Apakah Benar Kubis Indonesia Berpotensi Ekspor ?

Berikut informasi dari Pak Tani Digital kubis indonesia berpotensi ekspor.

Sayuran Berpotensi Ekspor

Sayuran

pixabay.com

Baca Juga : Dampak Alih Fungsi Lahan Terhadap Ketahanan Pangan

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal.

Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu.

Sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, digoreng, disangrai, atau dimakan mentah-mentah.

Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan. Sayur merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Sayuran dikonsumsi dengan cara yang sangat bermacam-macam, baik sebagai bagian dari menu utama maupun sebagai makanan sampingan.

Kandungan nutrisi antara sayuran yang satu dan sayuran yang lain pun berbeda-beda, meski umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam.

Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun.

Salah satunya adalah tanaman kubis, Kubis atau kol sebenarnya merupakan tanaman semusim atau lebih yang berbentuk perdu. Tanaman kubis berbatang pendek dan beruas – ruas. Sebagai bekas tempat duduk daun.

Tanaman ini berakar tunggang dengan akar samping yang sedikit tapi dangkal.

Daunnya lebar berbentuk bulat telur dan lunak. Daun yang muncul terlebih dahulu menutup daun yang muncul kemudian, demikian seterusnya hingga membentuk krop daun bulat seperti telur dan padat berwarna putih.

Bunganya tersusun rapi  dalam tandan dengan mahkota bunga berwarna kuning spesifik.

Tanaman kubis sukar berbunga di indonesia karena perlu suhu rendah antara 5 – 10 derajat celcius selama satu bulan lebih.

Buahnya bulat panjang menyerupai polong. Polong muda berwarna hijau, setelah tua berwarna kecoklatan dan mudah pecah.

Bijinya kecil, berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan. Biji yang banyak tersebut menempel pada dinding bilik tengah polong.

Kubis Berpotensi Ekspor

pixabay.com

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Sayuran Organik Bagi Tubuh

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi mengatakan, sebanyak 32 jenis sayuran organik diekspor ke Singapura.

Ekspor komoditas pertanian berupa sayuran kubis sebanyak empat kontainer ke Taiwan. Masing-masing kontainer berisikan 25 ton kubis dengan harga mencapai Rp40.000 per kilogram (kg).

Tahun ini permintaan ekspor sayuran Indonesia mencapai kurang lebih 230 kontainer. Bahkan diprediksi jumlah tersebut akan terus meningkat hingga 300 kontainer.

Tahun lalu ekspor sayuran dan buah-buahan kurang lebih Rp6 triliun. Kalau begitu, bisnis yang pasti menjanjikan dan mampu menghidupkan rakyat adalah pertanian yang makin kuat dan makin akseleratif,” tambahnya.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, melepas ekspor kubis sebanyak 4 kontainer masing-masing berisi 25 ton ke Taiwan dari Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Harga jualnya mencapai Rp40.000 per kilogram (kg).

“Inilah yang kita sebut sebagai akselerasi pertanian, di mana konsumsi nasional kita mampu meningkatkan ketahanan pangan sekaligus punya nilai ekspor dan diminati oleh masyarakat di seluruh dunia,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Indonesia tidak hanya mengimpor beras, namun indonesia saat ini mampu mngekspor komoditi hortikultura, salah satunya adalah kubis;


Itulah informasi mengenaikubis indonesia berpotebsi ekspor. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga : Hidroponik Mampu Membantu Menjaga Ketahanan Pangan Keluarga

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.