Beberapa Tips Mengurangi Konsumsi Nasi

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai beberapa tips mengurangi konsumsi nasi

Dampak Konsumsi Nasi Terus Menerus

Penyakit Yang Timbul

pixabay.com

Baca Juga : Beralih Menngkonsumsi Ubi Guna Menjaga Ketahanan Pangan

Beras memang sebagai sumber dalam memenuhi kebutuhan manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengkonsumsi beras yang tinggi.

Hal tersebut disebabkan karena adanya pemikiran yang mengenggap bahwa belum makan namanya jika belum makan nasi.

Kita cenderung menganggap bahwa rasa kenyang hanya dapat diperoleh dari mengkonsumsi nasi. Padahal rasa kenyang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan lainnya.

karena pemikiran yang seperti itu mengakibatkan masyarakat mengkonsumsi nasi secara terus menerus hingga menimbulkan penyakit yang tentu saja menyiksa secara perlahan.

Adapun beberapa penyakit yang ditimbulkan seperti Penyakit gula, sindrom metabolik ( jantung, stroke, diabetes), dan obesitas.

Penyakit tersebut sering kita temui didalam kehidupan sehari-hari.

Begitu banyak dampak negatif yang ditimbulkan nasi jika terus menerus dikonsumsi, sangat disayangkan jika kita mengabaikan hal tersebut.

Ada banyak cara untuk mengurangi konsumsi beras tanpa mengurangi rasa kenyang dan kepuasan kita, dengan kesehatan yang jauh lebih baik.

Tips Mengurangi Konsumsi Beras

Beberapa Tips

pixabay.com

Baca Juga :Antisipasi Perubahan Iklim Dengan Sistem Konservasi

Ada Banyak cara untuk mengurangi konsumsi nasi dalam kehidupan sehari – hari. Tentu saja hal seperti ini sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga menjaga ketahan pangan kita terutama beras.

Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia cenderung mengimpor beras dari beberapa negara, salah satunya adalah vietnam.

Padahal indonesia terkenal memiliki lahan yang luas untuk pertanian, namun tidak semua dapat memproduksi padi yang akan menjadi beras dengan baik, sedangkan konsumsi terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk.

Tips mengurangi konsumen Nasi sebagai berikut :

1.Mengurangi Porsi makan

Mengurangi porsi makan setiap hendak makan, sangat memiliki pengaruh yang signifikan, dimana biasanya makan dengan satu piring   dikurangi hanya setengah. dan pengurangan dilakukan secara terus menerus sampai terbiasa.

2. Memperbanyak Mengkonsumsi Buah dan sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk tubuh kita karena mengandung serat. Sayuran dan buah mampu membuat kita merasa kenyang dan lebih segar. banyak dampak positif mengkonsumsi sayuran.

3. Menggantikan Nasi Dengan Ubi

Mengkonsumsi ubi juga mampu membuat kita merasa kenyang, apalagi ubi merupakan alternatife pengganti nasi dalam memenuhi kebutuhan bagi tubuh kta. Namun harus tetap dengan takaran yang sewajarnya agar tidak menimbulkan penyakit,

4. Mengubah Pola pikir Konsumsi

Pola pikir memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam hal ini. karena pola pikir yang bisa menuntun seseorang mengambil keputusan yang benar dan baik untuk dirinya. Jika dari awal memiliki pola pikir bahwa nasilah yang mampu membuat kenyang. pola pikir seperti ini yang harus diubah secara perlahan.


Itulah informasi Beberapa tips mengurangi konsumsi Nasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga :Para Petani Mulai Memproduksi Pupuk Organik

Sumber : Tribunnews.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.