pertanian organik

Mau tau informasi mengenai pertanian organik di Majalengka? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pertanian Organik

Potensi Pertanian Daerah Majalengka

pertanian organik
wartanasional.com

Baca juga: Potensi Lampung Untuk Menjadi Lumbung Ternak

Pertanian organik tidak dapat dipisahkan dengan dimensi ekonomi, lingkungan dan sosial. Pertanian organik tidak hanya sebatas meniadakan penggunaan input sintetis.

Tetapi juga pemanfaatan sumber-sumberdaya alam secara berkelanjutan, produksi makanan sehat dan menghemat energi.

Aspek ekonomi dapat berkelanjutan bila produksi pertaniannya mampu mencukupi kebutuhan dan memberikan pendapatan yang cukup bagi petani.

Kesadaran akan bahaya yang ditimbulkan oleh pemakaian bahan kimia sintetis dalam pertanian menjadikan pertanian organik menarik perhatian baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Kebanyakan konsumen akan memilih bahan pangan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan sehingga mendorong meningkatnya permintaan produk organik.

Hal ini juga dilakukan oleh Kepala Desa Heuleut, Kecamatan Leuwimunding, Andri SP yang akan mengembangkan pertanian organik di wilayahnya.

Keinginannya diawali berdasarkan pengalaman bekerja di perusahaan bidang pertanian organik sejak 2012 sudah mengembangkan potensi pertanian berbasis organik.

Di antaranya Madura dan NTT dan ingin potensi itu juga dimiliki oleh tempat kelahirannya.

Sebagian besar penduduk di daerah tersebut pekerjaannya adalah berpetani dan Majalengka dan khususnya Leuwimunding memiliki potensi yang besar terutama di bidang pertanian.

Untuk itu perlu dilakukan terobosan dan upaya untuk mengembangkan potensi tersebut, jangan ada yang disia-siakan jika memang bisa untuk dikembangkan.

Pengembangan Potensi Pertanian

pertanian organik
rri.com

Baca juga: Sentra Pisang Cavendish Banyuwangi Berpotensi Ekspor

Mengembangkan potensi tersebut bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, hal ini dikarenakan masyarakat harus diberikan pemahaman dan mengubah paradigma dari pestisida ke organik tentang pola serta teknik dan jenis tanaman.

Dengan menjelaskan pertanian berbasis organik memiliki banyak manfaat baik bagi media tanam hingga jenis pertanian tersebut. Namun selama ini masyarakat masih berpatokan kepada jenis tanaman padi dan hortikultura.

Beberapa tanaman bisa padi, jagung, kacang-kacangan, hortikultura itu bisa dijadikan media atau objek yang akan dikembangkan.

Dengan memanfaatkan pupuk kandang yang akan keluar jamur dari bahan baku setelah di ekstrak. Namun hal yang paling sulit adalah mengembalikan kepercayaan masyarakat setempat.

Namun, infrastruktur di berbagai wilayah di Majalengka memang sudah dinilai layak dan tersisa beberapa titik lagi dan untuk kedepannya pengembangan potensi terutama SDM akan terus dilakukan.

Dengan memberikan sebuah contoh yang mulai dikembangkan di tanah bengkok desa. Dari luasan sekitar 18 hektare, sebagiannya ada lahan yang tidak digarap hingga sampai dilelang tidak laku.

Sehingga ini bisa membuat petani tidak hanya menanam padi setiap tahunnya, masih banyak tanaman holtikultura yang dapat ditanama sehingga tidak ada petani yang harus melelang lahannya.


Itulah informasi mengenai pengembangan pertanian organik di Majalengka. Semoga informasi yang diberikan dpaat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Tunjukkan Potensi Daerah dari Bandung Barat

Sumber: Radarmajalengka.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.