Potensi Lampung Untuk Menjadi Lumbung Ternak

Mau tau informasi mengenai potensi Lampung menjadi lumbung ternak? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Lampung Menjadi Lumbung Ternak

Potensi Daerah Lampung

lumbung ternak
kupastuntas.com

Baca juga: Sentra Pisang Cavendish Banyuwangi Berpotensi Ekspor

Lampung dinilai berpotensi untuk berkontribusi signifikan dalam mengatasi salah satu masalah besar nasional di bidang pangan, yaitu defisit daging sapi yang terus membesar.

Lampung memang daerah yang sangat layak untuk pengembangan agribisnis sapi potong.

Kelayakan ini menjadi daya tarik khusus, sehingga hampir semua perusahaan besar penggemukan sapi berinvestasi di Lampung.

Seluruh wilayah di Provinsi Lampung bisa menjadi lokasi peternakan, baik unggas, kambing, kerbau maupun sapi karena didukung lahan serta tumbuhan hijauan untuk pakan.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau langsung pembibitan Kambing Saburai dalam kunjungan kerja ke UPTD Balai Pembibitan Ternak Kambing Dinas Peternakan Provinsi Lampung, Negeri Sakti, Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran

Berdasar pada data BPS bahwa subsektor peternakan memiliki prospek cerah, target itu diperkuat dengan nilai tukar petani (NTP) untuk subsektor peternakan (NTP-Pt) yang selalu positif dan meningkat.

Populasi ternak sapi perah di Lampung pada 2018 sebanyak 763 ekor dan pada 2019 sebanyak 816 ekor.

Sedangkan populasi ternak sapi potong pada 2018 pada 2018, yakni 827.217 ekor dan pada 2019 sebanyak 819.571 ekor.

Lampung merupakan salah satu provinsi penyuplai ternak sapi untuk Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Jawa Barat, hingga Aceh. Terdapat dua belas perusahaan penggemukan sapi potong dengan kapasitas kandang 117.700 ekor.

Dorongan Pemerintah

lumbung ternak
newslampungterkini.com

Baca juga: Potensi Indonesia Ekspor Terbesar Ikan Tuna

Peternakan di Lampung diharapkan dapat mandiri dan mengejar berbagai target mewujudkan Lampung sebagai lokomotif pertanian, termasuk menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak Indonesia.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung juga terus memaksimalkan bantuan sapi sebanyak 1.000 ekor yang diberikan Pemerintah Pusat

Yang akan dikembangkan karena lampung dipercaya memiliki potensi, terlebih Lampung memiliki terobosan teknologi pengolahan pakan ternak dengan memanfaatkan limbah batang singkong.

Program Pemerintah

Berbagai program yang dijalankan pemerintah sangat mendorong peningkatan sektor peternakan, baik telur unggas maupun daging unggas dan hewan lainnya seperti sapi dan kambing.

Untuk terus mendorong hal tersebut, maka mesti ada model kerja sama yang tepat. Khusus sapi, model kemitraan pembiakan sapi brahman cross mesti saling menguntungkan.

Lampung makin menarik bagi investor karena ternak dan ketersediaan pakan tersedia dengan baik di wilayah Lampung. Pangan sapi sangat menarik bagi vcinvestor karena sapi produksi Lampung bisa dikategorikan sapi sehat.

Maka, semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat mesti bersinergi dengan baik untuk mendorong investasi khususnya kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Investasi tersebut mesti bisa menyebar ke seluruh wilayah Lampung. Hal itu demi mendorong terjadi peningkatan di sektor peternakan dan  investasi dalam negeri segala jenis usaha dan menjadi motor penggerak perekonomian.

Investasi ini juga diharapkan mampu menyerap tenaga kerja, memiliki nilai tambah, transfer teknologi, mampu menciptakan substitusi impor di bidang peternakan.

Semua upaya itu juga diharapkan berdampak kepada peternak secara khusus untuk pendapatan asli daerah (PAD) Lampung yang defisit.

Sebagaimana sektor pertanian yang diakui secara nasional, maka sektor peternakan pun diharapkan menjadi salah satu andalan Lampung ke depan.


Itulah informasi mengenai potensi daerah Lampung. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Tunjukkan Potensi Daerah dari Bandung Barat

Sumber: Lampungpost.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.