Jamu California Ampuh Atasi Jamur Batang pada Tanaman Jeruk

Tips

Written by:

Jamur batang sering dikeluhkan oleh petani jeruk karena mampu membuat tanaman jeruk yang sedang berbuah lebat mengalami kelayuan dan mati. Tentu saja, hal tersebut merugikan petani karena bisa menurunkan jumlah panen secara signifikan. Beberapa jenis fungisida tidak mempan terhadap penyakit jamur batang ini sehingga membuat petani jeruk merasa putus asa.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian sudah menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi jamur batang pada tanaman jeruk. Cara yang digunakan adalah dengan menyemprotkan Jamu California.

Kalau berbicara tentang jamu, pasti hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah minuman berkhasiat dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan diolah dari bermacam rempah-rempah bukan? Nah, jamu yang dibahas pada artikel kali ini juga persis sama, tapi jamunya hanya diperuntukkan untuk tanaman saja ya, tidak untuk manusia. Jadi, jangan sampai diminum karena bisa mengakibatkan keracunan.

Apa itu Jamu California?

Jamu California merupakan fungisida yang dihasilkan dari campuran belerang, kapur hidup, air bersih, dan deterjen dengan perbandingan tertentu yang mampu mengatasi beberapa jenis penyakit pada tanaman jeruk, khususnya yang disebabkan oleh jamur. Selain ampuh dalam mengatasi jamur batang, jamu ini juga mampu mengatasi penyakit lainnya seperti penyakit Blendok/Diplodia pada tanaman jeruk.

Jamur Batang pada Tanaman Jeruk

Sumber: iniafie.blogspot.com

Cara Membuat Jamu California

Jamu California dapat dibuat secara manual dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko-toko pertanian. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan pembuatan, yaitu:

  1. Serbuk belerang yang halus,
  2. Kapur hidup/gamping yang juga sudah dihaluskan,
  3. Deterjen bubuk, dan
  4. Air bersih.

Perbandingan bahan-bahan tersebut adalah 1:2:10:0,1. Artinya, dalam sekali proses, jika kita menggunakan 10 liter air bersih, maka kita harus menggunakan 1 bagian belerang halus, 2 bagian kapur hidup/gamping, dan 0,1 liter larutan deterjen. Setelah seluruh bahan disiapkan, selanjutnya adalah menyediakan peralatan seperti wadah atau tong logam.

Proses pembuatan jamu dimulai dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Memanaskan 10 liter air terlebih dahulu hingga mendidih
  2. Setelah itu,masukkan 1 liter larutan serbuk belerang sambil tetap mengaduk dan terus dipanaskan hingga mendidih.
  3. Sementara itu, kapur hidup disiram dengan air dingin hingga larut mengendap, kemudian bagian yang jernih dibuang.
  4. Bagian endapan kapur tersebut selanjutnya dimasukkan sedikit demi sedikit kedalam larutan belerang yang sudah dipanaskan sebelumnya.
  5. Jamu California siap untuk digunakan jika sudah berwarna kuning kemerahan.

Cara Mengaplikasikan Jamu California

Jamu California yang sudah jadi harus didinginkan terlebih dahulu agar kamu tidak kepanasan ketika melaburkannya. Pada saat penggunaannya pun, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Batang yang akan dilaburi jamu harus disikat terlebih dahulu menggunakan ijuk atau sikat plastik
  2. Sebelum digunakan, larutan jamu california harus diaduk secara merata terlebih dahulu
  3. Pelaburan dilakukan 2 kali yaitu masa awal musim hujan dan masa akhir musim hujan.

Nah, itulah cara membuat dan mengaplikasikan jamu california untuk mengatasi jamur batang pada tanaman jeruk. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, penyakit jamur batang pada jeruk akan diminimalisir dan tidak merugikan petani jeruk.

Baca juga: Mari Cari Tahu Tentang Keprokisasi Jeruk Nasional

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Silahkan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.