Padi. Semakin Berisi, Semakin Merunduk

Mau  tau informasi mengenai petani dijadikan andalan dalam perkuat ekonomi desa? Berikut Pak Tani Digital akan memberikan infonya. Simak ulasannya!

Sektor Pertanian

Metode Kerangka Sampel Area

perawatan padi organik
jurnalasia.com

Baca juga: Hadapi Pandemi, Gandeng Pemasok Untuk Ketersediaan Pangan

Metode Kerangka Sampel Area (KSA) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan sektor pertanian Indonesia bakal mengalami panen raya pada April dan Mei tahun ini.

Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan Terintegrasi dengan Metode Kerangka Sampel Area (KSA) adalah suatu metode yang bertujuan untuk memperbaiki metode pengumpulan data menjadi lebih objektif dan modern.

Dengan melibatkan peranan teknologi di dalamnya, sehingga data pertanian yang dikumpulkan menjadi lebih akurat dan tepat waktu.

Pendataan statistik pertanian tanaman pangan terintegrasi dengan metode Kerangka Sampel Area dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia.

Pemerintah, melalui Kementerian Pertanian (Kementan), menyatakan telah siap menyerap seluruh gabah hasil panen raya petani sambil bersinergi dengan penggilingan dan transportasi online Gojek guna pendistribusian bahan pangan.

Petani Kekuatan Ekonomi Bangsa

petani
acehnews.net

Baca juga: Mempelancar Pasokan Pangan Dengan Suntikan Dana Pemda

Menanggapi itu, Guru Besar Ilmu Pertanian UGM, Prof Masyhuri, mengatakan, perhatian Kementan terhadap hasil panen raya petani merupakan bagian dari penguatan ekonomi bangsa melalui kawasan pedesaan.

Terutama kondisi tekanan turunnya perekonomian saat ini akibat kasus wabah virus Covid-19, yang bukan hanya dihadapi Indonesia tapi semua negara di dunia, kokohnya pedesaan bakal menopang (ekonomi) bangsa kita.

Masyhuri menuturkan, menjadikan petani sebagai andalan kekuatan ekonomi bangsa saat situasi krisis merupakan upaya yang tepat dilakukan Kementan ketimbang berpikir impor pangan.

Selama ini hanya kelompok petani yang terbukti bertahan ketika krisis (ekonomi) melanda Indonesia.

Dengan penyerapan besar hasil panen petani oleh Kementan menjadi stimulus untuk memperkuat ekonomi desa dan nasional.

Masyhuri berpendapat, komitmen Kementan yang siap menyerap seluruh hasil panen raya petani dapat menjadi fondasi menuju terciptanya bangsa yang besar sebab menyasar kuatnya ekonomi pedesaan dan petani.

Sebagai informasi, dari hasil KSA BPS diprediksi bakal terjadi surplus produksi beras panen raya pada bulan April sebesar 5,2 juta ton dan Mei sebanyak 3,8 juta ton.


Itulah informasi mengenai petani yang dijadikan perkuat ekonomi desa. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Toko Tani Solusi Untuk Jaga Pasokan Pangan Saat Pandemi

Sumber: Pers Humas Kementan

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.