ekspor hasil kebun

Kementan akan perkirakan ekspor akan naik. Bagaimana informasinya? Berikut Pak Tani Digital akan memberikan informasi tersebut. Simak ulasannya!

Ekspor Hasil Kebun

ekspor hasil kebun
pixabay.com

Target Ekspor Hasil Kebun

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan ekspor komoditas perkebunan pada 2024 naik tiga kali lipat dari saat ini. Untuk itu, produksi di sektor hulu dan hilir akan digenjot.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Kasdi Subagyono menjelaskan beberapa komoditas perkebunan unggulan yang produksinya akan digenjot yaitu karet, cokelat, kopi, kelapa, lada, dan pala.

Kementan akan merencanakan caranya frame dibuat agar produksi naik 7% per tahun, sehingga selama lima tahun bisa menjadi 35%

Untuk mencapai target tersebut, pihak Kementerian Pertanian telah bertemu dan meminta komitmen dari sederet pimpinan perusahaan dan eksportir, serta Dewan Komoditas Perkebunan dan Asosiasi Pengusaha/ Eksportir perkebunan.

Harapan Untuk Perkebunan Indonesia

ekspor hasil kebun
pixabay.com

Baca juga: Banyuwangi Kembali Ekspor Kopi Robusta, Tujuannya Swiss Hingga Inggris

Beberapa perusahaan yang telah diajak bertemu antara lain 26 perusahaan sawit, 13 perusahaan kopi, 10 perusahaan kakao, 12 perusahaan kelapa, 18 perusahaan karet, 18 perusahaan rempah, 7 perusahaan minyak atsiri, 2 perusahaan mete dan perusahaan komoditas perkebunan lainnya.

Adapun bisnis di sektor perkebunan disebut berkontribusi besar bagi perekonomian. Data BPS tahun 2018, komoditas perkebunan berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar Rp 489,25 Triliun, dengan nilai ekspor mencapai US$ 27,9 miliar atau Rp 402,6 Triliun.

Prospek perkebunan Indonesia ke depan diharapkan akan meningkat. Sebagai negara tropis, Indonesia bisa memiliki komoditas perkebunan yang spesifik. Karena dunia membutuhkan komoditas perkebunan yang kita miliki. Diperkirakan, nilai ekspor perkebunan Indonesia berpotensi mencapai Rp 1.000 triliun pada 2024.


Itulah informasi mengenai eskpor hasil kebun di Indonesia. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Produk Pertanian di Jawa Timur Diekspor ke 22 Negara

Sumber: Katadata.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.