telur rebus

Mau tau informasi mengenai fakta konsumsi telur rebus? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Telur Rebus

Konsumsi Telur Rebus

Beberapa waktu lala terdapat informasi dari media facebook dan whatsapp yang mengatakan bahwa mengkonsumsi telur rebus dapat melawan corona.

Namun, sebelum menerima informasi ditengah wabah corona virus yang semakin membuat setiap warga cemas sebaiknya terlebih dahulu mencari tahu kebenarannya.

Telur merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh.

Telur ayam, telur bebek hingga telur burung puyuh mengandung vitamin, mineral, asam amino esensial serta mengandung protein berkualitas tinggi, selenium, fosfor, kolin, vitamin B12.

Hingga beragam antioksidan yang membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat selain itu, berfungsi untuk membangun sel dan juga jaringan tubuh.

Akan tetapi jika kamu menghindari penambahan lemak dari minyak, bisa mengolah telur dengan cara direbus.

telur rebus
pxhere.com

Baca juga: Perbanyak Asupan Protein Untuk Kuat Hadapi Corona

Manfaat Telur Rebus

Berikut ini beberapa manfaat telur rebuus:

  • Tingkatkan Metabolisme

Telur rebus mengandung asam amino yang membuat telur lebih mudah menggunakan proteinnya. Karena telur mengandung protein sehingga dapat mendorong metabolisme hingga 80-100 kalori.

Telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mengurangi penyerapan kolesterol.

  • Rendah Kalori

Manfaat makan telur rebus di pagi hari bisa menambah kandungan protein namun rendah kalori. Satu butir telur hanya mengandung 78 kalori per butirnya.

Jika ingin mengurangi lemak, kamu bisa menyisihkan bagian kuningnya.

  • Mengandung Kolesterol Baik

Manfaat olahan telur rebus bagi pria dan wanita salah satunya adalah mengandung kolesterol baik. Telur dapat meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik.

Orang dengan kadar HDL yang tinggi memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Konsumsi dua butir telur setiap hari dapat meningkatkan HDL.

  • Membantu Diet

Sarapan telur bisa membantu turunkan berat badan 65 persen lebih baik dalam 8 minggu, dibanding yang tidak sarapan telur. Penelitian lain juga menekankan betapa sarapan telur sangat mempengaruhi pola makan selanjutnya.

Seseorang bisa mengurangi asupan kalori dalam 24 jam ke depan jika pagi harinya sarapan telur. Manfaat lain dari sarapan telur adalah kadar glukosa darah lebih normal dan hormon lapar (ghrelin) bisa ditekan.

Sebuah penelitian sarapan telur sempat dilakukan dengan partisipan 30 pria muda yang sehat dan bugar. Pria yang sarapan telur ternyata memiliki kepuasan rasa kenyang yang lebih tinggi,

Tidak terlalu lapar, dan berkeinginan lebih rendah untuk makan makanan lain dibanding pria yang tidak sarapan telur. Jumlah asupan kalorinya bahkan bisa berkurang antara 270 – 470 kalori.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Makan telur rebus secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan otak. Telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang membantu fungsi sel otak, memori, sistem syaraf hingga metabolisme.

Cara memasak Telur rebus yang enak adalah dengan menyiapkan panci isi air secukupnya yang kira-kira seluruh permukaan telur bisa terendam.

Kemudian rebus air tersebut. Setelah mendidih, barulah masukkan secara perlahan telur mentah. Matikan api dan biarkan telur hingga matang, kurang lebih selama 9-15 menit.

telur rebus
pxhere.com

Baca juga: Lawan Virus Corona Dengan Konsumsi Jahe dan Kunyit

Fakta Konsumsi Telur Rebus

Telur menjadi makanan sehat bagi yang sedang dalam keadaan sehat. Mengonsumsi satu telur per hari bagi orang sehat tidak akan menjadi masalah.

Namun, berbeda bagi yang menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), atau mengalami masalah dengan kolesterol dalam darah.

Sebaiknya membatasi konsumsi telur harian dan sebaiknya tidak lebih dari 3 kali dalam seminggu.

Menurut Immune Deficiency Foundation, virus yang menyerang sistem pernapasan ini mudah menular melalui kontak perorangan secara langsung.

Apalagi bagi orang yang memiliki imunitas sangat rendah, maka berisiko tinggi terinfeksi Covid-19. Di saat banyaknya virus seperti ini tentu tubuh harus memenuhi asupan makanan yang bergizi.

Telur jadi salah satu pilihan sumber protein yang mudah didapat. Tidak harus direbus, telur juga enak diolah dengan cara digoreng hingga dicampur dengan sayuran.

Jadi, telur rebus memang baik untung kebutuhan protein dalam tubuh dan menjaga ketahanan dalam tubuh, tapi bukan berarti hanya mengkonsumsi telur rebus saja dalat melawan virus corona.

Sebaiknya harus diimbangi dengan mengkonsumsi sumber nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral yang didapatkan dari buah-buahan dan sayuran lainnya.

Selain itu tetap mengikuti aturan pencegahan covid-19 seperti mencuci tangan dengan benar, istirahat yang cukup, berolahraga, menjaga lingkungan yang bersih, memakai masker dan hand sanitizer jika diperlukan.


Itulah informasi mengenai fakta mengkonsumsi telur rebus. Smeoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga:

Sumber: Detik.com dan Hallosehat.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.