Ekspor Pertanian Naik 0,91% di Tengah Wabah Covid-19

Mau tau informasi mengenai naiknya ekspor pertanian? Berikut Pak Tani Digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Ekspor Pertanian

Naiknya Nilai Ekspor Pertanian

ekspor pertanian
wartaekonomi.com

Baca juga: Naiknya Status Virus Corona Menjadi Pandemi

Sektor pertanian merupakan sektor yang memenuhi kebutuhan dasar manusia secara langsung maupun olahan seperti pangan dan yang tidak langsung seperti sandang.

Perdagangan internasional juga sering dilakukan dalam sektor pertanian, baik bahan-bahan makanan, sayuran hingga buah.

Indonesia yang memiliki variasi sumber daya alam dan variasi produk pertanian yang melimpah, dilintasi garis khatulistiwa serta memiliki rangkaian gunung berapi membuat Indonesia memiliki potensi dan kapabilitas untuk memaksimalkan kegiatan pertanian sepanjang tahun. Sehingga hal ini membuat sektor pertanian menjadi pilar penting dalam struktur perekonomian Indonesia.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan bahwa sektor pertanian dalam arti luas merupakan sektor yang paling tangguh karena potensi sektor pertanian dan peternakan sangat potensial menjaga stabilitas ekonomi. Utamanya dalam mengatasi krisis pertumbuhan pada sektor jasa.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, Yunita Rusanti mencatat nilai ekspor pertanian mengalami kenaikan sebesar 0,91 persen month of month (mom) dan 28,04 persen year of year (yoy) dari total USD 0,30 miliar pada Februari 2020.

Penyebab Kenaikan Nilai Ekspor

ekspor pertanian
wartaekonomi.com

Baca juga: Virus Corona Membuat Resah Ketersediaan Pangan

Kenaikan terjadi karena produk pertanian seperti biji kakao, sarang burung, tanaman obat, aromatik dan subsektor rempah-rempah mengalami peningkatan signifikan.

Dia mengatakan bahwa kenaikan ini terjadi di saat sektor migas turun sebesar 0,02 persen. Sedangkan untuk ekspor nonmigas seperti pertanian tetap mengalami kenaikan.

Kenaikan ekspor pertanian juga berdampak langsung pada kenaikan ekspor keseluruhan Indonesia di bulan Februari 2020 yang mengalami kenaikan sebesar 2,24 persen atau setara USD13,94 miliar.

Pada Januari lalu sektor pertanian juga mengalami peningkatan ekspor tertinggi YoY dibanding sektor lainnya yang cenderung turun.

Sementara, pada sektor industri pengolahan yang sebagian bahan bakunya berasal dari pertanian juga mengalami peningkatan meski hanya sebesar 3,16 persen

Di sisi lain, sektor pertanian juga merupakan satu-satunya sektor nonmigas yang paling bertahan dari berbagai gejolak dan ancaman krisis, seperti masuknya wabah Covid 19 di Indonesia.

Untuk hal ini pesan Joko Widodo agar masyarakat Indonesia tidak meremehkan sektor pertanian sebagai sebuah kebutuhan melawan berbagai krisis.

Sektor pertanian adalah sektor yang tangguh dalam membantu stabilitas ekonomi dan berharap sektor pertanian dapat berkontribusi lebih besar.

Baik dari segi ekspor maupun peningkatan pendapatan masyarakat karena sektor pertanian ini memberikan kontribusi besar bagi pembanunan ekonomi, baik dalam kontribusi ekspor maupun meningkatkan pendapatan masyarakat.


Itulah informasi mengenai kenaikan nilai ekspor pertanian pada saat wabah corona virus. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga: Lawan Virus Corona Dengan Konsumsi Jahe dan Kunyit

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.