Adanya Program Kartu Tani Akan Membantu Para Petani

Berikut informasi dari Pak Tani Digital adanya program kartu tani akan membantu para petani.

Kartu Tani

Apa itu Kartu Tani

pixabay.com

Baca Juga : Mengenal Food Estate Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan

Kartu tani merupakan sarana akses layanan perbankan yang terintegrasi dan berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman, hingga kartu subsidi (e-wallet).

Kartu tani ini berupa kartu debit yang digunakan secara khusus untuk membaca alokasi pupuk bersubsidi dan transaksi pembayaran pupuk bersubsidi dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ditempatkan di pengecer pupuk.

Setiap transaksi penebusan pupuk bersubsidi secara otomatis akan mengurangi alokasi alokasi pupuk bersubsidi dan saldo rekening tabungan yang dimiliki oleh petani.

Kelebihan Kartu tani dibandingkan dengan sistem distribusi pupuk bersubsidi sebelumnya adalah Kartu tani terintegrasi dengan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia (SIMPI).

Kartu tani ini di dalamnya mencantumkan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang berisi data masing-masing anggota kelompok tani, luasan lahan pertanian yang digarap maksimal 2 ha, jenis tanaman, dan alokasi pupuk bersubsidi.

Sistem Kartu tani yang terintegrasi dengan Aplikasi SIMPI tersebut memiliki keunggulan antara lain single entry data, proses validasi berjenjang secara online, transparan, dan multifungsi

Persyaratan bagi petani yang ingin memiliki kartu tani cukup sederhana diantaranya, Petani sudah tergabung dalam daftar RDKK, mengisi data seperti nama lengkap, nomor induk KTP, alamat tempat tinggal, tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung.

untuk persyaratan lainnya nya nanti akan diberikan oleh pihak bank yang dituju untuk kerjasama dalam pembuatan kartu tani.

Kartu Tani Membantu Petani

pixabay.com

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Sayuran Organik Bagi Tubuh

Dengan adanya kartu tani, nantinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi. Langkah ini efektif dalam menyalurkan pupuk subsidi tepat sasaran.

Tidak semua orang dapat memiliki kartu ini. Sebab, ada rangkaian proses yang harus di jalani. Tujuannya agar bantuan subsidi pupuk benar- benar tepat sasara.

Persyaratan utama mendapatkan kartu ini adalah petani harus tergabung dalam kelompok tani. Petani juga harus mengumpulkan fotokopi e-KTP dan tanda kepemilikan tanah, bukti setoran pajak tanah, bukti sewa, atau anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

Adanya kartu tani dapat membantu para petani dari manfaatnya.

1. Kemudahan mendapatkan pupuk subsidi

Dengan memiliki Kartu Tani pertama mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi.

Pupuk merupakan komponen penting dalam sebuah pertanian, maka dari itu ketersediaan pupuk adalah hal mutlak. Dengan adanya Kartu Tani, nantinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi. Langkah seperti ini juga efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran.

2. Penjualan langsung Keuntungan berikutnya,

Petani dapat melakukan penjualan hasil panen tanpa perantara. Ia menjelaskan, kendala yang dihadapi oleh para petani adalah ketika musim panen tiba. Sebab, hasil yang didapat tidak serta merta dapat dinikmati. Alasannya adalah petani terpaksa menjual hasil pertanian kepada par.

3. Pembayaran kredit usaha

Keuntungan lainnya adalah kemudahan pembayaran kredit usaha. Ketika petani mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan selama masa panen, maka dana yang dimiliki bisa digunakan untuk unit usaha lainnya.

Dengan menggunakan Kartu Tani, para petani dapat mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan keuangan yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Kartu Tani ini pun digunakan untuk memverifikasi data para petani ketika melakukan pengajuan pinjaman kredit usaha.

4. Tabungan dan bantuan sosial Selain itu

Dengan memiliki kartu tani maka petani bisa menggunakannya sebagai tabungan dan bisa meminimalisasi kerugian finansial jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Terakhir, manfaat Kartu Tani yang bisa dirasakan oleh para petani ialah kemudahan dalam mendapatkan bantuan sosial maupun subsidi. Terutama untuk bidang pertanian dan beberapa program nasional kementerian terkait.

Kartu Tani ini merupakan wujud nyata upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Kartu ini dirancang untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada petani. Juga memberi kemudahan dan jaminan keamanan bahwa subsidi tidak akan lepas sasaran.


Itulah informasi mengenai adanya program kartu tani akan membantu para petani. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga : Hidroponik Mampu Membantu Menjaga Ketahanan Pangan Keluarga

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.