ilustrasi orang dengan laptop

Di zaman teknologi seperti saat ini, belajar tidak harus secara formal di sekolah. Dengan hanya memiliki akses internet, kita dapat belajar dari berbagai media di internet seperti website, blog dan video. Terlebih saat keadaan pandemi seperti saat ini dimana kita harus diinstruksikan untuk selalu berada di rumah, banyak orang menjalani karantina dengan mempelajari hal-hal baru entah dari buku atau internet. Jika Anda tertarik mempelajari pertanian, berikut ini adalah daftar website pertanian yang dapat Anda kunjungi untuk menambah wawasan pertanian Anda :

ilustrasi laptop dan sebuah buku

pixaby.com

1. pertanian.go.id

Jika Anda ingin mengetahui program kerja pemerintah di bidang pertanian, situs ini wajib Anda kunjungi. Pertanian.go.id merupakan situs pertanian resmi Departemen Pertanian Republik Indonesia yang berisi undang-undang pertanian, program pertanian nasional, serta rancangan dan prospek pertanian ke depannya.

2. litbang.pertanian.go.id

Situs litbang.pertanian.go.id merupakan situs milik Kementrian Pertanian yang berfokus pada penelitian serta pengembangan teknologi pertanian di Indonesia. Situs ini berisi riset-riset penelitian Master, Doktor, hingga Profesor sehingga sangat cocok bagi mahasiswa yang mencari referensi.

Baca juga: Ini Dia 7 Hama yang Menyerang Padi dan Cara Mengendalikannya

3. pertanian.go.id

cybex.pertanian.go.id adalah situs milik pemerintah yang berisi informasi mengenai penyuluhan budidaya tanaman yang tentunya sangat membantu bagi Anda yang baru belajar.

4. tabloidsinartani.com

Situs ini berisi informasi mengenai dunia pertanian, seperti budidaya bisnis di bidang pertanian, budidaya dan teknologi pertanian serta tips-tips di bidang pertanian. Situs ini berdasar pada pengalaman di lapangan sehingga memberikan informasi yang akurat.

logo sinartani

5. trubus-online.co.id

Tentunya Anda sudah mengenal majalah Trubus, majalah ini merupakan majalah pertanian yang isisnya cenderung ke agribisnis. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan semua serba online serta tidak semua orang mampu membeli majalah, maka solusinya adalah media online. Website trubus ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berbisnis di dunia pertanian. Dan bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang pertanian, website ini sangat cocok untuk dijadikan referensi.

Baca juga: Petani, Buruh Tani atau Juragan Tani? Siapa yang Miskin Sesungguhnya?

6. paktanidigital.com

paktanidigital.com adalah website pertanian yang berisi informasi pertanian, tips-tips budidaya, serta inspirasi dari petani-petani yang telah sukses sehingga sangat cocok untuk dijadikan referensi bacaan. Selain itu, di website ini juga terdapat informasi harga komoditas pertanian. Untuk memudahkan Anda, pak tani digital juga tersedia dalam bentuk aplikasi.

 

Logo Pak Tani Digital Web

7. mitalom.com

mitalom.com merupakan situs pertanian selanjutnya yang berisi artikel tentang budidaya pertanian, peternakan dan teknologi pertanian. Selain budidaya pertanian, situs ini juga memberikan informasi mengenai perlindungan tanaman dan pengolahan tanah.

8. taniorganik.com

taniorganik.com, sesuai dengan namanya merupakan situs pertanian yang berisi informasi mengenai pertanian organik. Situs ini tentunya cocok bagi Anda yang fokus untuk hidup lebih sehat dan menanam tanaman Anda sendiri.

9. bebeja.com

bebeja.com merupakan situs pertanian yang berisi info terbaru mengenai bisnis pertanian sehingga sangat disarankan bagi Anda yang ingin mencari referensi. Selain itu info bisnis, terdapat juga panduan budidaya.

logo bebeja

 

10.farming.id

farming.id merupakan situs pertanian yang berisis berita, opini dan tips di dunia pertanian Indonesia. Situs ini menggunakan data terakurat sebagai acuannya dan diharapkan dapat memberikan gambaran menganai pertanian Indonesia dengan lebih baik dan bermanfaat.

11. Indoagropedia.pertanian.go.id

IndoAgroPedia adalah situs yang berisi arti istilah-istilah dalam pertanian dengan gambar dan ilustrasi tentang teknik budidaya.

Baca juga: Petani Muda Beromzet Rp 500 juta Per Bulan

REFERENSI:

  • https://dianisa.com/situs-pertanian-terbaik/
  • https://talitakumindonesia.blogspot.com/2016/10/10-situs-pertanian-ini-layak-kamu_5.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.