Ini Pesan Gubernur BI Kepada Petani dan Nelayan

Ini Pesan Gubernur BI Agar Petani dan Nelayan Semakin Mudah Menjangkau Pasar

Perry Warijo selaku Gubernur Bank Indonesia Berpesan agar petani dan nelayan mulai semakin memanfaatkan sistem perdagangan secara online dalam memasarkan produknya. Harapannya Pesan Gubernur BI ini adalah petani dan nelayan semakin mudah menjangkau pasar.

“Belum lagi bagaimana dari petani, dari nelayan, dari perdagangan kecil bisa disambungkan. Kalau kecil kan mereka disambungkan, kalau sekarang masih jualan ke pasar tradisional,” ujar Perry di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu

Ia juga menambahkan bahwa ternyata pasar untuk UMKM sebesar 60 juta pun belum secara keseluruhan masuk ke dalam e-commerce.

Baca Juga : Upaya Pemerintah Mendukung Pertanian di Indonesia

“UMKM kita ada 60 juta, yang tentu saja ini menjadi pasar untuk pasarnya e-commerce dan pasarnya fintech. Yang ini, yang terus dikembangkan,” jelasnya.

Di lain hal, penetrasi pengguna internet justru malah meningkat pesat sehingga E-commerce menjadi daya tarik tersendiri. Sebab E-commerce sendiri mampu mendorong tingkat inklusi keuangan sekitar 51%.

“Indonesia penduduknya 268 juta, pengguna internat dan mobile itu 150 juta, penetrasi di berbagai daerah ada, itu dari sisi teknologi. Dari sisi peluang ekonominya, indeks inklusi keuangan kita itu baru 51 persen, jadi masih hampir 49 persen belum tersentuh dunia keuangan dan ini adalah peluang untuk kita kembangkan baik fintech maupun e-commerce,” tandasnya.


Nah itu dia tadi artikel pertanian tentang pesan Gubernur BI agar para petani dan nelayan mampu meraih dan menjangkau pasar. Bagaimana menurut kamu sobat PTD?

Baca Juga : Mengapa Media untuk Petani Adalah Hal yang Penting?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.