ekspor edamame

Mau tau informasi tentang eskpor edamame hingga ke Jepang ? Berikut Pak Tani akan berikan informasi menganai hal tersebut. Simak ulasannya!

Edamame

Manfaat Edamame

ekspor edamame
pixabay.com

Edamame adalah jenis kedele yang asal muasalnya dulu dari Jepang, dari beberapa tahun lalu bibitnya juga ditanam di Indonesia dan cocok dengan udara dan iklim tropis.

Edamame mengandung banyak nutrisi. Makanan ini mengandung proteinlemak sehat, serat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, tapi juga karena ada banyak manfaat edamame bagi kesehatan tubuh seperti menurunkan kadar kolestrol jahat, melancarkan pencernaan, menjaga berat badan dan mengurangi gejala monopause.

Baca juga: Diperkirakan Ekspor Hasil Kebun Akan Naik 3 Kali Lipat

Sarana Pertanian

Negara Jepang induk asal kedele itu tak tangggung-tanggung, sejumlah 5.000 ton dari permintaan Jepang sebesar 75.000 ton setahunnya.

Justru edamame produk dari Jember itu yang diminta karena mutu dan rasanya. Jadi masih banyak kekurangan dari peluang permintaan luar negeri terhadap edamame.

Pertanian itu adalah sarana bagi orang orang untuk berbuat ibadah Karena kegiatan ekspor sebagai sesuatu yang luar biasa.

Membuat pertanian menjadi hebat itu adalah tempat kita membuka ruang bagi rakyat, dan tempat usaha bagi ekonomi yang sangat terbuka.

Sektor pertanian sangat strategis lantaran bisa menurunkan angka kemiskinan melalui pembukaan lapangan pekerjaan. Kegiatan ekspor pun bakal membuka ruang kerja bagi rakyat yang masih berada di lingkaran pengangguran.

Pertanian itu bicara negara dan bicara lapangan kerja yang membuat orang miskin makin sedikit dan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak.

Ekspor Edamame Mitratani ke Jepang

ekspor edamame
tribunnews.com

Baca juga: Produksi Dalam Negeri Menipis, Apakah Harus Impor Susu?

Akselerasi yang dilakukan PT Mitra Tani 27 harus menjadi pemicu bagi perusahaan lain di seluruh daerah untuk meningkatkan ekspor hingga tiga kali lipat. Sektor pertanian harus menjadi pilihan tepat bagi kekuatan ekonomi bangsa dan negara.

Syahrul Yasin Limpo selaku Mentan (Mentri Pertanian) melepas ekspor edamame produksi Jember senilai USD185.200 atau sekitar Rp2,6 miliar. Ekspor ini merupakan ekspor lanjutan dengan negara tujuan Jepang dan 12 negara-negara lain di Asia.

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara hebat dan luar biasa. Hari ini kita membuktikan edamame menjadi satu contoh kekuatan bangsa ini. Kabupaten Jember sebagai penghasil produk pertanian yang bisa mengantarkan kesejahteraan.

Sementara itu Direktur PT Mitra Tani 27 Dwi Anurogo menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi dan kinerja ekspor melalui program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Geratieks).

Saat ini, 2500 karyawan dengan mitra tani sekitar 4.000 petani telah terlibat. Pengembangan produk strategis lainya bakal dilakukan seperti tembakau dan gula.

Dia menuturkan, tren ekspor produk pertanian juga terus mengalami kenaikan dalam empat tahun terakhir. Beberapa produk yang sedang digencarkan antara lain adalah jagung dan ayam olahan.

Sebagai contoh, pada 2017 nilai ekspor di sektor pertanian mencapai Rp 440 triliun. Angka ini meningkat 24 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk kedepannya PT Mitra Tani akan mengembangkan produknya sesuai dengan arahan Mentan terkait gerakan tiga kali lipat ekspor dan itu dilakukan tidak lepas dari dukungan Mentan terhadap PT Mitra Tani.


Itulah informasi mengenai ekspor edamae ke Jepang. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Sektor Pertanian dengan Omnibus Law Lapangan Kerja Akan Diselaraskan

Sumber: Antaranews.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.