merawat lovebird

Bagi kamu yang bingung cara merawat lovebird, yuk jadiin artikel ini sebagai panduan kamu. PTD akan membagikan cara perawatannya dengan mudah.

Komunitas pecinta lovebird semakin marak dan berkembang, hal ini menyebabkan permintaan akan burung peliharaan yang satu ini semakin tinggi.

Warnanya yang cantik dan kicauannya yang merdu membuat tidak sedikit orang rela mengeluarkan dana berlebih hanya untuk merawat burung yang satu ini.

Cara Merawat Lovebird

Bagi kamu yang memiliki burung lovebird di rumah namun bingung bagaimana cara merawatnya karena baru membelinya? Nah, pada artikel kali ini, kami akan sedikit mengulas tentang cara merawat lovebird, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Ingin Ternak Burung Lovebird Koloni? Ikuti 5 Tips Ini

Kandang/Sangkar Lovebird

Ibaratnya sebuah rumah bagi manusia, maka lovebird memerlukan kandang/sangkar untuk tempat tinggal mereka.

Anda dapat menggunakan jenis sangkar silinder dengan diameter 30*40*40 cm atau jenis sangkar kotak ukuran 25x35x40 cm. Usahakan sangkar selalu bersih untuk mencengah terjadinya kontaminasi bakteri dan cacingan.

lovebird

Perhatikan Pakan Lovebird

Berikan pakan terbaik pada burung lovebird Anda. Burung lovebird adalah jenis pemakan biji-bijian, Anda dapat membelinya di toko pertanian terdekat atau meramunya sendiri.

Berikan jenis biji-bijian seperti biji matahari, padi, jagung, kacang hijau dan jenis biji-bijian yang lainnya.

Anda juga dapat memberikan jenis sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan ternak lovebird Anda, seperti buah, sayur sawi, kangkung, selada, pisang, papaya, apel dan buah-buahan yang lain.

Hindari memberikan coklat, alpukat dan bawang putih pada lovebird. Pada anakan burung lovebird Anda, dapat diakali dengan memberikan bubur bayi instan yang tinggal diseduh dengan air hangat.

Bubur tersebut dapat menjaga kesehatan lovebird Anda dan juga melengkapi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral.

Pastikan Lovebird Anda Bersih

Pastikan lovebird Anda bersih, dengan cara selalu rajin memandikannya. Hal ini selain untuk menjaga kesehatan, juga baik membuat lovebird tetap bugar dan menghasilkan kicauan yang lebih merdu lagi tentunya.

  1. Pukul 05.00 pagi, bawa burung lovebird Anda pada tempat terbuka lalu embunkan. Anda bisa menggantungkan sangkarnya pada teras depan rumah.
  2. Selanjutnya jam 07.00 pagi, mandikan burung lovebird Anda dengan mengusap menggunakan kain sampai semua bagian badan basah.
  3. Pada pukul 10.00 jemur burung lovebird Anda sehingga tidak kedinginan, lalu angina-anginkan selama 10 menit.
  4. Pada sore hari, jam 18.00 semprot lovebird Anda dengan percikan air sehingga agak basah lalu lab kembali.
  5. Lakukan pemandian pada lovebird secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Ketahui 5 Langkah Ternak Burung Nuri Merah Sampai Kawin

Mengatasi Overbirahi pada Lovebird

Overbirahi yang terjadi pada burung lovebird umumnya akan berdampak pada kesehatan lovebird. Ciri-ciri yang dapat Anda amati ialah, burung lovebird lebih sering berada di sekitaran dinding sangkar. Untuk mengatasinya, lakukan cara dibawah ini:

  1. Jangan berikan kangkung, kuaci, jagung muda atau sawi, namun cukup diberikan milet putih serta air minum untuk menurunkan birahi lovebird.
  2. Kawinkan lovebird dengan pejantan yang setidaknya berumur 8 bulan.
  3. Ubah letak tangkringan atau tenggeran ke dekat dinding supaya letaknya berubah di dekat pinggir jeruji.

Pemasteran Burung Lovebird

Kemampuan kicauan burung lovebird merupakan aset terbesar mengapa banyak orang rela menggelotorkan dana lebih untuk hewan yang satu ini.

Pemasteran menjadi penting bukan hanya untuk memilih suara yang bagus dan unik saja namun variasi dengan jenis suara lainnya.

Gunakan irama lagu dan frekuensi antara suara master dengan burung untuk membuat kicau lovebird enak didengar. Gunakan suara yang bervariasi, atur tempo dan kecepatan serta memiliki cengkok alunannya.

masteran lovebird
sikicau.com

Penjodohan Lovebird

Lovebird termasuk burung yang setia, mungkin kamu dapat belajar banyak dari dia. Hewan ini hanya mau dikawinkan dengan 1 pasangan saja seumur hidup.

Penjodohan lovebird dilakukan di awal dengan mendekatkan kedua sangkar selama 3 hingga 7 hari untuk memulai proses perkenalan.

Lovebird betina yang birahi dapat terlihat melalui kicauan yang lebih kencang dan nyaring. Pejantan akan merunduk dan membuka sayap serta ekornya mulai dimainkan.

Hal ini pertanda bahwa keduanya telah saling menyukai, masukkan loverbird dalam 1 kandang. Apabila lovebird saling mengejar, artinya tidak ada kecocokan sehingga digantikan dengan burung lainnya.

Penetasan Lovebird

Apabila lovebird saling menyuka maka selanjutnya lovebird akan masuk ke glodok untuk proses kawin dan bertelur.

Anda dapat menyiapkan ranting pohon kecil, tangkai daun dan juga kulit jagung kering untuk tempat bertelur burung lovebird. Sekali bertelur, lovebird dapat menghasilkan 4 hingga 6 telur.

Lovebird akan mengerami telurnya setelah 3 hari sesudah menetas dimana proses mengerami berlangsung selama 21 hingga 23 hari, sedangkan waktu penetasan membutuhkan waktu 24 jam.


Itulah tadi cara mudah merawat lovebird yang dapat kamu praktekkan dirumah. Selamat mencoba.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ternak Lovebird dengan Cara Ampuh Ini Supaya Cepat Bertelur

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • Anonim. Cara Merawat Lovebird. Diakses dari : https://alamtani.com/cara-merawat-lovebird/
  • Anonim. 2019.  7 Panduan Utama Cara Merawat Lovebird supaya Cepat Besar. Diakses dari : https://hamparan.net/cara-merawat-lovebird/
  • Calista, Cori. 2018. 13 Cara Memelihara Lovebird di Rumah dengan Mudah. Diakses dari : https://arenahewan.com/cara-memelihara-lovebird-di-rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.