Agroedutourism IPB, Wisata Pertanian Edukatif yang Menarik

Apakah Anda asing dengan konsep Agroedutourism? Atau justru sudah sering mendengar istilah tersebut? Mungkin Anda justru lebih akrab dengan konsep Agrowisata ataupun Eduwisata? Agroedutourism adalah gabungan dari kedua konsep Agrowisata dan Eduwisata itu sendiri.

Konsep ini mengangkat ide wisata mengenai pertanian dan edukasi pertanian itu sendiri. Penggabungan konsep ini tidak hanya memberikan spot wisata dengan keindahan atau experience pertanian, namun juga memberikan banyak ilmu dan pengetahuan baru mengenai pertanian dengan cara yang menyenangkan.

Sejak tahun 2005, Institut Pertanian Bogor (IPB), di bawah Direktorat Bisnis dan Manajemen Aset Komersial, meluncurkan program Agroedutourism. Program ini merupakan sarana wisata pertanian edukatif yang memperkenalkan model pengelolaan agribisnis hortikultura dari hulu sampai hilir serta model pendampingan petani. Program ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sumberdaya di IPB yang sebenarnya dapat lebih dimaksimalkan pemanfaatannya agar lebih bermanfaat untuk masyarakat luas.

Ketua Panitia AET 2014, Prof. Dr. E.K.S. Harini Muntasib, MS, Guru Besar Ekowisata IPB dalam Republika.co.id menyebutkan, “Pos lapang yang dimiliki IPB ada yang sudah berkembang, contohnya Objek Wisata Gunung Walat. Tapi ada juga yang belum, seperti pada beberapa laboratorium. Harapan ke depan, laboratorium tak hanya untuk praktikum tapi juga bermanfaat bagi masyarakat”.

Tidak sembarangan, pilihan objek wisata pendidikan pertanian Agroedutourism IPB ternyata banyak pilihan yang semuanya sangat menarik dan pastinya sangat mengedukasi. Berikut ini adalah daftar lokasi dan kegiatan yang dapat Anda coba jika berkunjung ke sana:

Kebun Cikabayan

Kebun Cikabayan ini sebenarnya digunakan sebagai kebun percobaan mahasiswa dan dosen-dosen IPB. Berbagai jenis tanaman dapat kita jumpai disini. Pada spot ini, teman-teman dapat melakukan hal-hal menarik berikut:

  • Tur mengelilingi rumah kaca
  • Praktek menanam tanaman di lahan. Tanaman yang dapat kita tanam di antaranya seperti jagung, kacang, selada, dll.
  • Praktek menanam tanaman seperti cabai, selada, caisin, dan tanaman lainnya di polybag
  • Mempelajari reproduksi tanaman selama berkeliling
Kebun Cikabayan Agroedutourism IPB
Sumber: agroedutourism-ipb.blogspot.com

Keren bukan? Dapat merasakan bagaimana belajar di IPB di lapang langsung dengan pakarnya!

Museum Serangga

Museum serangga ini berada di bawah Fakultas Pertanian IPB, tepatnya di bawah Departemen Proteksi Tanaman. Museum ini digunakan untuk pengembangan dan pengelolaan spesimen serangga pertanian. Menariknya, spesimen serangga pertanian yang ada di museum ini ada lebih dari 1219 spesies loh.

Spesimen-spesimen tersebut merupakan spesimen standar yang telah berumur puluhan tahun bahkan kabarnya sejak zaman penjajahan Belanda. Keren bukan? Berikut ini adalah kegiatan yang akan kita lakukan jika berkunjung ke sana:

  1. Melihat berbagai jenis serangga sekaligus mengetahui berbagai perannya di lingkungan
  2. Belajar mengidentifikasi serangga
  3. Menonton video-video menarik tentang serangga
  4. Membuat kerajinan tangan cantik tentang serangga
Museum Serangga Agroedutourism IPB
Sumber: mommylicious-indonesia.blogspot.com

Kebun Instalasi Tanaman Obat Biofarmaka

Kebun Instalasi Tanaman Obat Biofarmaka merupakan unit di bawah Pusat Studi Biofarmaka IPB, yang terletak di ujung utara Kampus IPB Dramaga. Jika Anda tertarik dengan berbagai tanaman-tanaman obat yang ada di sekitar kita, tempat ini menjadi spot wajib yang Anda harus kunjungi, karena Anda akan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Mengenal dan mengetahui jenis dan kelompok tanaman obat beserta manfaatnya
  2. Melihat berbagai proses pembuatan produk tanaman obat dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, sirup,ataupun minyak.
  3. Praktek perbanyakan tanaman obat

Baca juga: Kebun Kumara, Agrowisata yang Menarik Kaum Muda untuk Bertani

Kebun Instalasi Tanaman Obat Biofarmaka
Sumber : agroedutourism-ipb.blogspot.com

Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) IPB

Salah satu fakta menarik tentang RSHP Fakultas Kedokteran Hewan IPB merupakan rumah sakit hewan terbesar dan terbaik yang ada di Indonesia dengan total luas lahan yang berkisar 1 hektar. Selain itu, dari sisi fasilitas, RSHP IPB merupakan rumah sakit hewan yang terlengkap di tanah air. Tidak heran, RSHP FKH IPB merupakan rumah sakit hewan rujukan. Anda tentu saja tidak ingin melewatkan kesempatan berkeliling di sana bukan? Selain berkeliling, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan hal-hal berikut:

  1. Demonstrasi dalam menangani hewan-hewan yang sakit
  2. Menonton video tentang hewan-hewan
  3. Pengenalan alat-alat yang digunakan oleh dokter hewan
Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) IPB
Sumber : shpfkh.ipb.ac.id

Kultur Jaringan Bioteknologi Tanaman

Bagi beberapa orang, istilah kultur jaringan mungkin masih terdengar asing. Secara sederhana, kultur jaringan merupakan salah satu metode membiakkan sel/jaringan tanaman dalam kondisi yang terkendali, sehingga kita bisa mendapatkan pertumbuhan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Biasanya, kultur jaringan ini menggunakan botol sebagai wadah media dan kultur dari bagian tanaman yang kita gunakan.

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Teknik Kultur Jaringan Skala Rumah Tangga Ini

Jarang bukan, melihat tanaman tumbuh di dalam botol? Penasaran bagaimana caranya? Agroedutourism IPB ternyata juga menyediakan experience kultur jaringan loh. Selain pengenalan kultur jaringan, Anda akan diajak untuk langsung berlatih dan praktek dalam melakukan kultur jaringan pada tanaman. Pengalaman yang sangat langka bukan?

  1. Pelatihan dan praktek kultur jaringan pada tanaman

    Pelatihan dan Praktek Kultur Jaringan Agroedutourism IPB
    Sumber : agroedutourism-ipb.blogspot.com
  2. Produksi berbagai tanaman kreatif dengan teknik kultur jaringan

Tidak hanya pilihan-pilihan tersebut, masih banyak lagi lokasi-lokasi lain yang dapat Anda kunjungi, di antaranya:

  1. Produksi Susu dan Yoghurt
  2. Recycle Paper
  3. Outbond Hutan
  4. F- Techno park
  5. Lanscape Garden Design
  6. Kolam percobaan
  7. Faculty of Forestry Butterfly Captive Breeding
  8. Kreasi Boneka Horta
  9. Tropical Biopharmaca Research Center (Trop BRC)

Bagaimana? Rasanya rugi sekali bukan jika melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Agroedutourism IPB? Bagi Anda yang sedang ada di Bogor dan sekitarnya, silahkan datang dan dapatkan pengalaman liburan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga sangat mengedukasi!

Baca juga: 4 Inovasi Pertanian oleh Mahasiswa UGM

Sumber gambar utama: ipb.ac.id

Penulis: Fitri Rosadela
Mahasiswa SGGW-WULS di Polandia

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.