ubi jalar

Mau tau informasi mengenai manfaat daun ubi jalar? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Daun Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan tanaman budidaya yang tumbuh secara menjalar dan sering dijadikan sebagai bahan pangan.

Ubi jalar sendiri sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu terdapat beragam manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan.

Tanaman ubi jalar memiliki kandungan senyawa yang baik, seperti kandungan mineral, protein, serta vitamin.

Daun ubi jalar sendiri memiliki kandungan zat gizi mikro dan makro. Sehingga, ada beberapa manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan.

ubi jalar
makanabis.com

Baca juga: Berikut Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar memang memiliki beragam manfaat, baik dari mengkonsumsi ubinya, maupun daunnya. Berikut ini merupakan beberapa manfaatnya bagi tubuh, diantaranya adalah

Mengobati Mata Rabun

Mata rabun adalah suatu kondisi kesehatan mata yang tidak berfungsi dengan semestinya. Dimana mata tidak dapat menangkap objek atau benda dengan jelas. Namun manfaat daun ubi jalar sangat bagus untuk mengatasi mata rabun.

Cara pengolahannya untuk mata yaitu dengan menyiapkan daun ubi yang dicuci bersih, lalu dilumatkan. Campur dengan 3 sendok madu serta 3 sendok air hangat. Peras campuran tersebut, kemudian minum airnya setiap hari.

Mengobati Jerawat

Terdapat manfaatnya untuk kecantikan, yakni mengobati jerawat yang disebabkan karena bakteri. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam daun ubi jalar yang bersifat antibakteri.

Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang menyerang tubuh sehingga tubuh tidak bisa menghasilkan insulin atau insulin tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebutlah yang membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Untuk mencegah diabetes secara alami, Anda bisa menggunakan daun ubi jalar yang berfungsi mengontrol gula darah. Caranya yaitu mengkonsumsi daun ini untuk lalapan atau meminum air rebusan daun ubi.

Menaikkan Trombosit

Penyebab trombosit menurun dikarenakan beberapa faktor misalnya pengaruh obat-obatan, leukemia, kehamilan, cacar air, demam berdarah, kanker dan lain sebagainya.

Dengan menurunnya trombosit menyebabkan tubuh mengalami hal yang berbahaya dan berakibat fatal. Sehingga untuk menaikkan trombosit Anda bisa mengkonsumsi daun ubi jalar.

Cara merebus daun ubi jalar dalam menaikkan trombosit ialah, dengan menyiapkan 600 ml air untuk merebus satu genggam daun ubi. Minum air rebusan daun ubi ketika hangat, dengan rutin yaitu sehari dua kali.

ubi jalar
bang-isman.com

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya, Bisa Dijadikan Bisnis yang Menguntungkan!

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun ubi jalar selanjutnya yaitu untuk menjaga jantung. Dimana daun ubi jalar dapat melancarkan aliran darah pada pembuluh arteri serta vena.

Serta, daun ubi jalar dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh untuk menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat penting agar tubuh tidak mudah terkena penyakit, serta tubuh dapat bekerja dengan optimal.

Oleh karena itu, Anda perlu mengkonsumsi daun ubi jalar yang memiliki kandungan antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena kurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin.

Adapun gejala yang dirasakan oleh penderita anemia yaitu mudah letih, malas/ lesu, tidak nafsu, kepala pusing, serta terlihat pucat.

Untuk mencegah anemia, bisa memanfaatkan daun ubi jalar. Karena daun ubi jalar mempunyai kandungan zat besi yang kaya untuk membentuk trombosit dalam darah.

Mengatasi masalah peradangan

Daun ubi jalar mempunyai kandungan vitamin C yang sangat banyak, sehingga memiliki dapat mengatasi masalah peradangan.

Adapun masalah peradangan yang bisa diatasi menggunakan daun ini yaitu asam urat, radang sendi, asma dan lainnya. Sehingga gejala nyeri karena peradangan bisa diredakan.


Itulah beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan yang didapatkan dari daun ubi jalar yang harus diketahui. Semoga bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kenali Macam Manfaat yang Dimiliki oleh Apel Fuji

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://mitalom.com/manfaat-rebusan-daun-ubi-jalar-untuk-obat-demam-berdarah-ibu-hamil-dan-obat-diabetes/
  • https://doktersehat.com/manfaat-daun-ubi-jalar/amp/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.