Perbanyak Asupan Protein Untuk Kuat Hadapi Corona

Mau tau informasi mengenai asupan protein yang baik saat wabah corona? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Prorein Hadapi Virus Corona

Fungsi Protein

asupan protein
pxhere.com

Baca juga: Lawan Virus Corona Dengan Konsumsi Jahe dan Kunyit

Ditengah penyebaran virus corona yang terus meningkat di Indonesia yang artinya risiko tertularnya penyakit ini akan semkain besar, oleh karena itu, sangat perlu menjaga ketahan tubuh agar risiko tertular penyakit ini juga menjadi semakin besar.

Dokter dari Rumah Sakit Siloam Karawaci, dr Vito Damay, SpJP, mengatakan agar daya tahan tubuh tetap kuat selama virus corona berlangsung.

Maka pentingnya menjaga asupan protein setiap hari karena protein sangat berperan penting dalam menyembuhkan sel-sel yang rusak akibat adanya infeksi penyakit.

Sama halnya seperti air, protein adalah zat yang paling melimpah dan terdapat di setiap sel dalam tubuh manusia.

Tubuh memproduksi protein dalam bentuk yang beraneka ragam dengan memanfaatkan sumber-sumber makanan yang mengandung protein ketika mengonsumsinya.

Fungsi protein sendiri hampir berhubungan dengan segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Bagaimana tidak, protein menjadi bagian dari struktur tubuh dan perannya sangat penting.

Seperti membuat kita bisa bergerak dengan leluasa, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, membekukan darah saat kita terluka, melawan infeksi.

Mengangkut zat masuk dan keluar dari sel, mengendalikan reaksi kimia, dan membawa pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh lainnya.

Selain iitu protein sanagt baik unuk pembentuk antibodi yang berguna untuk mencegah serangan penyakit dan infeksi pada tubuh.

Fungsi protein ini mengidentifikasi dan membantu menghancurkan antigen seperti bakteri dan virus. Antibodi sering kali bekerjasama dengan sel sistem kekebalan lainnya.

Sebagai contoh, antibodi akan mengidentifikasi dan kemudian mengelilingi antigen agar tetap terkurung sampai dapat dihancurkan oleh sel darah putih.

Sumber Asupan Protein

asupan protein
pxhere.com

Baca juga: Olahan Buah Bunga Mawar Untuk Dikonsumsi, Ini Caranya

Untuk mendapatkan sumber protein bisa mengkonsumsi berbagai makanan, seperti :

  1. Makanan laut
    Beberapa jenis makanan laut, seperti ikan salmon, juga kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan biasanya rendah lemak
  2. Susu, keju, yoghurt
    Selain menjadi sumber protein yang baik, susu dan produk olahan susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang berfungsi menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.
  3. Daging
    Disarankan untuk memilih daging putih (ayam, ikan) tanpa kulit, dibandingkan daging merah (sapi, kambing). Ini karena daging merah mengandung lebih banyak lemak.
  4. Telur
    Bahan makanan yang terjangkau dan bergizi. Tak hanya tinggi protein, telur ayam juga mengandung vitamin B, folat, selenium, dan kolin.
  5. Kacang-kacangan
    Selain bergizi, kacang juga kaya akan serat yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kacang kedelai baik bagi jantung karena dapat membantu menurunkan kolesterol.

Rekomendasi Asupan Protein Harian

Kebutuhan harian protein pada tiap orang tergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, aktivitas, dan kondisi kesehatan secara umum.

Asupan protein yang direkomendasikan adalah sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan per hari. Jadi untuk orang yang memiliki berat badan 70 kg, maka kebutuhan protein per harinya adalah 56 gram.

Untuk penderita penyakit gagal ginjal, asupan nutrisi tertentu termasuk protein, perlu dikurangi. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban kerja ginjal.

Jika kekurangan protein, tubuh akan kehilangan berat badan karena berkurangnya massa otot (otot menyusut), sering mengalami infeksi karena sistem kekebalan tubuh melemah.

Kelelahan otot, pembengkakan di tubuh, adanya gangguan dalam pertumbuhan sel, rambut rontok, diare, perlemakan hati, anemia, hingga mengalami kondisi malnutrisi energi protein, seperti kwashiorkor dan marasmus

Mengingat banyaknya manfaat protein bagi tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, sesuai kebutuhan.

Untuk mengetahui lebih banyak pilihan makanan sumber protein yang sesuai kondisi tubuh, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesailias klinik.


Itulah informasi mengenai asupan protein yang baik untuk menjaga ketahanan tubuh. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Apa Alasan Mencuci Buah dan Sayur Sebelum Dikonsumsi?

Sumber: Detik.com dan Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.