Beberapa peternak mencari dan menerapkan beberapa inovasi ternak guna meningkatkan produktivitas ternaknya. Beberapa jenis hewan yang biasa diternak cukup banyak diantaranya ayam, burung, ikan, sapi, kerbau, domba, kambing dan masih banyak lagi.

Sumber: republika.co.id

Setiap peternak memiliki harapan tujuan yang sama yaitu memberikan pakan dan cara beternak yang berkualitas guna memberikan perawatan yang baik dan berkualitas. Tidak sedikit juga yang mencari inovasi ternak terbaru dan modern untuk diterapkan dalam beternak.

 

Baca Juga: Cara Pemberian Pakan Pada Ternak Sapi

Beberapa inovasi ternak yang bisa kamu coba

Sumber:https://www.google.com/urlsa=i&url=http%3A%2F%2Faisyahfitriinara2254.blogspot.com%2F2018%2F09%2Fcaramudahternakkambing.html&psig=AOvVaw1D5vJ5gXBWyA4ik2ETAdcS&ust=1598429648802000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCND3lM70tesCFQAAAAAdAAAAABAr

  1. Memberikan pangan limbah

Mungkin kedengaran agak aneh memberikan pakan ternak berupa limbah. Limbah yang dimaksud adalah sisa makanan seperti sisa roti atau produk pertanian yang dapat diolah untuk pakan ternak ayam. Cara ini cukup efektif dan bermanfaat. Selain hemat dan mudah, ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi limbah.

  1. Peternakan Limburg dari Belanda

Peternakan ini termasuk peternakan yang cukup inovatif dan menarik perhatian. Peternakan ini memanfaatkan tenaga surya untuk memenui kebutuhan energi ayam dalam memproduksi hariannya. Ayam yang dipelihara dengan cara ini faktanya mengahsilkan telur yang bebas CO2. Cara ini cukup unik dan sudah mulai diterapkan beberapa peternak.

Baca Juga: Ingin Ternak Ayam Kampung? Kenali 3 Sistem Pemeliharaan Ini
  1. Metode Hi-fer

Metode yang satu ini memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan info produksi, pemanenan , pengelolaan dan penyimpanna kemasan pakan. Pakan dikemas dalam plastik polibag sehingga mudah dalam pendistribusiannya. Penggunaannya cukup simple dan praktis sehingga dapat memudahkan peternak.

  1. Inseminasi Buatan

Metode ini diterapkan pada hewan berbobot besar seperti sapi, kerbau dan sejenisnya. Cara kerja Insemnia Buatan ini adalah mengambil semen dari ternak jantan menggunakan alat khusus kemudian disuntikkan ke ternak betina menggunakan insemination gun yaitu alat yang digunakan untuk melakukan metode ini.

  1. Transfer Embrio

Hampir mirip dengan inseminasi buatan, transfer embrio juga melakukan transfer embrio dari satu hewan ke hewan lain dengan jenis hewan yang sama. Bedanya, pada metode ini hewan yang berperan adaah betina dengan betina. Transfer embrio ini memiliki cara kerja yang cukup unik, yaitu embrio dikoleksi pada ternak betina kemudian ditransplantasi ke betina lain untuk melanjutkan kehamilan ternak.

 

Itu beberapa inovasi yang sudah lumayan banyak diterapkan oleh peternak. Jika anda tertarik anda boleh mencoba namun harus hati-hati. Pastikan ada ahli atau yang lebih paham dalam menerapkan metode yang akan anda terapkan.

Baca Juga: Cara Membuat Silase Untuk Pakan Ternak

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi

https://arenahewan.com/jenis-inovasi-ternak-yang-harus-dicoba-peternak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.