Daftar Tanaman yang Dapat Dibudidayakan dengan Anak-Anak

Berkebun di lahan yang Anda miliki bersama anak-anak dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga dengan anak-anak. Selain menyenangkan, kegiatan berkebun tentunya akan mengajarkan anak Anda darimana makanan berasal. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin berkebun dengan anak-anak seperti pemilihan tanaman yang cepat tumbuh dan panen sehingga anak-anak tetap tertarik karena apa yang mereka kerjakan cepat menghasilkan. Tanaman yang Anda pilih juga harus mudah perawatannya sehingga tidak membebani anak-anak.

budidaya tanaman

Sumber : popmama.com

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengajari anak Anda berkebun:

  1. Mengajari anak berkebun akan melatih kesadaran mereka terhadap alam dan lingkungan.
  2. Mengajari anak berkebun akan melatih mereka untuk peduli terhadap sesama makhluk hidup.
  3. Anak-anak dapat menghabiskan lebih banyak waktu di luar, terlebih saat ini dimana bermain di luar ruangan sudah semakin jarang karena anak-anak lebih sering bermain gadget.
  4. Berkebun sejak dini dapat melatih mereka untuk memilih makanan sehat di kemudian hari.
  5. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak.

 

Berikut ini adalah beberapa tanaman yang dapat Anda pertimbangkan untuk ditanam bersama anak-anak :

Bayam

bayam

Sumber: pixabay.com

Bayam adalah tanaman yang tumbuh dengan cepat sehingga cocok untuk ditanam dengan anak-anak. Bahkan bayam dapat ditanam di wadah (pot/polybag) yang dapat Anda tempatkan di teras, atau dapat juga ditanam di taman vertikal sehingga cocok jika Anda memiliki lahan yang sempit. Anak-anak umumnya tidak menyukai sayuran hijau seperti bayam, namun jika mereka menananmnya sendiri, kemungkinan besar mereka akan berubah. Selain bayam, selada juga dapat dipertimbangkan karena selada juga dapat Anda tumbuhkan di wadah atau taman vertikal.

Tomat

berkebun tomat

Sumber: pixabay.com

Tomat juga merupakan tanaman yang mudah ditanam, tomat dapat juga ditanam di dalam pot kemudian diletakkan di teras. Untuk tomat, Anda dapat memulai dari tanaman yang sudah cukup besar sehingga anak-anak tidak menunggu terlalu lama untuk memanennya. Tomat yang lebih sesuai untuk ditanam bersama anak-anak adalah tomat ceri karena ukurannya yang kecil. Akan menyenangkan saat panen dan dapat langsung dimakan, jadi pastikan Anda menanamnya secara organik dan cuci terlebih dahulu.

Lobak

berkebun lobak

Sumber: kampustani.com

Lobak adalah tanaman yang dapat dibudidayakan dengan sangat cepat, dari penanaman benih sampai panen hanya membutuhkan waktu 30 hari saja. Anak-anak juga dapat melihat tanaman ini tumbuh cepat dengan masa pematangan yang singkat yang akan membuat mereka tetap tertarik.

Wortel

berkebun wortel

Sumber : detikfood

Wortel tidak tumbuh secepat lobak, namun sangat mudah dirawat. Selain ini anak-anak lebih tertarik dengan wortel. Wortel juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, dapat dipanggang, sup, membuat camilan, jus bahkan kue.

Seledri

berkebun seledri

Sumber: pixabay.com

Seledri mungkin adalah tanaman yang paling baik sebagai pengantar berkebun dengan anak-anak. Karena seledri tumbuh dengan cepat, bahkan dapat Anda lihat perubahannya dalam hitungan hari. Untuk mendapatkan bibit seledri juga tidak susah, Anda dapat menggunakan sisa bonggol seledri dengan cara menusuknya dengan tusuk gigi di keempat sisi kemudian letakkan bagian bonggol bawah tersebut di wadah air namun tidak sampai tenggelam. Anak-anak dapat melihat berapa banyak seledri yang tumbuh sampai berakar, dan inilah saat memindahkannya ke lahan.

Bunga Matahari

bunga matahari

Sumber: pixabay.com

Anak-anak menyukai bunga matahari. Bunga matahari berkecambah cukup cepat, yaitu dalam waktu satu minggu. Setelah berkecambah, tanaman tumbuh cukup cepat setelah penananam sehingga akan tetap membuat anak-anak tertarik, ketertarikan anak-anak akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan bunga matahari yang akan lebih tinggi dari mereka dan orang tuanya. Saat panen, keringkan biji bunga  matahari untuk dijadikan cemilan.

Baca juga: Ketahui 5 Keuntungan Berkebun Di Rumah

Nah, itulah beberapa tanaman yang dapat Anda budidayakan bersama dengan anak-anak. Selamat mencoba!


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Sumber : https://www.installitdirect.com/learn/kids-gardening/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.