Menjadi Petani Belum Tentu Kotor

Halo kamu para millenial muda, kamu yang tertarik untuk masuk ke dunia pertanian, sudah tahu belum perguruan tinggi negeri (PTN) mana yang mengantongi akreditasi A untuk program studi pertanian?

Menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), ada sejumlah PTN yang meraih akreditasi A untuk jurusan pertanian.

Adapun beberapa kriteria yang dinilai oleh BAN-PT dalam memberikan penilaian akreditasi bagi setiap kampus ada tujuh hal.

Yaitu visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Dari berbagai penilaian tersebut akan menentukan tingkat akreditasi dari setiap kampus dengan program studi pertanian. Nah yuk lihat ulasan dibawah ini.

1. Universitas Brawijaya (UB)

Kampus ini berada di Malang Jawa Timur, untuk tingkat Strata 1 (S1) nya menawarkan dua buah jurusan loh. Adapun jurusan yang ditawarkan adalah Teknik Pertanian dan Teknologi Industri Pertanian.

Di program studi teknik pertanian menawarkan mata kuliah seperti Pengetahuan Bahan Pertanian, Hidrologi, Alat dan Mesin Pascapanen hingga Perancangan Alat dan Mesin Pertanian.

Fakultas Pertanian Brawijaya
Fakultas Pertanian Brawijaya

2.Universitas Padjajaran

Kampus yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini menawarkan program studi Teknologi Industri Pertanian loh. Kampus ini mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT di tahun 2018.

Disini mata kuliah yang ditawarkan ada beberapa, yakni Perbengkelan Pertanian, Teknik Penanganan Hasil Pertanian, Teknologi Informasi Spasial, Teknik Bioproses.

Fakultas pertanian universitas padjajaran
Universitas Padjajaran

3. Institut Pertanian Bogor

Kampus ini terletak di Kecamatan Dramaga, Bogor, Jawa Barat ini mendapat akreditasi A juga pada tahun 2018. Kampus ini menawarkan program studi Teknologi Industri Pertanian.

Kamu bisa mendapatkan mata kuliah yang tidak jauh berbeda dengan program studi sejenis di kampus lain seperti Teknologi Pengolahan, Mikrobiologi Industri hingga Matematika Industri.

Fakultas Pertanian IPB

4. Universitas Andalas

Kampus ini terletak di Kota Padang, Sumatera Barat mendapatkan akreditas A pada tahun 2018 dengan program studi yang ditawarkan adalah Teknik Pertanian.

Baca Juga : 5 Prinsip Sukses Petani Muda yang Wajib Kamu Ketahui

Di kampus ini menawarkan beberapa mata kuliah seperti Manajemen Agroindustri, Agroklimatologi Dasar, Ilmu Ukur Wilayah dan Sistem Robotik untuk Bioproduksi.

Fakultas Pertanian Andalas

5. Universitas Gadjah Mada

Kampus ini terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk program Strata 1 nya sendiri memiliki lima buah jurusan yang terakreditasi A.

Adapun mata kuliah yang ditawarkan yakni Penyuluhan dan Komunikasi Petanian, Teknik Pertanian, Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian dan Sosial Ekonomi Pertanian.

"<yoastmark

Nah itu dia kampus-kampus yang meraih akreditasi A untuk jurusan pertaniannya sobat PTD, bagaimana menurut kamu?

Disadur dari : Kumparan

.

.

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital belum? Yuk klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.