Kisah Keberhasilan dari Usaha Peternak Kalkun

Mau tau informasi mengenai keberhasilan usaha peternak kalkun? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Usaha Peternak Kalkun

Kesuksesan Beternak Kalkun

ternak kalkun
tabloidsinartani.com

Baca juga: Jenis-Jenis Pakan Bebek Petelur yang Perlu Diketahui Peternak

Saat ini, budidaya ayam kalkun bisa menjadi peluang usaha masyarakat yang cukup menjanjikan. Berbeda dengan ayam yang lainnya, bahan baku makanan untuk ayam ini lebih murah serta lebih mudah.

Dengan begitu para peternak mendapat ongkos produksi yang lebih murah dan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Bahan baku pangan ayam ini juga lebih mudah dan murah, seperti tanaman eceng gondok dan kangkung yang tumbuh dengan liar di sekitar permukaan sungai pedesaan.

Tanaman tersebut sangat banyak serta bisa diambil setiap saat secara gratis. Kedua jenis tanaman tersebut merupakan salah satu makanan pendamping selain konsentrat dan dedak.

Sebagai tambahan berupa kunyit, jahe merah, serta telur bebek. Makanan tambahan tersebut diberikan agar indukan terangsang untuk menghasilkan telur secara berkelanjutan.

Awan Binuka juga merupakan seorang peternak kalkun selama 6 tahun terakhir hingga memiliki 40 pasang induk ayam.

Serta puluhan ekor ayam lainnya dengan berbagai jenis ayam. Diantaranya Black Spanish Turkey, Kalkun Bronze, Golden Palm, Pendilled palm, dan lainnya.

Rumahnya disulap menjadi tempat makan Omah Welut Raja Kalkun, yakni di pinggir jln raya Kudus, Purwodadi. Menu utama yang disajikan yaitu welut (belut) dan kalkun.

Pengahasilan Usaha Kalkun

Menu kalkun sendiri diolah menjadi rica-rica, tongseng, ingkung, goreng serta bakar dengan harga tergantung pada bobotnya.

Dari 1 kg dapat mengolahnya menjadi 15 porsi. Dengan harga Rp25.000 x 15, maka mendapatkan Rp 375.000.

Hasil tersebut dikurangi Rp100.000 untuk pembelian bahan bakar, bumbu, serta ongkos lainnya. Sehingga kami mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp 200.000

Hasil dari penjualan ayam kalkun hidup sekitar Rp300.000 hingga Rp350.000 per ekor dan sekitar Rp40.000 – Rp45.000 per kg.

Untuk daging serta telurnya saya mendapatkan penghasilan kotor, yakni Rp 7-8 juta perbulan

Kini ia telah menciptakan kelompok peternak, serta banyak ternak 700 ekor dan akan mendorong mereka untuk membuka usaha di sekitar desa maupun daerah lainnya.

Sebagiannya lagi menekuni budidaya memperluas pasaran di media online, sehingga omset penjualan pun terus meningkat.

ternak kalkun
suarabaru.com

Baca juga: Cara Beternak Kalkun yang Mendatangkan Keuntungan

Kampung Kalkun

Ayam Kalkun sendiri merupakan unggas yang memiliki tubuh lumayan besar dibandingkan dengan lainnya. Pertama kali ditemukannya kalkun berada di wilayah Amerika. Masyarakat Amerika sering menjadikan kalkun sebagai hidangan perayaan natal.

Ada berbagai jenis kalkun yang sering dibudidaya seperti kalkun Black Spanish, Bronze, Golden Palm, Bourbon Red, dan lainnya.

Melalui dinas pertanian dan pangan, pemerintah kabupaten Kudus provinsi Jawa Tengah, menetapkan desa undaan tengah menjadi ‘kampung kalkun’.

Sehingga kampung tersebut dapat terealisasikan sesuai dengan harapan. Pemerintah kabupaten Kudus juga mengajak universitas Diponegoro menjadi lembaga penting untuk peternak kalkun di kabupaten Kudus.

Prospek peternakan kalkun bagus karena tingginya daya tetas telur serta fertilitasnya. Selain itu, adanya dukungan dari pakan protein serta penyubur benih untuk sperma pejantan.

Untuk kandungan lemak sama seperti daging ayam umumnya, namun lemak jahatnya rendah. “Semua jenis unggas, sangat baik untuk memenuhi gizi manusia khususnya balita.

Selain itu, pakan kalkun alami juga tersedia sangat melimpah, serta sangat terbuka berdasarkan sisi populasi. Termasuk pada pendapatan petani yang terus meningkat serta penyerapan kebutuhan tenaga kerja.


Itulah informasi mengenai kesuksesan peternak kalkun. Semoga inofmrmasi yang diberikan dapat memberi manfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ini Dia Analisa Usaha Ternak Ayam Joper yang Perlu Diketahui

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/agri-usaha/8514-Dapat-Rp-7-8-juta-per-bulan-dari-Ternak-Kalkun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.