agribisnis

Banyak orang yang masih memandang sebelah mata peluang usaha agribisnis. Padahal jika ditekuni secara serius, usaha agribisnis memberikan banyak sekali keuntungan. Karena pesaingnya yang masih minim serta peluang pasarnya yang besar, maka Anda bisa memulai bisnis ini segera.

 

agribisnis

Jenis-Jenis Usaha Agribisnis

Untuk bisa menjalankan beragam peluang usaha agribisnis tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Anda bisa mengeluarkan modal sesuai dengan kemampuan terlebih dahulu. Yang paling utama, selalu tekun dan perkaya pengetahuan seputar bidang bisnis yang Anda geluti.

Sebagai ide untuk mulai usaha, ini dia beberapa contoh usaha agribisnis yang bisa mulai dijalankan dengan modal yang minim.

Baca Juga: Beberapa Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan
  1. Bisnis Bonsai

 

bonsai

Tanaman bonsai selalu memiliki penggemar dan pecintanya tersendiri. Memulai usaha atau bisnis tanaman bonsai tentu bisa dilakukan dengan modal minim. Jika hasil bonsai yang Anda jual memiliki bentuk yang sangat indah, harga jualnya tentu aka melejit.

Modal utama yang wajib Anda miliki ketika memulai usaha ini adalah ketrampilan dan seluk beluk mendalam terkait tanaman bonsai. Agar akar dan batangnya dapat terbentuk dengan indah, maka ada perawatan khusus yang harus dilakukan.

Anda bisa mempelajarinya dengan orang yang lebih ahli atau belajar secara otodidak terlebih dahulu untuk bisa memahami seluk beluk perawatan dan penanaman tanaman bonsai.

 

  1. Bisnis Kaktus Hias

kaktus

Akhir-akhir ini tanaman kaktus hias sangat digemari oleh masyarakat terutama masyarakat perkotaan. Hal ini dikarenakan, kaktus hias memiliki bentuk yang mini dan sangat uni sehingga sangat cocok diletakkan sebagai pemanis ruangan. Selain itu, kaktus hias juga banyak digunakan sebagai souvenir pada berbagai macam perayaan.

Tingginya permintaan masyarakat terhadap kaktus hias tentu bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha agribisnis yang menguntungkan.

 
  1. Bisnis Sayuran Kemasan

 

Jika Anda berbelanja ke swalayan atau supermarket, pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur kemasan yang dijual disana. Dibandingkan dengan jenis sayuran yang dijual di warung atau pasar tradisional, harga sayur kemasan tentu jauh lebih mahal.

Bisnis sayuran kemasan tentu sangat menjanjikan karena masyarakat perkotaan lebih menyukai sayuran siap guna yang sudah dibersihkan, dipotong, dan dikemas dengan rapi. Anda bisa menjual sayuran kemasan dengan beragam varian isi, baik seperti sayur sop dengan isisan wortel, kentang, dan brokoli, hingga jenis sayur lainnya.

Untuk meningkatkan penjualan, bekerja samalah dengan swalayan atau supermarket terdekat. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas dan pelayanan sehingga pelanggan Anda semakin bertambah.

  1. Bisnis Boneka Potty

Boneka potty merupakan jenis bonek yang dibuat dengan bahan dasar serbuk kayu. Boneka ini dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa membentuk pot dan digunakan untuk menanam tanaman. Bagi Anda yang memiliki jiwa seni dan kreatifitas tinggi, maka menjalankan bisnis bonek potty tentu sangat menguntungkan.

Selain bisa dijual langsung sebagai pot penanaman, boneka potty juga bisa digunakan sebagai hadiah souvenir pada berbagai macam perayaan karena memiliki bentuk yang sangat lucu.

  1. Bisnis Tanaman Hias Hidrogel

hidrogel

Bisnis tanaman hias hydrogel ini bisa Anda manfaatkan terutama pada pasar masyarakat perkotaan yang menginginkan tanaman hias namun tidak memiliki media tanam atau tanah untuk membudidayakannya.

Hampir sama dengan sistem hidroponik tanpa tanah, namun tanaman hias hydrogel sendiri lebih simpel karena Anda hanya membutuhkan media gel saja,

Karena memiliki warna-warni yang sangat unik, maka menanam tanaman hias dengan media ini akan membuat tanaman terlohat semakin menarik.

Beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan hydrogel antara lain aglonema, rumput hias, Anthurium sp. serta masih banyak lagi.

 

  1. Bisnis Sayuran Hidroponik

Permintaan sayuran di masyarakat perkotaan semakin tinggi. Namun sayangnya, menanam sayuran di kota sangatlah sulit karena lahan yang terbatas. Oleh karena itu, Anda bisa memulai bisnis usaha sayur hidroponik untuk memenuhi permintaan sayur masyarakat perkotaan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah dan menggunakan berbagai jenis benda yang mudah ditemukan untuk mulai melakukan penanaman.

Baca Juga: Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Beserta Analisis Usahanya 

 

  1. Bisnis Bunga Potong

Bisnis bunga potong juga termasuk kedalam salah satu jenis usaha yang menjanjikan karena permintaannya yang tinggi baik sebagai bahan dekorasi ruangan ataupun hadiah perayaan wisuda dan lain sebagainya.

Satu tangkai bunga potong biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp.20 ribu. Hal ini tentu sangat menguntungkan terutama jika bunga yang Anda budidayakan berkualitas tinggi.

Itulah tadi beberapa jenis peluang usaha agribisnis modal minim yang bisa dilakukan dari rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Selamat berbisnis!

 

Baca Juga: Peluang Usaha Berjualan Sayur di Tengah Pandemi

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

 

https://goukm.id/peluang-usaha-agribisnis-2017/

https://www.investasiuntung.com/2017/10/bisnis-pertanian-cepat-untung-laris.html?m=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.