Apa Benar Minum Kopi Bisa Membuat Kurus ?

Apakah kalian tau kopi bisa membuat kurus? Bagaimana caranya? Pak Tani Digital akan memberikan informasinya. Berikut ulasannya!

Keunggulan Kopi

minum kopi
pixabay.com

Memiliki berat badan tubuh diatas normal tentu membuat banyak orang menjadi kurang percaya diri. Oleh karena itu tak heran jika berbagai untuk bisa menurunkan berat badan mulai ramai diperbincangkan.

Tahukah Anda jika ada satu cara mudah dan simpel yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan berlebih? Ya, minum kopi!

Sepintas memang terdengar kurang meyakinkan. Namun nyatanya kopi mengandung zat kafein yang tidak hanya memberikan efek segar pada tubuh namun juga mampu membantu menguruskan badan.

Hal ini tentu sangat bermanfaat karena Anda bisa menguruskan badan dengan mudah. Lalu bagaimana caranya kopi mampu membantu menurunkan berat badan? Ini dia penjelasannya

Baca juga: Ini Dia Cara Sangrai Biji Kopi di Rumah Dengan Mudah

Bagaimana Kopi Bisa Membantu Menguruskan Badan?

Bahan yang terkandung didalam secangkir kopi memiliki berbagai zat penting antara lain kafein, chlorogenic acid, theobromine, serta theophylline. Dari ketiga zat tersebut, kafeinlah yang paling banyak diteliti oleh para ahli.

Kafein memiliki manfaat yang diberikannya. Kopi dapat membantu menguruskan badan karena kafein yang terkandung didalamnya dapat menguraikan lemak pada tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Kopi Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

minum kopi
pixabay.com

Baca juga: Kopi Instan, Apa Saja Alasan untuk Tidak Mengonsumsinya?

Tahukah Anda walaupun kita tidak sedang beristirahat dan tidak melakukan berbagai aktivitas berat, tubuh tetap membakar kalori? Hal ini dikenal dengan istilah Resting Metabolic Rate (RMR). Semakin tinggi nilai RMR, maka semakin mudah pula tubuh membakar kalori.

Menurut beberapa penelitian, kafein sendiri mampu meningkatkan nilai RMR hingga 11% yang mampu memicu peningkatan metabolism tubuh untuk membakar kalori.

Menariknya lagi, efek ini akan semakin terasa bila minum kopi dilakukan bersamaan dengan peningkatan aktivitas pembakaran lemak seperti olahraga. Oleh karena itu tak heran jika meminum kopi sebelum olahraga sangat bagus untuk menguruskan badan.

Namun disisi lain efek kafein ini tidak berpengaruh pada orang yang telah mengalami obesitas. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, tidak hanya minum kopi saja, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahrga yang rutin setiap hari. 

Kopi Mampu Menguraikan Lemak Tubuh

Ketika minum kopi maka kafein yang terkandung didalamnya akan langsung bekerja didalam tubuh. Kafein sendiri memiliki peran sebagai stimulant sistem syaraf pusat.

Stimulan dari kafein ini yang nantinya akan merangsang syaraf pusat untuk mengirimkan sinyal langsung menuju jaringan lemak untuk menguraikan dan memecah lemak pada tubuh.

Kafein membantu merangsang sistem syaraf dengan cara meningkatkan hormone epinephrine yang ada didalam darah. Ephinephrine yang telah ditingkatkan lalu menyebar ke seluruh jaringan lemak didalam tubuh melalui aliran darah.

Hormon inilah yang nantinya memberikan “perintah” ke jaringan lemak untuk memisahkan diri dan tidak mengendap terlalu lama didalam tubuh.


Itulah informasi mengenai kopi yang dapat menguruskan tubuh. Semoga informasi bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ini Dia Alasan Kenapa Wanita Harus Minum Kopi

Penulis: Vita Awalia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • https://majalah.ottencoffe.co.id/kenapa-kopi-bisa-bikin-kurus/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.