Apakah Bansos Beras Menjadi Peluang Mafia Lagi?

Mau tau informasi mengenai bansos pada beras dan mafia? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Bansos (Bantuan Soial) Beras

Ketersediaan Beras Untuk Bansos

bansos beras
cnnindonesia.com

Baca juga: Beras Turun Mutu Dilelang untuk Etanol

Ketersedian beras dipastikan akan aman, Perum Bulok masih menyimpan 1,7 juta ton per hari ini. Namun, terdapat kendala yaitu realisasi penyaluran beras untuk operasi pasar baru mencapai 247.000 ton.

Dan untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 28.000 ton. Sementara itu Bulog harus menyerap hasil panen raya di bulan Maret-April mendatang sebanyak 1,7 juta ton.

Namun sayangnya, dengan ketersediaan atau pasokan beras ini bisa dikatakan aman tetapi belum tentu aman dari mafia beras karena.

Mafia tersebut akan mencari peluang dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini, mafia merupakan salah satu masalah yang sulit untuk diselesaikan.

Waspadai Mafia Beras

bansos beras
harnasnews.com

Baca juga: Mengenal Alat Ukur Derajat Sosoh Beras untuk Mengetahui Kualitas Beras

Direktur utama Bulog, Budi Waseso (Buwas) buka-bukaan soal keberadaan mafia beras, modus yang digunakan mafia beras dalam program BPNT yakni menyamar sebagai penyalur BPNT atau e-warong palsu.

Karena pernah ada 300 lebih e-warong siluman atau palsu yang beredar di seluruh Indonesia. E-warong tersebut merupakan penyalur BPNT yang terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos).

Ternyata saat ini ada sekitar 3.000 e-warong yang ada di seluruh Indonesia. Artinya, ada sekitar 10% dari e-warong tersebut yang merupakan e-warong ‘siluman’ yang melakukan aksi penyelewengan dari penyaluran BPNT.

Perlu diketahui, penyelewengan ini dilakukan dengan menggunakan karung beras Bulog palsu dan diisi dengan beras medium. Padahal, beras yang disalurkan Bulog ke BPNT merupakan beras berkualitas premium.

Buwas menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah mau diapakan para mafia beras ini karena pemasalahan ini seharusnya menjadi perhatian agar stok beras tetap terjamin dan tidak perlu harus impor dari negara lain.


Itulah informasi mengenai bantuan sosial beras dan mafia beras. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Cair dari Air Cucian Beras

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.