Yuk ikuti kegiatan seputar petani muda? Berikut Pak Tani Digital berbagi informasinya…

Petani Muda Sukses

Penghasilan Petani Muda

Berusia masih terbilang muda dengan bekal pendidikan bidang pertanian, seorang anak muda bernama Sandi Octa Susila, lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) tidak memilih jalur pekerjaan diluar dari dunia pertanian seperti kebanyakan rekan almamaternya.

Baca juga : 1001 Peluang Usaha Petani Muda

Sandi bertutur, “Almarhum ayah saya waktu itu tidak tahu kalau saya sudah memulai usaha bertani sedari mahasiswa. Beliau ingin saya menjadi cendekiawan. Tapi, saya merasa sayang kalau sudah kuliah bidang pertanian di IPB tapi tidak menjadi petani.”

Saat ini, selain memgelola lahan pribadi, Sandi telah menggerakkan bisnis dengan melibatkan 373 petani, mengelola total 120 hektar lahan sayuran yang sebagian berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saat ini bisnis pertaniannya memiliki 50 karyawan. Dari bisnisnya, Sandi membukukan omzet sekitar Rp 500 juta per bulan.

Baca juga : Roni Hartanto, Petani Sayuran Hidroponik dengan Omzet 240 Juta/bulan

Memulai usaha ketika masih duduk di bangku kuliah. Berawal di dunia bisnis pertanian dengan melihat kenyataan bahwa banyak hasil panen kebun sayur yang tidak maksimal diperjualbelikan. Bermodalkan situs jual beli di internet serta mendokumentasikan setiap hasil produksi ayahnya dan petani yang ada dikampung sekitarnya seperti wortel, selada, beras, daun bawang dan kentang.

Saat itu, memulai usaha dengan melayani pesanan dari sebuah perusahaan makanan cepat saji dan dapat mengantongi omzet Rp 3 juta per dua pekan. Dan keuntungan sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu baginya merupakan hasil yang sangat baik pada jamannya.

Selanjutnya perlahan Sandi mulai fokus menjual produk pertaniannya ke hotel, restoran dan katering (horeka). Dalam waktu empat tahun, komoditas sayur-mayur dibawah binaannya berhasil memasok 25 hotel di Jawa Barat dan beberapa retail modern di Jakarta.

Baca juga : Petani Muda Sukses Ekspor Baby Buncis Rp 400 Juta

Kegiatan Para Petani

petani sukses
republika.co.id

Baca juga: Petani Milenial Kuasai Pasar Tradisonal di Jakarta

Selain usaha budi daya, Sandi juga membina Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) yang terbuka bagi masyarakat umum dan saat ini menjadi kegiatan rutinitasnya. Pada level bisnis, dirinya mengembangkan UD. Mitra Tani Parahyangan yang didaulat sebagai perusahaan pemasok bahan baku beberapa hotel.

Dalam menerapkan harga jual, pemuda berusia 27 tahun ini menawarkan harga yang tetap menguntungkan petani. Kepiawaiannya merangkul petani, meyakinkan perusahaan dan membangun kerja sama tim adalah kunci sukses Sandi.

Baca juga : Upaya Dorong Milenial Terjun ke Sektor Pertanian

Terkait kondisi cuaca yang sulit diprediksi, Sandi memiliki kiat khusus agar suplai produk ke konsumen tepat waktu. Pengaturan pola tanam, waktu, jumlah pesanan ke masing-masing petani sudah terjadwal baik. Kedepannya pemuda ini berharap akan terus mengembangkan bisnisnya dengan kreatifitas baru. Bahkan, dalam waktu dekat telah mengembangkan inovasi agrowisata yang terbuka untuk para pengunjung studi banding, kuliah lapangan dan terbuka untuk kegiatan agrowisata masyarakat umum.

 

Baca juga: 5 Prinsip Sukses Petani Muda yang Wajib Kamu Ketahui

Baca juga : Rici Solihin, Petani Muda Paprika yang Bergelar Magister

Sumber:
-Republika, Media Indonesia, Pixabay

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.