8000 Kartu Tani Di Bandung Barat Sudah Didistribusikan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bandung Barat melaporkan saat ini baru bisa mendistribusikan 8000 kartu tani untuk petani.

Namun hal ini masih jauh dari jumlah petani yang didata oleh Sistem Penyuluhan Pertanian. Sebab jumlah petani yang sudah tergabung dalam kelompok tani hanya berjumlah 28.000 petani dari 40.000 orang yang tercatat dalam KBB.

Baca Juga : Pangan Murah Petani Sejahtera, Benarkah?

Sementara itu jumlah kartu tani yang dicetak baru 11.000 keping dan baru 8000 kartu tani saja yang sudah didistribusi. Lebih lagi, kartu yang sudah dibagikan tersebut belum bisa digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi ujar Asep Sofyan selaku Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional DPKP KBB. (Kamis,8/8/2019).

Apa Saja Syarat Untuk Mendapatkan Kartu Tani?

Menurut Asep, salah satu syarat bagi petani untuk mendapatkan Kartu Tani adalah keikutsertaan dalam kelompok tani. Di KBB tercatat sebanyak 1.865 kelompok tani yang tersebar di berbagai kecamatan.

Adapun syarat lain yang diperlukan untuk mendaftar adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) , petani penggarap dengan lahan tidak melebihi 2 hektar.

Baca Juga : Kreatif! Sodetan Sungai Atasi Kekeringan Oleh Petani Indramayu

Namun DPKP KBB memiliki masalah dalam mencetak dan mendistribusikan Kartu Tani bagi 28.000 petani lain yang sudah tergabung dalam kelompok tani.

“Saya kira untuk tahun ini, belum. Paling yang bisa tercapai, saya menargetkan sekitar 23 ribuan Kartu Tani yang terdistribusi,” ujar dia.

tahun ini baru 8000 kartu tani yang sudah dibagikan kepada petani
Foto : Tahun ini baru 8000 kartu tani yang sudah dibagikan kepada petani di Kabupaten Bandung Barat (Foto oleh SINDONEWS)

Untuk pemanfaatannya sendiri, Asep menuturkan saat ini kartu tani belum dapat digunakan secara langsung. Namun petani masih dapat mendapatkan pupuk bersubsidi dengan menggunakan cara konvensional.

“Kami sedang berusaha melakukan percepatan dan menyinkronkan data dulu. Harapannya, ditargetkan mulai tahun depan Kartu Tani sudah terimplementasikan dan bisa digunakan,” tutur Asep.


Itu lah dia ulasan mengenai 8000 kartu tani yang sudah dibagikan di daerah Kabupaten Bandung Barat. Bagaimana didaerah kamu? Apakah kamu sudah dapat mengakses kartu tani?

Baca Juga : Jambore Nasional 2019, Ajakan Pemuda Tani Indonesia Bagi Petani Muda

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.