Apa Alasan Mencuci Buah dan Sayur Sebelum Dikonsumsi

Halo sobat Pak Tani Digital, apakah kamu selama ini sering mengkonsumsi buah dan sayur? Tentu sangat sehat bukan? Namun permasalahannya adalah, apakah kamu sudah mencucinya dengan air terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya? Di artikel kali ini akan dibahas betapa pentingnya mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi.

Mengapa sih Harus Mencuci Buah dan Sayur?

Pada umumnya kita mengetahui bahwa mencuci buah dan sayur penting sekali untuk mencegah papara bakteri yang menempel. Alasan ini diperkuat dengan hasil temuan dari beberapa sumber.

Times of India melaporkan bahwa buah dan sayur perlu dicuci terlebih dahulu. Tidak hanya sebelum dimakan, namun sebelum dimasak juga. Centers for Disease (CDC) juga demikian. Untuk menghindari norovirus, penyakit yang disebabkan oleh makanan dimana penyebab paling utama adalah penyebaran yang berasal dari makanan yang terkontainasi.

Baca Juga : Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan Memasarkannya

Caranya sederhana, Anda tinggal mencuci buah dan sayur dengan air dingin selama satu hingga dua menit sebelum diproses lebih lanjut, apakah dikonsumsi atau diolah lagi. Tidak hanya dengan air bersih, Anda juga bisa menggunakan sabun khusus pencuci buah dan sayuran untuk membuatnya lebih higenis.

Namun sebelum Anda memulai mencucinya, pastikan tangan Anda sudah terlebih dahulu dicuci dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun dapat menghilangkan bakteri atau virus yang berpotensi dapat pindah ke makanan dari tangan kita. Gunakan handuk bersih atau kertas serbet untuk mengeringkan buah dan sayur.

Pentingnya mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi
Pentingnya mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi

alasan lainnya mengapa buah harus dicuci adalah untuk mencegah penyebaran paparan yang tidak sehat dari buah dan sayur.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar hasil pertanian ditanam diluar ruangan sehingga hampir semua elemen alam bersentuhan dengan buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga bisa mengandung serangga kecil yang harus dibersihkan sebelum dimakan.

Baca Juga : Ingin Menanam Tanaman Salak yang Cepat Berbuah? Ketahui Tips Ini

Lebih buruknya lagi, buah dan sayur yang ditanam kebanyakan mengandung herbisida dan pestisida. Dua unsur ini kemungkinan besar masih tersisa di kulit terluar buah dan sayur.

Tentu bila masih terpapar dengan bahan berbahaya kamu tidak mau mengkonsumsinya kan? Mari kita cuci dahulu buah dan sayur kita sebelum dikonsumsi.

Nah, bagaimana menurut kamu sobat PTD? Dapatkan artikel pertanian menarik lainnya hanya di Pak Tani Digital!

Dilansir dari Detik Food

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.