Organ pernafasan lebih sehat dengan 3 makanan ini

Tahukah kamu bahwa bernafas adalah salah satu termasuk aktivitas yang krusial bagi tubuh? Sebab pada saat proses pernafasan berlangsung, terjadi pertukaran antara oksigen dengan karbon dioksida yang merupakan sisa dari proses pernafasan.

Namun bayangkan apa yang terjadi bila proses pernafasan kamu terganggu? Tentu akan menjadi masalah kan?

Tapi jangan khawatir, dengan 3 makanan ini dapat membuat organ pernafasan lebih sehat loh. Lalu bagaimana sih caranya untuk meningkatkan kesehatan sistem pernafasan kita dengan makanan? Yuk lihat ulasannya dibawah!

Baca Juga : Perbedaan Organik dan Anorganik, Mana Yang Lebih Baik?

Apa Saja 3 Makanan Agar Organ Pernafasan Lebih Sehat?

1. Buah dan Sayur

Siapa yang tidak suka makan buah dan sayur? Tentu pasti semua suka bukan? Ya, buah dan sayur adalah alternatif termudah yang bisa kita dapatkan untuk menjaga kualitas pernafasan kita.

Sebab kandungan antioksidan dan vitamin yang kaya dalam buah dan sayur adalah kunci utamanya.

Contohnya adalah buah jeruk atau sayuran berdaun hijau membantu kita mencegah paru-paru rusak karena polusi karena kandungan vitamin C nya.

Kemampuan buah dan sayur untuk menetralkan radikal bebas juga ada loh. Kandungan antioksidan yang didapatkan akan melindungi kita dari radikal bebas. Contohnya adalah buah kiwi, strawberry, blueberry, anggur hingga ekstrak kulit manggis.

Makanan Peningkat Organ Pernafasan
Makanan Peningkat Organ Pernafasan

2. Yoghurt

Rasanya yang asem-asem unik menjadi ciri khas sendiri saat mengkonsumsinya. Hebatnya lagi, mengkonsumsi yoghurt tidak membawa kamu menjadi rentan terhadap asma loh, berbeda banget dengan susu.

Sebuah penelitian di tahun 2013 menyebutkan bahwa yoghurt memiliki manfaat pada sistem pernafasan manusia.

Baca Juga : Sagu, Makanan Pokok Andalan Orang Maluku

Hal ini dilakukan kepada 46 orang perenang perempuan yang mengkonsumsi yoghurt dengan hasil yang cukup baik. Mereka yang rutin mengkonsumsi yoghurt memperlihatkan adanya pengurangan resiko gejala infeksi pernafasan yang dialami perenang.

Makanan Peningkat Organ Pernafasan
Foto : Sehatnya yoghurt ternyata memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan organ pernafasan kita loh.

3. Asam Lemak Omega 3 dan Ikan

Ungkapan yang sering diucapkan di keluarga agar kita sering makan ikan untuk menjadi sehat ternyata bukan omongan semata loh. Ikan memiliki kemampuan untuk mengurangi penyakit paru-paru kronis, sobat PTD.

Ikan laut seperti salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu membersihkan bakteri penyebab peradangan paru-paru. Enggak percaya?

Hasil ini dibuktikan di sebuah percobaan asam lemak omega 3 yang diuji pada tikus biasa ternyata meningkatkan fungsi organ paru-paru tikus tersebut. Hebat bukan?

Kadungan omega 3 yang banyak terdapat pada ikan memang dikenal meningkatkan fungsi kesehatan tubuh dan otak.


Nah itu dia ulasan artikel pertanian tentang meningkatkan organ pernafasan kita. Bagaimana menurut kamu? Yuk beri komentar dibawah ya sobat PTD!

.

Baca Juga : Cara Mengolah Kulit Pisang Menjadi Pupuk Organik

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.