Mengenal Lebih Dekat Kelebihan Padi Organik

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenal lebih dekat kelebihan padi organik.

Padi Organik

Pengertian Padi Organik

picabay.com

Baca Juga : Apa Manfaat Bakteri Dalam Pupuk Organik Cair GDM Untuk Pertanian?

Kesadaran akan bahaya yang ditimbulkan oleh pemakaian bahan kimia sintetis dalam pertanian menjadikan pertanian organik menarik perhatian baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Kebanyakan konsumen akan memilih bahan pangan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan sehingga mendorong meningkatnya permintaan produk organik.

Pertanian Padi Organik mempunyai arti kegiatan usaha tani Padi secara menyeluruh dan proses produksi sampai proses pengolahan hasil yang dikelola secara alami dan ramah lingkungan tanpa penggunaan bahan kimia sintetis dan rekayasa genetik sehingga menghasilkan produk yang sehat dan bergizi.

Suatu usaha tani padi bisa dikatakan Padi Organik apabila telah mencapai Kriteria :

1). Lokasi, lahan dan tempat penyimpanan harus terpisah secara fisik dengan batas alami dari pertanian non organik.

2). Masa konversi lahan dari pertanian non organik menjadi pertanian organik diperlukan waktu 12 bulan untuk tanaman musiman dan 18 bulan untuk tanaman tahunan.

3). Bahan tanaman (benih/bibit) bukan berasal dari hasil rekayasa genetika dan tidak diperlukan dengan bahan kimia sintetik ataupun zat pengatur tumbuh.

4). Media tumbuh tidak menggunakan bahan kimia sintetik.

5). Perlindungan tanaman tidak menggunakan bahan kimia sintetik, tapi berupa pengaturan sistem tanam/pola tanam, pestisida nabati, agen hayati, dan bahan alami lainnya.

6). Pengelolaan produksi harus terpisah dari produk non organik dan tidak menggunakan bahan yang mengandung additive.

Prospek pertanian organik dimasa mendatang mempunyai peluang usaha yang sangat baik dan cerah, karena secara faktual ketersedian lahan cenderung menurun, kesadaran konsumen untuk mengkonsumsi sumber makanan yang sehat dan bergizi semakin meningkat.

Konsumen yang baik bukan hanya memperhatikan porsi yang ideal dan makanan yang baik dan sehat saja akan tetapi turut memperhatikan dan peduli tentang suatu proses produksi dan dampak-dampaknya.

Kelebihan Padi Organik

pixabay.com

Baca Juga : Teknik Pasca Panen Padi Yang Baik

Hasil produksi dari pertanian organik ternyata lebih bermutu dibanding dengan budidaya pertanian biasa. Beberapa kriteria yang mempunyai nilai lebih antara lain rasa nasi lebih enak, lebih awet disimpan, warana lebih menarik dan pasti lebih sehat karena tidak mengandung residu bahan-bahan kimia.

Produk pertanian yang tidak mengandung residu bahan kimia berbahaya disukai konsumen saat ini dan masa mendatang, karena masyarakat yang telah memahami tentang kesehatan akan memilih dan mengkonsumsi makanan yang tidak merugikan kesehatan tubuh.

Dalam proses penerapan budidaya pertanian organik memang agak sulit dibandingkan dengan budidaya biasa yang menggunakan bahan kimia (anorganik).

Untuk itu orang yang akan mengembangkan pertanian organik harus mempunyai jiwa juang dan cinta terhadap lingkungan dan semua isi alam.

Harus mengenal alam dimana dia berada, mengembangkan cara-cara bertani yang sesuai dengan keadaan alam setempat, mengenali dan mengembangkan sumber-sumber daya yang ada di sekitarnya.

Jika dibandingkan dengan beras non organik, beras organik memiliki beberapa kelebihan di antaranya:

  • Saat dimasak, beras organik terasa lebih pulen.
  • Nasi tidak cepat basi. Tahan hingga 24 jam.
  • Volume lebih banyak dibandingkan dengan beras non organik.

Selain memiliki beberapa keunggulan di atas, mengkonsumsi beras organik akan memberi manfaat bagi tubuh, antara lain:

Dengan mengkonsumsi beras organik akan mengurangi kadar urea dalam darah yang selama ini telah menumpuk karena kebiasaan mengkonsumsi beras yang dipupuk dengan urea.

Dapat mengurangi kadar logam berat dalam darah karena penggunaan insektisida kimiawi. Hal inilah yang dapat mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit berbahaya yang pada dasa warsa terakhir banyak diderita oleh masyarakat.

Beras organik memiliki kandungan nutrisi dan mineral tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sehingga aman dan sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Beras organik baik untuk program diet, mencegah kanker, serangan jantung, asam urat, darah tinggi dan vertigo.


Itulah informasi mengenai mengenal lebih dekat kelebihan padi organik. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

 

Baca Juga : Kembangkan Pertanian Organik Untuk Petani Majalengka

Sumber : Liputan 6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.