kutu air, dan kuning telur yang direbus. Setelah 5 hari, larva siap dipindahkan ke dalam kolam pembenihan.

Pemeliharaan Ikan Tombro

ikan tombro
bahasikan.com

Baca juga: Keuntungan Serta Cara Budidaya Ikan Tuna

Pemeliharaan ikan tombro dilakukan dalam kurun waktu sekitar 3-4 bulan, di kolam yang sudah disediakan. Air kolam yang sesuai bisa mempercepat pertumbuhan dan mempengaruhi nafsu makan ikan tersebut. Jangan lupa memberikan filterisasi untuk memaksimalkan oksigen dalam kolam.

Pemberian Pakan

Ikan tombro merupakan jenis hewan omnivora atau pemakan segala, baik berupa nabati maupun hewani seperti cacing, lumut, ganggang, sayuran serangga, dan lainnya.

Pemberian pakan harus dilakukan secara teratur, yaitu 3 kali dalam sehari. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk memberi makan, karena terdapat sinar matahari yang mampu meningkatkan oksigen dalam tanaman air.

Hasil Panen

Setelah melakukan pembibitan selama 3-4 bulan, Anda sudah bisa mendapatkan hasil panen ikan tombro.


Itulah cara untuk membudidayakan ikan tombro dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Teknik Dan Tips Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • https://www.pertanianku.com/tata-cara-budidaya-ikan-tombro-untuk-pemula/
  • http://www.pertanianku.com/cara-sederhana-budidaya-ikan-tombro/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.