Apa Beda Kopi Arabika dan Kopi Robusta?

Hai, kamu yang pecinta kopi, sudah tahu belum apa beda kopi arabika dan kopi robusta? yuk, ketahui perbedaannya di artikel ini.

Apakah Anda penggemar kopi? Pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi arabika dan juga robusta. Walaupun masih sama-sama kopi, nyatanya arabika dan robusta merupakan dua jenis kopi yang berbeda.

Perbedaan mendasar dari kedua jenis kopi ini terletak dari asal tumbuhnya. Selain menghadirkan perbedaan dari tempat asalnya, nyatanya kedua jenis kopi ini juga memiliki karakteristik yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Beda Kopi Arabika dan Kopi Robusta

Untuk mengenal lebih jauh, ini dia beberapa perbedaan kopi arabika dan robusta yang harus Anda ketahui:

Baca Juga: Ini Dia Cara Sangrai Biji Kopi di Rumah Dengan Mudah

Asal Tumbuh

Kopi arabika merupakan jenis kopi yang berasal dari daerah Brasil dan juga Ethiopia. Kopi arabika tumbuh dengan baik pada suhu sekitar 16-20˚C dengan ketinggian sekitar 700-1700 mdpl.

Jika kopi arabika ditanam pada ketinggian yang rendah, maka ia akan sangat rentan terserang Hemileia Vastatrix atau yang lebih dikenal dengan penyakit daun karat.

Dibandingkan dengan kopi arabika, kualitas kopi robusta sedikit lebih rendah. Kopi robusta mudah ditemui di negara-negara seperti Filipina, Indonesia, dan juga Kolumbia.

Kopi robusta juga mampu tumbuh pada ketinggian dibawah 700 mdpl. Walaupun begitu jenis kopi ini sangat rentan terhadap serangan serangga.

kopi arabika
coffeeland.co.id

Tekstur dan Cita Rasa

Kopi arabika memiliki variasi rasa yang beragam mulai dari rasa yang lembut, kuat, hingga tajam. Aroma kopi ini hampir mirip seperti blueberry, sehingga banyak orang yang tertarik dengan kopi arabika dibandingkan dengan robusta.

Karakteristik dari kopi yang satu ini adalah memiliki rasa yang sedikit masam dan kental di mulut. Selain itu, kopi arabika juga terkenal memiliki tekstur kopi yang halus dengan aroma yang wangi.

Jika disangrai, kopi arabika akan menghasilkan aroma buah yang manis sehingga sangat nikmat ketika sudah diseduh.

Sedangkan kopi robusta memiliki warna yang sedikit coklat dengan bau manis. Teksturnya juga cenderung lebih kasar dibandingkan dengan kopi arabika.

Kopi robusta memiliki rasa yang cenderung lebih netral. Jika bijinya disangrai, maka kopi robusta akan mengeluarkan bau seperti kacang-kacangan.

Baca Juga: 6 Jenis Kopi yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

Kandungan Kafein

Seperti yang kita ketahui bahwa kopi memiliki kandungan kafein. Namun, tahukah Anda jika kandungan kafein antara kopi arabika dan robusta berbeda? Bagi Anda yang ingin mencari kopi dengan kandungan kafein rendah, maka kopi arabika bisa menjadi pilihannya.

Hal ini dikarenakan kadar kafein yang dimiliki oleh kopi arabika lebih rendah dibandingkan dengan kopi robusta, sehingga tidak menimbulkan masalah bagi lambung.

Berbeda halnya dengan kopi arabika, kopi robusta memiliki kadar kafein yang cenderung kuat dan berada di kisaran 1,8-4%. Hal inilah yang menyebabkan kopi robusta cenderung lebih pahit.

kopi robusta
bukalapak.com

Harga

Untuk harganya, kopi robusta umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah. Dipasaran, kopi jenis ini dibanderol pada kisaran harga Rp.23.000.

Harga kopi ini lebih murah karena cita rasa yang dihadirkan cenderung netral. Kopi robusta juga banyak digiling menjadi bubuk dan langsung dijual dalam bentuk kopi bubuk.

Lain halnya dengan kopi arabika, karena jenis kopi ini memiliki cita rasa yang unik dan beragam, maka harga jualnya juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan kopi robusta. Semakin langka variasi rasanya, maka semakin mahal harganya.

Kopi arabika biasanya dijual dalam bentuk biji kopi, sehingga aroma dan cita rasanya masih segar ketika diseduh. Kopi arabika biasa dijual pada kisaran harga Rp.30.000-40.000/100 gr nya.


Itulah tadi beda kopi arabika dan kopi robusta. Walaupun dari berbagai karakteristik kopi arabika jauh lebih unggul dibandingkan dengan kopi robusta.

Namun, selera tetap dikembalikan kepada para pecinta kopi. Jadi sudah tahu perbedaannya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Langkah-Langkah Membudidayakan Kopi Robusta

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-4229894/ini-5-perbedaan-kopi-arabika-dan-robusta-suka-yang-mana
  • https://majalah.ottencoffee.co.id/perbedaan-kopi-arabica-robusta/

Sumber gambar utama: blog.pinjammodal.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.